Boladunia

Profil Timnas Wales di Piala Dunia 2022, Tampil Perdana Sejak 1958

Timnas Wales akhirnya merasakan atmosfir Piala Dunia setelah terakhir kali tampil pada 1958.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Wales merayakan keberhasilan masuk putaran final Piala Dunia 2022 setelah dalam final playoff zona Eropa mengalahkan Ukraina di Cardiff City Stadium, Cardiff, Wales, Inggris, 5 Juni 2022. (ANTARA/REUTERS/REBECCA NADEN)
Para pemain Wales merayakan keberhasilan masuk putaran final Piala Dunia 2022 setelah dalam final playoff zona Eropa mengalahkan Ukraina di Cardiff City Stadium, Cardiff, Wales, Inggris, 5 Juni 2022. (ANTARA/REUTERS/REBECCA NADEN)

Bolatimes.com - Timnas Wales untuk kedua kalinya sepanjang sejarah akan tampil di Puiala Dunia 2022 Qatar, tergabung dalam Grup B bersama Amerika Serikat, Inggris dan Iran.

Kepastian Wales melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar didapat setelah finish sebagai runner-up Grup E babak kualifikasi.

Mengoleksi lima poin di bawah Belgia dan terpaut satu poin dari Republik Ceko, Gareth Bale dkk kembali akan meramaikan pesta akbar sepak bola dunia.

Kali terakhir Wales mengikuti Piala Dunia adalah edisi 1958 yang digelar di Swedia, The Dragons kembali dan menunjukkan eksistensinya.

Kembali mencoba peruntungan setelah di kesempatan pertama nyaris mencapai babak perempat final, sayangnya harus takluk dari Brasil lewat gol semata wayang Pele.

Prestasi dan Perjuangan

Prestasi terbaik Wales di Piala Dunia terjadi saat keikutsertaan pertama di tahun 1958, nyaris menahan imbang Brasil dan berkesempatan melaju ke semifinal.

Nahas, Pele muncul menjadi mimpi buruk Wales saat itu lewat gol tunggal di laga tersebut sekaligus memastikan tersingkirnya The Dragons.

Sementara itu perjuangan menakjubkan ditunjukkan Gareth Bale dkk di babak kualifikasi Piala Dunia 2022, khususnya saat mampu menahan imbang Belgia.

Kepastian tiket ke Piala Dunia 2022 didapat setelah Wales mengalahkan Ukraina di babak play-off zona Eropa yang digelar di Stadion Cardiff City.

Kemenangan itu juga memastikan Wales sebagai kontestan terakhir di Piala Dunia 2022 Qatar, meskipun kini mereka dibayangi catatan buruk.

3 Pemain Kunci

- Daniel James

Bakatnya mungkin disia-siakan Manchester United, namun kualitas bermain James tentu tidak mengecewakan bagi negaranya.

James diprediksi sebagai salah satu pemain kunci kesuksesan Wales di Piala Dunia 2022 Qatar sebagai pengisi pos sayap penyerangan tim.

Debut saat umurnya masih 20 tahun tentu menjadikan James saat ini semakin dewasa dalam bertanding, karena itulah Robert Page memasukkannya di skuat utama Wales.

- Gareth Bale

Bale belum habis, meski sudah disingkirkan Real Madrid dengan berbagai cara, namun pesonanya sebagai pemain timnas Wales belum luntur.

Bale diyakini memiliki keistimewaan layaknya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, bukan tak mungkin kapten tim akan diembannya selama Piala Dunia 2022.

Eks pemain Tottenham Hotspur ini memiliki banyak pengalaman, di level klub dengan beberapa tim besar Eropa hingga kini memutuskan berkarier di Amerika Serikat.

- Ben Davies

Lini pertahanan menjadi salah satu kunci sukses Wales melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ben Davies menjadi pilihan utama Robert Page, pemain yang kini bermain untuk Tottenham Hotspur di Premier League.

Kualitasnya terbukti, Davies merupakan salah satu pemain yang mengantar Spurs ke final Liga Champions 2019 lalu.

Pelatih

Seiring mundurnya Ryan Giggs sebagai pelatih timnas Wales, Robert Page resmi ditunjuk federasi dan bertugas membawa tim melaju ke Piala Dunia 2022.

Hal itu dibuktikan dengan sangat baik oleh Page, memeliiki latar belakang sebagai mantan pemain sepak bola asal Wales memudahkannya dalam mengatur permainan.

Memiliki lebih dari 550 penampilan untuk 6 klub berbeda di Liga Inggris selama 18 tahun berkecimpung sebagai pesepak bola.

Pantas saja membuat Wales saat ini dijuluki sebagai tim kuda hitam wakil Eropa di Piala Dunia 2022.

Daftar Pemain

Kiper
1 - Wayne Hennessey
21 - Adam Davies
12 - Tom King

Bertahan
2- Chris Gunter
4 -  Ben Davies
14 - Connor Roberts
15 - Ethan Ampadu    
5 - Chris Mepham
6 - Joe Rodon
3 - Neco Williams
17 - Rhys Norrington
21 - Davies Ben Cabango

Tengah
10 - Aaron Ramsey    
7 - Joe Allen    
8 -  Harry Wilson
18 - Jonny Williams    
24 - Joe Morrell    
13 - Dylan Levitt    
9 - Brennan Johnson    
25 - Will Vaulks    
23 - Rubin Colwill    
22 - Sorba Thomas

Depan    
11 - Gareth Bale
20 - Daniel James
16 - Rabbi Matondo
19 - Mark Harris

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini