Boladunia

Profil Timnas Jepang di Piala Dunia 2022, Wakil Asia yang Siap Gebrak Pentas Dunia

Timnas Jepang tampil di Piala Dunia 2022 dengan percaya diri tinggi karena dihuni skuat yang bermain di kompetisi Eropa.

Rauhanda Riyantama

Jepang menang melawan Kolombia/Twitter
Jepang menang melawan Kolombia/Twitter

Bolatimes.com - Sebagai salah satu wakil Asia, timnas Jepang bakal menghadapi ujian berat saat bersaing di Grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Pasalnya, di Grup E, timnas Jepang harus bersaing dengan dua kontestan kuat asal Eropa, yakni Spanyol dan Jerman. Adapun satu partisipan lainnya adalah Kosta Rika, wakil CONCACAF.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, Spanyol dan Jerman memang lebih diunggulkan ketimbang dua kontestan lainnya di Grup E, Kosta Rika dan Jepang.

Pada edisi Piala Dunia 2022 ini, Jepang sudah mencatatkan delapan kali penampilannya.

Perjuangan tim Samurai Biru untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 berlangsung dengan catatan yang cukup baik.  Pada laga penentuan, Jepang sukses menumbangkan Australia dengan skor 2-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Kemenangan itu membuat perolehan poin yang dimiliki timnas Jepang tak lagi bisa dikejar Australia yang berada di peringkat ketiga.

Alhasil, Jepang sukses mengunci posisi kedua dengan perolehan 22 poin dalam 10 pertandingan. Jumlah ini hanya terpaut satu poin dari Arab Saudi yang sukses mengakhiri persaingan sebagai juara grup.

3 Pemain Kunci

Setidaknya ada beberapa nama pemain yang akan menjadi andalan timnas Jepang pada Piala Dunia 2022. Salah satu nama yang layak disebut ialah Takumi Minamino.

Mantan pemain Liverpool yang kini bermain bersama klub Liga Prancis, AS Monaco, itu bakal menjadi kekuatan penting tim Samurai Biru di sektor lini serang.

Selain itu, ada Takefusa Kubo, mantan pemain Real Madrid yang kini justru menyeberang ke Real Sociedad. Pemain yang mendapat julukan Messi dari Jepang ini juga jadi sosok yang dinantikan kiprahnya di Piala Dunia 2022.

Meskipun masih berusia cukup muda, Kubo sejauh ini sudah mencatatkan 18 penampilan bersama timnas Jepang di semua ajang.

Setelah menyebut dua pemain di lini serang, kali ini gilra pemain yang berposisi di sektor pertahanan. Nama yang layak dipertimbangkan ialah Maya Yoshida.

Pemain yang kini merumput di Liga Jerman bersama Schalke 04 itu bakal menjadi sosok benteng yang tangguh di jantung pertahanan Samurai Biru.

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kesuksesan timnas Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 ini sebetulnya juga tak bisa dipisahkan dari tangan dingin pelatihnya, Majime Moriyasu.

Juru taktik yang sudah menjabat sebagai nakhoda timnas Jepang sejak 2018 ini juga sempat mengasuh timnas U-23 Jepang yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Pada Piala Dunia 2018 lalu yang berlangsung di Rusia, ia juga membatu Akira Nishino hingga lolos ke fase 16 besar. Kiprah terakhirnya bersama Jepang di level elite tercatat pada Piala Asia 2019.

Ketika itu, dia sukses mengantarkan anak asuhnya melaju hingga partai puncak. Sayangnya, mereka justru tumbang 1-2 dari Qatar di final Piala Asia 2019 itu.

Daftar Pemain Sementara Timnas Jepang per Juli 2022.

Kiper

Kosei Tani
Daniel Schmidt
Shuichi Gonda
Eji Kawashima

Bek

Ko Itakura
Maya Yoshida
Shogo Taniguchi
Sho Sasaki
Naomichi Ueda
Yuto Nakayama
Yuto Nagatomo
Hiroki Sakai
Miki Yamane

Gelandang

Wataru Endo
Hidemasa Morita
Ao Tanaka
Reo Hatate
Gaku Shibasaki
Genki Haraguchi

Striker

Takumi Minamino
Kaoru Mitoma
Daizen Maeda
Takefusa Kubo
Junya Ito
Takuma Asano
Daichi Hayashi
Ayase Ueda
Yuya Osako

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini