Boladunia

Deretan Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar, dari Pakai Pendingin hingga Hadirnya Wasit Perempuan

Berikut fakta menarik Piala Dunia 2022 yang akan segera bergulir pada November mendatang.

Rauhanda Riyantama

Lusail Iconic Stadium, Venue Piala Dunia 2022. (Twitter)
Lusail Iconic Stadium, Venue Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut sederat fakta menarik Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember mendatang. Berbeda dari biasanya, ajang kali ini digelar pada musim dingin.

Pilihan ini sebetulnya cukup membingungkan. Tapi, para peserta agaknya dipaksa memaklumi karena Piala Dunia 2022 diselenggarakan di Qatar.

Berada di kawasan Timur Tengah, suhu rata-rata di Qatar rata-rata mencapai 120 fahrenheit atau setara 48 derajat celcius pada musim panas. Maka, mustahil menyelenggarakan kompetisi di kurun waktu tersebut.

Oleh karena alasan ini FIFA akhirnya memindahkan penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022 ke musim dingin. 

Qatar selaku tuan rumah juga sudah berjanji pada FIFA. Jika keluhan cuaca menjadi kendala para peserta, mereka akan memasang teknologi pendingin di stadion.

Qatar juga bergerak sigap dalam infrastruktur. Setelah ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggara, venue-venue di Doha belum dibangun. Tapi kini sudah ada delapan stadion yang siap digunakan. 

Selain itu, ada 4 fakta menarik lainnya di Piala Dunia 2022. Berikut ulasannya.

1. Jumlah Pemain

Jumlah pemain yang dibawa di Piala Dunia umumnya adalah 23 pemain. Namun aturan ini direvisi oleh FIFA menjadi 26 pemain.

Adapun, alasan ini karena pandemi COVID-19. Dikhawatirkan, para negara kontestan akan kelimpungan kalau-kalau banyak pemain mereka yang terdampak corona.

"Mengingat kebutuhan untuk mempertahankan fleksibilitas peserta, karena waktu yang tidak biasa dari Piala Dunia FIFA 2022 dalam kalender global, serta konteks yang lebih luas dari efek yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 pada skuad sebelumnya," tulis pernyataan FIFA dikutip dari laman resmi mereka.

Selain itu, setiap timnas bisa mendaftarkan dulu sekitar 55 nama di skuat pre-eliminasi sebelum dipangkas menjadi setengahnya. 

Pendaftaran pemain akan ditutup 13 November, yang jadi batas terakhir liga-liga di seluruh dunia sebelum ditangguhkan sementara.

Namun, pemain yang diikutsertakan dalam pertandingan tetap 23. Sisanya, tak terlibat termasuk duduk di bangku cadangan. Dan aturan ini mirip dengan apa yang dilakukan FIFA pada Piala Eropa 2020.

2. Pergantian Pemain Lebih Banyak

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia menggunakan format 5 pergantian pemain. Jika biasanya menggunakan 3 pergantian, edisi ini cukup spesial.

FIFA mengklaim, karena pademi COVID-19 yang melanda dunia dua tahun belakangan, aturan pergantian pemain diubah menjadi 5 di setiap kompetisi sepak bola dunia.

Jika sudah masuk ke fase gugur dan permainan berlanjut ke babak tambahan waktu, setiap negara peserta diperbolehkan untuk mengganti satu pemain lagi. Secara keseluruhan, ada 6 pergantian pemain di Piala Dunia Qatar 2022.

Peraturan ini sebetulnya sudah diterapkan di sejumlah kompetisi elite Dunia. Beberapa di antaranya Liga Inggris, Italia, Jerman, dan Spanyol. 

Selain itu Liga Champions dan Liga Europa juga sudah menerapkan lima pergantian pemain. Puncaknya, pada Piala Eropa 2020, FIFA secara resmi menggunakan aturan ini di pentas antar negara.

3. VAR dan Teknologi Garis Gawang

Untuk Piala Dunia Qatar 2022, FIFA mewajibkan tuan rumah penyelenggara memasang Video Assistant Referee alias VAR. Teknologi ini sudah digunakan sejak 2018 saat Piala Dunia digulirkan di Prancis.

VAR adalah teknologi rekaman video instan yang dipakai untuk meninjau keputusan wasit. VAR diciptakan karena banyaknya keputusan-keputusan wasit yang dianggap tidak tepat disebabkan karena ketidaktahuan wasit pada saat insiden terjadi, atau hal-hal lain yang luput dari pengamatan.

Dan satu lagi, FIFA juga akan menerapkan teknologi garis gawang untuk membantu asisten wasit menentukan gol. Ini sudah diterapkan sejak Piala Dunia 2014.

Adapun, penggunaan ini berkaca pada kontroversi yang menyelimuti Piala Dunia 2010. Ketika itu, saat Inggris bertemu Jerman, salah satu gol yang dicetak oleh Inggris tak disahkan karena dianggap belum melewati garis gawang.

4. Wasit Perempuan

FIFA sudah mengumumkan bahwa ada 36 wasit dan 69 wasit yang akan bertugas di Piala Dunia Qatar 2022. Selain itu, ada 24 asisten wasit video yang akan bertugas di ruangan VAR.

Menariknya, ada wasit wanita yang akan ikut andil memimpin di edisi Piala Dunia kali ini. Mereka adalah Stephanie Frappart dari Prancis, Salima Mukansanga dari Rwanda, dan Yoshimi Yamashita dari Jepang ditugaskan sebagai wasit utama.

Selain itu, tiga asisten wasit wanita dipilih. Mereka adalah Kathryn Nesbitt dari Amerika, Neuza Back dari Brasil, dan Karen Diaz Medina asal Meksiko.

"Ini mengakhiri proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu dengan penempatan wasit wanita di turnamen junior dan senior putra FIFA," kata Pierluigi Collina, ketua Komite Wasit FIFA.

"Mereka pantas berada di Piala Dunia Qatar 2022 karena mereka sudah rutin memimpin pertandingan di level yang sangat tinggi, dan itulah faktor penting bagi kami."

"Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah 'kualitas pertama' dan ofisial pertandingan yang dipilih mewakili tingkat wasit tertinggi di seluruh dunia," ujarnya menjelaskan.

Berita Terkait

Berita Terkini