Boladunia

5 Klub Liga Inggris Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas 2022

Berikut 5 klub Liga Inggris paling boros di bursa transfer musim panas 2022, yang salah satunya rekrut 20 pemain baru.

Rauhanda Riyantama

Potret para pemain Chelsea di Liga Inggris 2022/2023. (AFP)
Potret para pemain Chelsea di Liga Inggris 2022/2023. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan klub Liga Inggris yang paling jor-joran dalam membeli pemain sepanjang bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Liga Inggris atau Premier League merupakan salah satu kompetisi terpopuler di dunia. Karena popularitasnya itu, setiap tim mendapat bayaran besar dalam hak siar.

Besarnya bayaran yang diterima setiap klubnya pun membuat Liga Inggris menjadi liga terboros dalam membeli pemain di setiap bursa transfer.

Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan finansial klub-klub Liga Inggris hampir tak bisa disaingi oleh tim-tim dari liga-liga top Eropa lainnya, termasuk di bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Sebagai bukti, di bursa transfer musim panas 2022 lalu Liga Inggris menjadi liga terboros dengan total pengeluaran untuk belanja pemain mencapai 1,9 miliar poundsterling (Rp32,5 triliun).

Untuk menjadi perbandingan, total pengeluaran Liga Inggris itu setara dengan total pengeluaran Liga Italia, Liga Prancis, Liga Jerman, dan Liga Spanyol yang berjumlah 1,97 miliar poundsterling.

Melihat besarnya pengeluaran Liga Inggris dalam membeli pemain, kira-kira tim mana saja yang berkontribusi besar dalam pengeluaran tersebut? Berikut daftarnya.

1. Chelsea

Chelsea kalah 1-2 saat menghadapi tuan rumah Southampton pada pekan kelima Liga Inggris 2022/2023. (AFP)
Chelsea kalah 1-2 saat menghadapi tuan rumah Southampton pada pekan kelima Liga Inggris 2022/2023. (AFP)

Chelsea menjadi klub Liga Inggris terboros di bursa transfer musim panas 2022 lalu. Total, The Blues membelanjakan uang sebesar 240 juta poundsterling (Rp4,1 triliun).

Dana belanja sebesar itu dikeluarkan Chelsea untuk memboyong 8 pemain baru, dengan rincian 7 pemain ditebus kontraknya dan 1 pemain pinjaman.

2. Manchester United

Manchester United juga tak mau kalah dalam urusan belanja pemain. Di bursa transfer musim panas 2022 lalu, The Red Devils menggelontorkan dana 214 juta poundsterling (Rp3,6 triliun).

Dengan gelontoran uang sebanyak itu, Man United mendatangkan 6 pemain baru, dengan rincian 4 pemain ditebus dengan harga selangit, 1 pemain pinjaman, dan 1 pemain gratis.

3. West Ham United

Selebrasi Tomas Soucek usai cetak gol saat West Ham United ditahan imbang Burnley 1-1. (AFP)
Selebrasi Tomas Soucek usai cetak gol saat West Ham United ditahan imbang Burnley 1-1. (AFP)

Tak mau kalah dengan tim The Big 6 Liga Inggris, West Ham United juga terbilang royal di bursa transfer musim panas 2022 lalu dengan membelanjakan dana sebesar 163 juta poundsterling (Rp2,7 triliun).

Dana sebesar itu dikeluarkan The Hammers untuk memboyong 8 pemain baru, di mana nama Lucas Paqueta menjadi pembelian termahal West Ham.

4. Tottenham Hotspur

Tim The Big 6 Liga Inggris yang masuk daftar ini adalah Tottenham Hotspur. Tim asal London Utara ini telah membelanjakan uang sebesar 152 juta poundsterling (Rp2,6 triliun) di bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Dari dana sebesar Rp2,6 triliun itu, Tottenham mendatangkan 8 pemain baru, dengan rincian 5 pemain ditebus kontraknya, 1 pemain dengan status pinjaman, dan 2 pemain didapatkan secara gratis.

5. Nottingham Forest

Selebrasi pemain Nottingham Forest usai mengalahkan Sheffield United untuk melaju ke final playoff Championship. (Twitter)
Selebrasi pemain Nottingham Forest usai mengalahkan Sheffield United untuk melaju ke final playoff Championship. (Twitter)

Klub promosi Nottingham Forest juga tak kalah aktif di bursa transfer musim panas 2022 lalu. The Tricky Trees bahkan menggelontorkan dana belanja sebesar 143 juta poundsterling (Rp2,4 triliun).

Hanya saja, dana sebesar itu digunakan untuk memboyong 20 pemain baru, di mana 15 pemain ditebus kontraknya, 3 pemain datang dengan status pinjaman, dan 3 pemain lainnya didapatkan secara gratis.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini