Boladunia

Profil Timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Andalkan Pemain dari Liga Lokal

Timnas Arab Saudi akan tampil di Piala Dunia 2022 dengan skuat yang bermain di liga lokal.

Rauhanda Riyantama

Timnas Arab Saudi.  (AFP/Yoshikasu Tsuno)
Timnas Arab Saudi. (AFP/Yoshikasu Tsuno)

Bolatimes.com - Timnas Arab Saudi menjadi salah satu wakil Asia yang akan mentas di Piala Dunia 2022, 21 November hingga 18 Desember mendatang.

Arab Saudi menjadi satu dari enam wakil Asia yang memegang tiket putaran final Piala Dunia edisi tahun ini di Qatar. Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah konfederasi Asia menempatkan 6 wakil di ajang paling bergengsi ini.

Keenam wakil Asia itu adalah Arab Saudi, Qatar (tuan rumah), Australia, Jepang, Iran, dan Korea Selatan. Adapun, ini adalah kali keenam Arab Saudi mentas di Piala Dunia.

Kali pertama Arab Saudi tampil di Piala Dunia yaitu pada edisi 1994. Pada gelaran teranyar di Piala Dunia 2018, Arab Saudi terhenti di babak penyisihan grup.

Prestasi terbaik Arab Saudi di Piala Dunia adalah menembus babak 16 besar pada 1994. Setelah itu, Arab Saudi tidak pernah lagi bisa lolos dari penyisihan grup.

Prestasi mereka berbeda jauh di kancah Piala Asia. Arab Saudi berhasil meraih 3 gelar juara di edisi 1984, 1988, dan 1996.

Perjalanan di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2022

Arab Saudi sendiri lolos ke Piala Dunia 2022 setelah melewati perjalanan panjang. Mereka mengawali dari babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC.

Di babak kedua, Arab Saudi memuncaki Grup D dan berhak lolos ke babak kedua. Di babak kedua, Arab Saudi lagi-lagi menjadi pemuncak klasemen Grup B dan lolos ke Piala Dunia 2022.

Pada Piala Dunia 2022, Arab Saudi masuk Grup C bersama Argentina, Meksiko, dan Polandia. Jika melihat peta kekuatan Grup C Piala Dunia 2022, Arab Saudi bisa dibilang sebagai tim terlemah. 

Pelatih

Soal hasil undian Piala Dunia 2022 yang menempatkan timnya di grup berat, Herve Renard selaku pelatih timnas Arab Saudi meminta anak asuhnya untuk berjuang sekuat tenaga dan membuat para pendukung bangga.

Herve Renard sendiri telah menukangi timnas Arab Saudi sejak 2019. Sebelumnya, juru taktik asal Prancis itu meraih kesuksesan bersama tim-tim Afrika seperti Zambia dan Pantai Gading.

Untuk skuad yang dimiliki Arab Saudi, semua pemain yang dibawa hampir semua berasal dari klub lokal atau dari Liga Arab.

Daftar pemain (per Juni 2022)

Kiper

Amin Bukhari (Al-Nassr)
Mohammed Al-Owais (Al-Hilal)
Fawaz Al-Qarni (Al-Shabab)
Mohammed Al Rubaie (Al-Ahli)

Bek

Hassan Tambakti (Al-Shabab)
Abdullah Madu (Al-Nassr)
Ahmed Sharahili (Al-Shabab)
Ziyad Al-Sahafi (Al-Ittihad)
Mohammed Al-Breik (Al-Hilal)
Saud Abdul Hamid (Al-Hilal)
Yasser Al-Shahrani (Al-Hilal)
Abdulelah Al-Amri (Al-Nassr)
Moteb Al-Harbi (Al-Shabab)

Gelandang

Salman Al-Faraj (Al-Hilal)
Hattan Bahebri (Al-Shabab)
Salem Al-Dawsari (Al-Hilal)
Ali Al-Hassan (Al-Nassr)
Sami Al-Najei (Al-Nassr)
Khalid Al-Ghannam (Al-Nassr)
Abdulrahman Ghareeb (Al-Ahli)
Abdulrahman Al-Aboud (Al-Ittihad)
Abdulaziz Al-Bishi (Al-Ittihad)
Mohamed Kanno (Al-Hilal)
Fahad Al-Muwallad (Al-Ittihad)

Striker

Firas al-Buraikan (Al-Fateh)
Saleh Al-Shehri (Al-Hilal)
Abdullah Al-Hamdan (Al-Hilal)

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini