Boladunia

Profil Jerman di Piala Dunia 2022: 'Wajah Baru' Sang Raksasa usai Tergulung di Edisi 2018

Jerman dihuni para pemain baru yang lebih segar pasca kegagalan di Piala Dunia 2018. Pelatih pun sekarang berbeda

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Jerman berfoto bersama sebelum melawan Belanda di UEFA Nations League (AFP)
Pemain Timnas Jerman berfoto bersama sebelum melawan Belanda di UEFA Nations League (AFP)

Bolatimes.com - Mempertimbangkan sederet rekam jejak dan prestasinya, timnas Jerman tentu masih menjadi salah satu kontestan yang diunggulkan pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sebab, mereka memiliki catatan sejarah yang luar biasa sepanjang partisipasinya di ajang Piala Dunia. Dari total 19 keikutsertaannya, Der Panzer sudah empat kali meraih gelar juara.

Namun, kali ini timnas Jerman akan menghadapi persaingan ketat sejak fase penyisihan grup. Tergabung di Grup E, mereka harus bersaing dengan Jepang, Kosta Rika, dan Spanyol.

Kontestan yang disebut terakhir memang menjadi salah satu tim terkuat. Meski sempat melempem pada dua edisi Piala Dunia terakhir, Spanyol tetap berpotensi jadi lawan yang menyulitkan timnas Jerman.

Timnas Jerman memang punya kiprah mentereng selama beberapa edisi Piala Dunia, meskipun sempat melempem pada edisi 2018 karena tak lolos ke fase gugur.

Pada 2010, misalnya, Jerman sukses merebut tempat ketiga. Edisi berikutnya, yakni Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil, mereka sukses meraih gelar juara.

Catatan yang menandakan bahwa Der Panzer menjadi salah satu kandidat terkuat untuk meraih gelar juara Piala Dunia 2022 ialah performa yang dibukukan sepanjang fase kualifikasi.

Tergabung di Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, timnas Jerman menjadi tim yang mempunyai catatan performa nyaris sempurna.

Dari 10 pertandingan menghadapi lima peserta, yakni Makedonia Utara, Rumania, Armenia, Islandia, dan Liechtenstein, Jerman sukses mengumpulkan sembilan kemenangan.

Satu-satunya kekalahan yang menodai catatan mentereng ini ialah kekalahan yang dialami Der Panzer saat ditekuk Makedonia Utara dengan skor 1-2.

3 Pemain Kunci

Jika menyebut pemain kunci timnas Jerman di Piala Dunia 2022, tentu kurang lengkap apabila tak mencantumkan nama Manuel Neuer.

Kiper yang mempunyai segudang pengalaman, baik di level klub maupun tim nasional, ini akan tetap menjadi penjaga gawang andalan Der Panzer di Piala Dunia 2022.

Sejauh ini, Neuer sudah mencatatkan 113 caps bersama timnas Jerman di semua ajang. Ia juga ikut membantu negaranya membawa pulang trofi Piala Dunia 2014.

Dua pemain lainnya yang bakal menjadi tulang punggung Der Panzer ialah Joshua Kimich dan Serge Gnabry.

Peran Joshue Kimmich di sektor lini tengah sepertinya sudah disegel. Hansi Flick bakal menugasi pemain yang punya talenta dan visi bermain yang bagus ini.

Sementara itu, di lini serang, Serge Gnabry bakal jadi salah satu andalan. Bersama Der Panzer, Gnabry sudah membukukan 20 gol dari 34 penampilannya sejak mencatatkan debut bersama timnas senior pada 2016.

Pelatih: Hansi Flick

Kali ini, timnas Jerman akan tampil dengan wajah baru di Piala Dunia 2022. Sebab, untuk kali pertama sepanjang 15 tahun terakhir, mereka sudah tidak akan diasuh Joachim Loew di turnamen elite.

Kemudi Der Panzer kini telah diberikan kepada Hansi Flick setelah kebersamaan timnas Jerman dengan Joachim Loew dari 2006 hingga 2021 berakhir setelah ajang Piala Eropa atau Euro 2021.

Sebetulnya, Hansi Flick juga bukanlah wajah yang baru-baru amat untuk timnas Jerman. Sebab, ia pernah bertugas sebagai asisten pelatih yang membantu Joachim Loew di era 2006-2014.

Artinya, dia sudah pernah merasakan beragam prestasi, mulai dari meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan menjuarai Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil.

Daftar Pemain Sementara Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2022:

Penjaga Gawang

Manuel Neuer

Kevin Trapp

Oliver Baumann

Bek

Antonio Rüdiger

Niklas Süle

Nico Schlotterbeck

Jonathan Tah

Thilo Kehrer

Lukas Klostermann

David Raum

Benjamin Henrichs

Gelandang

Joshua Kimmich

Anton Stach

Gelandang tengah

Leon Goretzka

Ilkay Gündogan

Kai Havertz

Jamal Musiala

Julian Brandt

Jonas Hofmann

Marco Reus

Penyerang

Thomas Müller

Serge Gnabry

Timo Werner

Karim Adeyemi

Lukas Nmecha

Leroy Sané

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini