Boladunia

Profil Timnas Portugal di Piala Dunia 2022, Panggung Terakhir Sang Megabintang Cristiano Ronaldo

Portugal tak hanya Cristiano Ronaldo. Kiprah A Selecao di Piala Dunia 2022 menarik disimak karena memiliki bintang-bintang baru

Irwan Febri Rialdi

Ekspresi striker Portugal, Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Prancis lewat titik penalti di pertandingan terakhir grup F Euro 2020. (Foto: Bernadett SZABO/AFP)
Ekspresi striker Portugal, Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Prancis lewat titik penalti di pertandingan terakhir grup F Euro 2020. (Foto: Bernadett SZABO/AFP)

Bolatimes.com - Persaingan ketat bakal dilewati timnas Portugal saat berjuang di Grup H Piala Dunia 2022. Sebab, mereka harus menghadapi beberapa tim kuat di grup ini.

Di Grup H, Portugal akan saling sikut dengan Uruguay, Ghana, dan Korea Selatan. Di atas kertas, Uruguay jadi salah satu lawan yang paling sulit ditaklukkan A Selecao, julukan timnas Portugal.

Sebab, pada Piala Dunia edisi sebelumnya, yakni 2018 yang berlangsung di Rusia, Portugal sempat takluk dari Portugal pada babak 16 besar. Mereka harus mengakhiri perjalanannya usai ditekuk dengan skor 1-2.

Perjalanan timnas Portugal untuk merebut satu tiket tampil di putaran final Piala Dunia 2022 memang cukup impresif. Mereka tergabung di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Dar total delapan pertandingan yang tersaji di babak itu, Portugal sukses menyabet lima kali menang, dua hasil imbang, dan satu lainnya berakhir dengan kekalahan.

Dengan hasil ini, Portugal merampungkan babak kualifikasi dengan koleksi 17 poin. Mereka harus puas duduk di peringkat kedua karena terpaut tiga poin dari Serbia yang berada di puncak.

3 Pemain Kunci

Meskipun di level klub mulai kehilangan tempat utama, tapi sosok Cristiano Ronaldo diyakini masih bisa menjadi tulang punggung timnas Portugal di Piala Dunia 2022.

Pengalamannya sudah sangat panjang bersama Portugal sejak menjadi andalan A Selecao pada Piala Dunia 2006 yang saat itu berlangsung di Jerman.

Selanjutnya, ada nama rekan setim CR7 di Manchester United yang diprediksi akan menjadi kunci permainan timnas Portugal di Piala Dunia 2022, yakni Bruno Fernandes.

Bersama Manchester United, Bruno sudah membukukan 51 gol dan 39 assist dari total 131 penampilannya di semua ajang.

Lalu, nama terakhir di sektor lini serang yang bakal menjadi penopang timnas Portugal ialah Diogo Jota. Pada musim lalu, ia sukses menjadi andalan Liverpool di lini serang.

Di semua ajang, Jota sukses mendulang 21 gol. Jumlah ini mengantarkannya sebagai pencetak gol terbanyak ketiga The Reds pada musim lalu, hanya terpaut sepuluh gol dari Mohamed Salah yang mendulang 31 gol untuk Liverpool.

Pelatih: Fernando Santos

Setelah mengambil alih kendali kepelatihan timnas Portugal pada tahun 2014, kini tangan dingin Fernando Santos akan kembali mendapatkan kepercayaan penuh di ajang Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, Fernando Santos memang tak terlalu memiliki banyak pemain berkualitas, selain tentunya Cristiano Ronaldo. Namun, ia tetap mampu mempersembahkan gelar juara Euro 2016 seusai menggulung timnas Prancis di partai final.

Tiga tahun berselang, ia juga kembali membawa A Selecao merengkuh gelar UEFA Nations League 2018/2019. Tentu saja, dengan rekam jejak semacam itu, ada harapan besar yang diletakkan di pundaknya.

Apalagi, Fernando Santos bakal memiliki sederet pemain berkualitas yang belakangan ini tengah mencuri perhatian bersama klubnya masing-masing di kompetisi Eropa.

Daftar Pemain Sementara Timnas Argentina untuk Piala Dunia 2022:

Penjaga Gawang

Diogo Costa

José Sá

Rui Patrício

Bek

Pepe

José Fonte

Nuno Mendes

Raphaël Guerreiro

João Cancelo

Cédric Soares

Gelandang

Danilo Pereira

William Carvalho

Matheus Nunes

Vitinha

João Moutinho

Otávio

Bruno Fernandes

Bernardo Silva

Rafael Leão

Gonçalo Guedes

Penyerang

Cristiano Ronaldo

André Silva

Diogo Jota

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini