Tak Disangka, 8 Alumni Piala Dunia 2002 Ini Masih Aktif Bermain

Berikut 8 pemain jebolan Piala Dunia 2022 yang hingga kini masih belum pensiun.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 20 September 2022 | 15:00 WIB
Zlatan Ibrahimovic. (Sumber: Instagram/@iamzlatanibrahimovic).

Zlatan Ibrahimovic. (Sumber: Instagram/@iamzlatanibrahimovic).

Bolatimes.com - Hampir dua dekade berlalu pasca gelaran Piala Dunia 2002 dihelat di Jepang dan Korea Selatan, seiring waktu berlalu pemain jebolan ajang tersebut ternyata masih aktif bermain sampai saat ini.

Tak hanya sebagai pemain kacangan, beberapa masih aktif bermain secara profesional di musim 2022 meski sudah berumur tentunya.

Selain kondisi fisik, tentu dibutuhkan niat untuk tetap bermain di level teratas kompetisi sepak bola baik Eropa maupun benua lainnya.

Baca Juga: Tak Puas Masuk 100 Besar BWF, Komang Ayu Cahya Dewi Incar Ranking 70 Dunia

Lantas siapa saja para pemain jebolan Piala Dunia 2002 yang masih akfif bermain hingga saat ini? berikut ini di antaranya.

1. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon/Twitter
Gianluigi Buffon/Twitter

Kiper legenda Italia dan selalu menjadi andalan di Piala Dunia termasuk edisi 2002, Gianluigi Buffon menolak pensiun untuk tetap bisa bermain.

Baca Juga: Malaysia U-19 Gugur di Kualifikasi Piala U-20 2023, Pelatih Akui Harimau Malaya Kurang Jam Terbang

Sempat menjadi cadangan di edisi 1998, Buffon mendapat tempat pertama di Piala Dunia 2002 meski tersingkir secara tragis di babak 16 besar.

Di usianya yang sudah 44 tahun, Buffon masih aktif bermain hingga saat ini bersama klub masa mudanya, Parma.

2. Joaquin

Baca Juga: Thomas Doll Ungkap Alasan Persija Jakarta Tak Uji Coba Lawan Borussia Dortmund, tapi Pilih Klub Korea Selatan

Kapten Real Betis, Joaquin Sanchez. (CRISTINA QUICLER / AFP)
Kapten Real Betis, Joaquin Sanchez. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Saat Piala Dunia 2002, Joaquin masih berusia 20 tahun dan jadi biang kerok kekalahan kontroversial Spanyol dari Korea Selatan.

Namun kejadian itu tak menyurutkan semangatnya meniti karier sepak boal profesional, hingga usianya kini mencapai 41 tahun.

Joaquin masih bermain untuk Real Betis dan bahkan sukses memberi gelar bergengsi, Copa del Rey 2022 yang merupakan trofi pertamanya bersama klub sejak 2005.

Baca Juga: Karma Itu Nyata, Thailand Terancam Gagal Lolos ke Piala Asia U-20 usai Permainkan Timnas Indonesia

3. Junichi Inamoto

Junichi Inamoto saat bermain bersama Timnas Jepang. (AFP)
Junichi Inamoto saat bermain bersama Timnas Jepang. (AFP)

Karier pemain asal Jepang ini sempat merambah di Liga Inggris, bersama Arsenal, Fulham dan West Bromwich Albion.

Namun tentu karier terbaiknya di Piala Dunia 2002, mengingat saat itu Jepang berstatus sebagai tuan rumah bersama Korea Selatan.

Sempat berkarier juga di Turki dan Jerman, sebelum kembali ke Jepang pada 2010 dan menjadi langganan klub Liga Jepang hingga saat ini.

4. Shinji Ono

Shinji Ono saat bermain di Timnas Jepang. (AFP)
Shinji Ono saat bermain di Timnas Jepang. (AFP)

Shinji Ono juga pernah mengambil bagian berkarier di Eropa bersama Feyenord dan karena itulah ia dipanggil timnas Jepang berlaga di Piala Dunia 2002.

Setelahnya ia menjajal karier di Jerman, Australia hingga pulang lagi ke Jepang hingga saat ini membela Hokkaido Consadole Sapporo.

Meskipun jarang dimainkan, Shinji Ono masih menolak untuk pensiun dan tetap mempertahankan kemampuannya dalam bermain.

5. Bartholomew Ogbeche

Bartholomew Ogbeche saat bermain di Paris Saint-Germain. (AFP)
Bartholomew Ogbeche saat bermain di Paris Saint-Germain. (AFP)

Usia Ogbeche saa ini sudah 37 tahun dan saat bermain di Piala Dunia 2002 ia masih sangat muda dengan usia 17 tahun.

Kariernya bersama Paris Saint-Germain (PSG) menjadi salah satu alasan dipanggil ke timnas Nigeria saat itu.

Kariernya di Eropa berpindah-pindah, namun hingga saat ini Ogbeche masih bertahan di tengah kerasnya sepak bola modern.

6. Roque Santa Cruz

Roque Santa Cruz. (AFP)
Roque Santa Cruz. (AFP)

Bersama Paraguay, Santa Cruz menjelma sebagai striker yang mengerikan di Piala Dunia 2002 meskipun kariernya sebagai pesepak bola belum berakhir.

Meninggalkan timnas Paraguay dengan 132 caps, kini Santa Cruz tetap bermain meski sempat mengambil keputusan kontroversi.

Enam tahun terakhir Santa Cruz menghabiskan karier bermainnya bersama klub rival dari Asuncion, yakni Libertad.

7. Carlos Kameni

Carlos Kameni. (AFP)
Carlos Kameni. (AFP)

Menjadi bagian peraih medali emas Olimpiade 2000, catatan itu juga yang membawa Kameni muda berusia 16 tahun pergi ke Piala Dunia 2002 bersama Timnas Kamerun.

Kariernya di level klub tak perlu diragukan lagi, meski usianya kini sudah tak lagi muda dan termasuk pemain veteran.

Kameni saat ini masih bermain di UE Santa Coloma di Andorra, bergabung dengan klub Arta/Solar 7 bersama rekan setimnya di timnas, Alex Song.

8. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic resmi diperkenalkan sebagai pemain baru AC Milan. (Twitter/@acmilan).
Zlatan Ibrahimovic resmi diperkenalkan sebagai pemain baru AC Milan. (Twitter/@acmilan).

Tak perlu diragukan lagi karier Zlatan Ibrahomovic, andalan timnas Swedia di Piala Dunia 2002 dan beberapa ajang bergengsi lainnya.

Di level klub, mulai dari Ajax Amsterdam hingga kini bermain untuk AC Milan meski usianya yang sudah tidak muda lagi.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak