Boladunia

Profil Timnas Maroko di Piala Dunia 2022, Misi Berat karena Gabung Grup Neraka

Perjalanan Maroko di Piala Dunia 2022 tak akan mudah karena masuk grup neraka bersama tim kuat Belgia, Kroasia, dan Kanada.

Rauhanda Riyantama

Pemain Maroko Selim Amallah dan rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Kepulauan Comoros dalam laga Grup C Piala Afrika 2021 di Stade Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Kamerun, 14 Januari 2022. [AFP]
Pemain Maroko Selim Amallah dan rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Kepulauan Comoros dalam laga Grup C Piala Afrika 2021 di Stade Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Kamerun, 14 Januari 2022. [AFP]

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Maroko, salah satu tim yang akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022 Qatar medio November hingga Desember mendatang.

Timnas Maroko merupakan salah satu dari 5 tim asal Afrika yang akan unjuk gigi pada gelaran Piala Dunia 2022 nanti.

Di Piala Dunia 2022 ini, tim nasional berjuluk The Atlas Lions ini tergabung di grup F bersama lawan-lawan berat seperti Kroasia, Belgia, dan Kanada.

Sebagai informasi, Kroasia dan Belgia merupakan Runner Up dan peringkat terbaik ketiga pada Piala Dunia 2018 Rusia lalu.

Selain itu, masih ada Kanada yang merupakan salah satu tim kuda hitam, menyusul kesuksesannya kembali ke Piala Dunia sejak 1986 silam.

Meski tergabung di grup yang relatif berat, Timnas Maroko tak ingin hanya menjadi partisipan semata pada Piala Dunia 2022 ini.

The Atlas Lions akan tampil maksimal di Piala Dunia 2022 dengan mengandalkan para pemainnya yang banyak bermain di Eropa.

Lantas bagaimana peluang Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 nanti? Untuk menjawabnya, ada baiknya melihat kiprah The Atlas Lions beserta komposisi pemainnya dan pelatih yang akan memimpin di ajang ini.

Kiprah Timnas Maroko di Piala Dunia

Timnas Maroko bukanlah langganan Piala Dunia seperti negara-negara sepak bola Afrika lainnya. Tercatat sejak tahun 1958, The Atlas Lions baru mencicipi ajang ini sebanyak 6 kali, termasuk di Piala Dunia 2022.

Kiprah Timnas Maroko dalam 5 partisipasi sebelumnya di Piala Dunia pun tak tergolong apik. Sebab, The Atlas Lions lebih banyak terhenti di fase grup dan hanya sekali lolos ke babak 16 besar pada edisi 1986.

Meski begitu, Timnas Maroko punya catatan mentereng di babak kualifikasi. Dalam 119 pertandingan, The Atlas Lions mampu meraih 58 kemenangan, 39 hasil imbang, dan 22 kekalahan.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, Timnas Maroko berhasil lolos usai menjadi juara grup dan menang di ronde ketiga atas Kongo dengan agregat 5-2.

3 Pemain Kunci

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Timnas Maroko memiliki banyak pemain yang berkiprah di kompetisi Eropa.

Untuk Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Maroko diyakini akan mengandalkan 3 pemain, yakni Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri dan Achraf Hakimi.

Hakim Ziyech saat tampil bersama Timnas Maroko. (JAVIER SORIANO / AFP)
Hakim Ziyech saat tampil bersama Timnas Maroko. (JAVIER SORIANO / AFP)

Hakim Ziyech yang sempat diparkir karena ada masalah dengan pelatih, berpotensi kembali dipanggil dan menjadi andalan Maroko nanti.

Sedangkan En-Nesyri merupakan juru gedor andalan Sevilla di Liga Spanyol, pun dengan Achraf Hakimi yang dikenal sebagai bek tajam bagi Paris Saint-Germain.

Pelatih: Walid Regragui

Sejatinya, Timnas Maroko baru melakukan pergantian pelatih usai Valid Halilhodzic dipecat beberapa waktu lalu.

Usai memecat Halilhodzic, Timnas Maroko menunjuk Walid Regragui sebagai pelatih. Ia sendiri merupakan pelatih lokal yang memiliki kiprah menukangi klub-klub Asia dan Afrika.

Tercatat, Regragui pernah membawa tim Qatar, Al-Duhail menjadi juara liga. Selain itu, ia mampu membawa Wydad AC yang merupakan tim Maroko, menjuarai Liga Champions Afrika pada 2021/2022 lalu.

Kiprah apiknya sebagai pelatih di level klub ini membuat Asosiasi Sepak Bola Maroko (MFA) menunjuknya di ajang Piala Dunia 2022.

Daftar Pemain (per 13 Juni 2022)

Kiper:

Yassine Bounou
Munir El Kajoui
Anas Zniti

Bek:

Achraf Hakimi
Roman Saiss
Yahia Attiyat Allah
Adam Masina
Nayef Aguerd
Jawad El Yamiq
Sofiane Alakouch
Noussair Mazraoui
Samy Mmaee

Gelandang:

Sofyan Amrabat
Adel Taarabt
Hakim Ziyech
Amine Harit
Ilias Chair
Azzedine Ounahi
Selim Amallah
Aymen Barkok
Yahya Jabrane
Faycal Fajr

Penyerang:

Youssef En-Nesyri
Munir El Haddadi
Zakaria Aboukhlal
Tarik Tissoudali
Ayoub El Kaabi
Soufiane Rahimi

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini