Profil Belgia di Piala Dunia 2022: Kesempatan Terakhir Generasi Emas

Ini akan menjadi kesempatan emas terakhir Belgia era Kevin De Bruyne di Piala Dunia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 01 September 2022 | 12:17 WIB
Pemain Belgia Dries Mertens (tengah) merayakan gol ke gawang Kazakhstan dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Brusells. (JOHN THYS / AFP)

Pemain Belgia Dries Mertens (tengah) merayakan gol ke gawang Kazakhstan dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Brusells. (JOHN THYS / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Belgia menjadi salah satu peserta yang akan mentas di Piala Dunia 2022 di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember mendatang.

Sebetulnya Belgia selalu masuk ke dalam daftar tim unggulan dalam beberapa edisi terakhir Piala Dunia karena mereka dianggap sedang berada di fase generasi emas.

Ya, keberadaan pemain-pemain top dunia asal Belgia adalah alasannya. Tengok saja skuad Belgia, ada Kevin De Bruyne hingga Romelu Lukaku.

Belgia juga bahkan sempat menduduki peringkat pertama FIFA untuk waktu yang lama. Tetapi, nasib Belgia seolah tak secemerlang para pemainnya, mereka kerap jadi pesakitan di turnamen besar.

Kini generasi-generasi emas Timnas Belgia berpacu dengan waktu dan bisa jadi Piala Dunia 2022 adalah kesempatan terakhir mereka untuk meraih hal yang besar.

Perjalanan Kualifikasi dan Prestasi

Perjalanan Belgia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona UEFA berjalan mulus. Mereka menjadi pemuncak klasemen Grup E dengan 20 poin.

Dari delapan pertandingan, Belgia tidak pernah kalah dengan meraih 6 kemenangan dan 2 kali imbang. Mereka juga memasukkan 25 gol dan cuma kebobolan 6 gol.

Di Piala Dunia 2022 nanti, Belgia tergabung di Grup F bersama Kanada, Maroko, dan Kroasia. Jika menilik kekuatan masing-masing, Belgia jadi unggulan untuk jadi juara grup.

Pada dua edisi Piala Dunia terakhir, Belgia selalu bisa lolos dari fase grup. De Rode Duivels mampu melangkah hingga perempat final pada edisi 2014 di Brasil, lalu menempati peringkat ketiga pada Piala Dunia 2018 di Rusia. 

Adapun, secara keseluruhan, ini menjadi kali ke-13 Belgia lolos ke babak final Piala Dunia. Prestasi terbaik mereka adalah menjadi peringkat ketiga di Piala Dunia 2018.

Pelatih dan Pemain Kunci

Untuk Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Belgia masih akan dilatih oleh Roberto Martinez. Pelatih asal Spanyol itu sudah menukangi Belgia sejak 2016.

Selama menukangi Belgia, Martinez sebetulnya punya rapor yang bagus. Dari 74 laga, Belgia menang 54 kali, imbang 12 kali, dan cuma kalah 8 kali.

Sayang, catatan impresif itu belum bisa berbuah trofi juara untuk Timnas Belgia. Roberto Martinez dipastikan bakal berupaya keras agar Belgia bisa menjadi kampiun di Piala Dunia kali ini.

Selain ramuan taktik dari Martinez, Belgia juga bakal bergantung pada pemain-pemain kunci. Di antaranya ada Kevin De Bruyne yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

De Bruyne diharapkan bisa menjadi jenderal lapangan tengah Belgia yang cemerlang. Di lini depan, Belgia masih akan bergantung pada Romelu Lukaku.

Pemain yang kini dipinjamkan ke Inter Milan itu merupakan top skor Belgia sepanjang masa dengan 68 gol. Di lini belakang, Belgia juga punya salah satu kiper terbaik dunia, Thibaut Courtois.

Daftar Pemain Belgia:

Kiper

Thibaut Courtois

Matz Sels

Simon Mignolet

Koen Casteels

Bek

Toby Alderweireld

Arthur Theate

Brandon Mechele

Jan Vertonghen

Thomas Foket

Timothy Castagne

Wout Faes

Gelandang

Axel Witsel

Dennis Praet

Youri Tielemans

Eden Hazard

Thorgan Hazard

Leandro Trossard

Adnan Januzaj

Leander Dendoncker

Hans Vanaken

Alexis Saelmaekers

Striker

Loïs Openda

Charles De Ketelaere

Dries Mertens

Michy Batshuayi

Romelu Lukaku

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak