Boladunia

Profil Timnas Uruguay di Piala Dunia 2022, Perpaduan Luis Suarez dengan Darwin Nunez

Uruguay akan memiliki lini serang yang mematikan. Luis Suarez akan berduet dengan juniornya, Darwin Nunez.

Irwan Febri Rialdi

Paraguay kalah lawan Uruguay di final Copa America 2011. (ANTONIO SCORZA / AFP)
Paraguay kalah lawan Uruguay di final Copa America 2011. (ANTONIO SCORZA / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Uruguay bakal menjadi salah satu kontestan yang meramaikan persaingan Grup H Piala Dunia 2022 bersama Portugal, Ghana, dan Korea Selatan.

Jika melihat hitung-hitungan di atas kertas, Portugal memang menjadi salah satu kandidat terkuat di Grup H yang akan melenggang ke fase gugur dengan status sebagai juara grup.

Artinya, dengan kalkulasi semacam ini, Uruguay harus bisa menggulingkan dua pesaing lainnya, yakni Ghana dan Korea Selatan, untuk bisa merebut tiket lolos dari fase grup.

Apalagi, perjuangan tim berjulukan La Celeste untuk mendapatkan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 ini telah berlangsung cukup alot di fase kualifikasi.

Untuk merebut tiket ke putaran final Piala Dunia 2022, perjalanan yang harus ditempuh Uruguay memang melewati jalan yang cukup berliku.

Sebab, mereka harus bersaing dengan sederet tim berkualitas dari zona CONMEBOL, seperti Brasil hingga Argentina pada fase Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dari 18 pertandingan yang tersaji, timnas Uruguay sukses meraih delapan kemenangan. Empat laga lainnya berakhir imbang dan enam sisanya berujung kekalahan.

Hasil ini membawa mereka mengakhiri persaingan di peringkat ketiga. Namun demikian, catatan golnya memang cukup miris karena menjadi yang paling sedikit di antara empat kontestan yang ada di empat besar klasemen akhir.

3 Pemain Kunci

Tak perlu diragukan lagi, Luis Suarez akan kembali menjadi salah satu pemain kunci timnas Uruguay saat berjuang di putaran final Piala Dunia 2022.

Sebab, sejak mencatatkan debutnya pada 2007, Luis Suarez telah membukukan sejumlah rekor bersama timnas Uruguay. Salah satunya yakni koleksi 68 golnya yang menjadi torehan tertinggi dalam sejarah.

Pengalamannya di level internasional juga akan berguna bagi Le Celeste. Sebab, sampai saat ini dia sudah mencatatkan total 132 penampilan bersama Uruguay di berbagai ajang.

Pemain selanjutnya yang juga diprediksi jadi kunci kesuksesan Uruguay di Piala Dunia 2022 ialah Darwin Nunez. Pemain ini menjadi salah satu bintang baru Liverpool.

Sementara di sektor pertahanan, Uruguay bakal bergantung banyak pada sosok Ronald Araujo. Pemain jebolan akademi La Masia ini menjadi salah satu bintang baru Barcelona.

Meskipun usianya masih cukup belia, Araujo diyakini bisa memberikan bantuan banyak untuk timnas Uruguay pada Piala Dunia 2022.

Pelatih: Diogo Alonso

Kursi kepelatihan timnas Uruguay memang sempat mengalami perubahan pada fase kualifikasi. Dari awalnya ditukangi Oscar Tabarez, lalu digeser oleh Diogo Alonso.

Diogo Alonso memang menjadi sosok yang penting di balik keberhasilan Uruguay melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar tersebut.

Sejauh ini, ia memang belum punya pengalaman melatih tim nasional. Namun, catatannya sebagai juru taktik timnas Uruguay bisa dibilang cukup mengesankan.

Sebab, dari semua laga yang sudah didampinginya, La Celeste sukses meraih enam kemenangan dan satu hasil seri. Sebagai catatan, empat kemenangan diraih pada fase kualifikasi.

Daftar Pemain Sementara Timnas Uruguay untuk Piala Dunia 2022:

Penjaga Gawang

Fernando Muslera

Martin Campana

Gaston Olveira

Martin Silva

Bek

Erick Cabaco

Matias Vina

Bruno Mendez

Diego Godin

Mauricio Lemos

Sebastian Coates

Marcelo Saracchi

Jose Maria Gimenez

Mathias Suarez

Gaston Silva

Maxi Pereira

Emiliano Velazquez

Omar Hawsawi

Martin Caceres

Guillermo Varela

Gelandang

Federico Valverde

Giovanni Gonzalez

Walter Gargano

Rodrigo Bentancur

Brian Lozano

Diego Laxalt

Cristian Rodriguez

Giorgian de Arrascaeta

Carlos Sanchez

Nahitan Nandez

Lucas Torreira

Matias Vecino

Brian Rodriguez

Gaston Pereiro

Nicolas Lodeiro

Gastoon Ramirez

Penyerang

Darwin Nunez

Jonathan Rodriguez

Luiz Suarez

Christian Stuani

Maximiliano Gomez Gonzalez

Jonathan Urretaviscaya

Edinson Cavani

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini