Boladunia

Kiprah Timnas Jerman hingga Pemain yang Diprediksi Jadi Andalan di Piala Dunia 2022

Timnas Jerman masuk jadi salah satu kandidat juara Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Jerman berfoto bersama sebelum melawan Belanda di UEFA Nations League (AFP)
Pemain Timnas Jerman berfoto bersama sebelum melawan Belanda di UEFA Nations League (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Jerman akan mengarungi Piala Dunia 2022 dengan wajah baru, seiring kepergian Joachim Loew dan kini Hansi Flick menjadi nahkoda baru Der Panzer.

Jerman era Joachim Loew berakhir, tercatat dari 2006 hingga 2021 dengan hanya satu gelar juara Piala Dunia edisi 2014 di Brasil.

Hingga pada akhirnya Hansi Flick datang, tak butuh waktu lama baginya dipercaya mengisi kursi pelatih timnas Jerman setelah performa moncernya dengan Bayern Muenchen.

Keganasan timnas Jerman bersama Hansi Flick sudah dibuktikan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, Der Panzer jadi tim pertama yang lolos ke putaran final.

Piala Dunia bukan hal baru bagi Flick, medio 2006-2014 menjadi waktu yang cukup lama baginya berada di ajang ini sebagai asisten pelatih Loew.

Hasilnya pun nyata, ia membawa Jerman keluar sebagai peringkat ketiga Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan meraih gelar juara di edisi 2014 di Brasil.

Prestasi dan Perjuangan

Piala Dunia 2022 menjadi yang ke-20 kalinya bagi Jerman, sekaligus membuktikan Der Panzer sebagai tim langganan turnamen empat tahunan ini.

Jerman merupakan tim pengoleksi empat gelar juara Piala Dunia, posisinya kini di peringkat kedua bersama timnas Italia.

Negara ini hanya kalah dari Brasil dengan koleksi lima gelarnya, rentetan gelar timnas Jerman masing-masing diraih pada 1954, 1974, 1990 dan 2014.

Pemain timnas Jerman Kai Havertz merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim saat pertandingan persahabatan Jerman melawan Israel di PreZero Arena, Sinsheim, Jerman, 26 Maret 2022. (REUTERS/HEIKO BECKER)
Pemain timnas Jerman Kai Havertz merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim saat pertandingan persahabatan Jerman melawan Israel di PreZero Arena, Sinsheim, Jerman, 26 Maret 2022. (REUTERS/HEIKO BECKER)

Meskipun di gelaran terakhir, Jerman harus menanggung malu yang teramat besar setelah gagal lolos fase grup dan menjadi juru kunci dengan 3 poin dari 3 laga.

Sementara itu perjalanan Jerman di Piala Dunia 2022 sangat meyakinkan, Jerman mengoleksi sembilan kemenangan dan hanya sekali kalah.

Satu-satunya hasil memalukan yang timnas Jerman selama babak kualifikasi adalah kekalahan dari Makedonia utara dengan skor tipis 1-2.

Namun kemenangan besar juga tak sekali ditorehkan, Islandia dibantai dengan skor 4-0, Armenia dihajar 6-0 dan Liechtensein 9-0.

Catatan itu membawa Jerman keluar sebagai tim pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022, mengoleksi 21 poin dari delapan pertandingan.

3 Pemain Kunci

- Manuel Neuer

Tembok kokoh timnas Jerman itu bernama Manuel Neuer, kehadirannya sangat vital dan dibutuhkan dalam memastikan kemenangan tim.

Karier di level klub tak perlu dipertanyakan, moncernya Neuer bersama Schalke 04 membuatnya diboyong Bayern Muenchen dan bertahan sampai saat ini.

Bersama Bayern Muenchen, Neuer meraih segalanya baik gelar domestik maupun internasional dan membawanya mengoleksi 113 caps bersama timnas Jerman.

Kesuksesan itulah yang membawa Neuer berhasil memberi satu gelar Piala Dunia untuk Jerman di edisi 2014 Brasil.

- Joshua Kimmich

Kimmich menjadi salah satu pemain andalan Bayern Muenchen sekaligus timnas Jerman, selain lihai sebagai pemain bertahan pemain berusia 27 tahun ini juga merupakan gelandang andalan.

Pemain yang mengawali kariernya di Stuttgart ini termasuk sosok dengan visi bermain yang sangat lihai ketika berada di atas lapangan pertandingan.

Kimmich debut pertama kali untuk timnas Jerman pada Euro 2016 saat berhadapan dengan timnas Irlandia Utara, prestasinya pun tak dapat disangkal.

Sang pemain sukes membawa Jerman keluar sebagai juara Piala Konfederasi tahun 2017, dan kini posisinya tak tergantikan.

Selebrasi pemain timnas Jerman Serge Gnarby (kanan) usai cetak gol lawan Rumania dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup J zona Eropa di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman pada 9 Oktober 2021. ANTARA/REUTERS/FABIAN BIMMER
Selebrasi pemain timnas Jerman Serge Gnarby (kanan) usai cetak gol lawan Rumania dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup J zona Eropa di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman pada 9 Oktober 2021. ANTARA/REUTERS/FABIAN BIMMER

- Serge Gnabry

Kariernya sebagai pemain timnas Jerman dimulai dari level kelompok umur, Gnabry juga termasuk dalam kelompok timnas yang menjuarai Euro U-21.

Gnabry dinilai sebagai pemain yang mampu mengisi lini permainan, bahkan di semua pos lini serang karena performanya yang selalu meningkat.

Hingga saat ini Gnabry sudah mengoleksi 34 caps dan mencetak 20 gol sejak debut pertama kali bersama timnas Jerman senior di tahun 2016.

Menariknya dalam debutnya itu Gnabry langsyng menggila dengan mencetak tiga gol sekaligus penanda munculnya sosok bintang baru Der Panzer.

Pelatih

Penjukkannya baru dilakukan pada 25 Mei 2021, sosok pengganti Joachim Loew dan terbukti pilihan merekrutnya sebagai keputusan yang sangat benar.

Hansi Flick bukan sosok pelatih asing bagi timnas Jerman, seiring Loew menjabat sebagai pelatih kepalam Flick menjabat sebagai asistennya.

Segudang pengalaman pun didapat, termasuk saat membawa Jerman meraih gelar Piala Dunia 2014 di Brasil dan prestasinya di level klub pun tak perlu diragukan.

Flick sukses membawa Bayern Muenchen memenangi enam gelar dalam satu musim di tahun 2020 lalu, tentu prestasi tersebut tidak sembarang bisa didapat.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini