Boladunia

Berjuang Lolos ke Piala AFF 2022, Timor Leste Malah Dapat Kabar Buruk

Pelatih Timor Leste memutus kontrak karena tidak mendapat gaji selama lima bulan.

Arif Budi Setyanto

Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (dok PSSI)
Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (dok PSSI)

Bolatimes.com - Timor Leste mendapatkan kabar buruk jelang playoff Piala AFF 2022. Calon lawan timnas Indonesia itu dikabarkan telah ditinggal oleh sang pelatih Fabio Magrao serta asistennya.

Timor Leste tidak akan langsung lolos ke fase grup Piala AFF 2020. Negara tetangga Indonesia harus menjalani playoff menghadapi Brunei Darussalam terlebih dahulu.

Nantinya tim yang menang di playoff tersebut bakal tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama timnas Indonesia, Thailand, Filipina, serta Kamboja.

Sayangnya di tengah perjuangan itu, Timor Leste ditimpa kabar buruk karena pelatihnya yang bernama Fabio Magrao telah memutuskan kontrak. Padahal juru taktik asal Brasil itu masih terikat sampai Desember 2022 nanti.

Menukil dari laporan The Thao247 pada Jumat (2/9/2022), Fabio Magrao tidak sendirian meninggalkan Timor Leste, tapi asistennya Silas Paixao juga mengambil langkah sama.

Pelatih Timnas Timor Leste, Fabio Magrao. (Instagram/fftl.official)
Pelatih Timnas Timor Leste, Fabio Magrao. (Instagram/fftl.official)

Keputusan Fabio memutuskan kontrak dengan Timor Leste karena selama lima bulan ia gajinya tidak dibayarkan. Meski begitu, besaran gaji tersebut tidak diungkap ke publik.

Fabio Magrao sendiri telah menjadi pelatih Timor Lester dari tahun 2022. Pencapaian tertingginya ketika membawa tim meraih tempat ketiga di Piala AFF U-20 2022 lalu.

Setelah memutuskan kontrak dengan Timor Leste, pelatih asal Brasil itu dikabarkan menerima tawaran yang datang dari klub Liga Thailand dan Malaysia.

Tentu mundurnya Fabio Magrao ini merupakan pukulan telak bagi Timor Leste yang berjuang untuk tampil di ajang Piala AFF 2022 mendatang.

Sementara itu, Timor Leste dianggap tim terlemah di Asia Tenggara karena ranking FIFA mereka berada di peringkat ke-199.

Dalam sejarahnya, Timor Leste sejauh ini hanya tiga kali berpartisipasi di Piala AFF 2020. Mereka lolos di tahun 2004, 2018, dan 2020 lalu.

Berita Terkait

Berita Terkini