Boladunia

Profil Belgia di Piala Dunia 2022: Kesempatan Terakhir Generasi Emas

Ini akan menjadi kesempatan emas terakhir Belgia era Kevin De Bruyne di Piala Dunia

Irwan Febri Rialdi

Pemain Belgia Dries Mertens (tengah) merayakan gol ke gawang Kazakhstan dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Brusells. (JOHN THYS / AFP)
Pemain Belgia Dries Mertens (tengah) merayakan gol ke gawang Kazakhstan dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Brusells. (JOHN THYS / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Belgia menjadi salah satu peserta yang akan mentas di Piala Dunia 2022 di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember mendatang.

Sebetulnya Belgia selalu masuk ke dalam daftar tim unggulan dalam beberapa edisi terakhir Piala Dunia karena mereka dianggap sedang berada di fase generasi emas.

Ya, keberadaan pemain-pemain top dunia asal Belgia adalah alasannya. Tengok saja skuad Belgia, ada Kevin De Bruyne hingga Romelu Lukaku.

Belgia juga bahkan sempat menduduki peringkat pertama FIFA untuk waktu yang lama. Tetapi, nasib Belgia seolah tak secemerlang para pemainnya, mereka kerap jadi pesakitan di turnamen besar.

Kini generasi-generasi emas Timnas Belgia berpacu dengan waktu dan bisa jadi Piala Dunia 2022 adalah kesempatan terakhir mereka untuk meraih hal yang besar.

Perjalanan Kualifikasi dan Prestasi

Perjalanan Belgia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona UEFA berjalan mulus. Mereka menjadi pemuncak klasemen Grup E dengan 20 poin.

Dari delapan pertandingan, Belgia tidak pernah kalah dengan meraih 6 kemenangan dan 2 kali imbang. Mereka juga memasukkan 25 gol dan cuma kebobolan 6 gol.

Di Piala Dunia 2022 nanti, Belgia tergabung di Grup F bersama Kanada, Maroko, dan Kroasia. Jika menilik kekuatan masing-masing, Belgia jadi unggulan untuk jadi juara grup.

Pada dua edisi Piala Dunia terakhir, Belgia selalu bisa lolos dari fase grup. De Rode Duivels mampu melangkah hingga perempat final pada edisi 2014 di Brasil, lalu menempati peringkat ketiga pada Piala Dunia 2018 di Rusia. 

Adapun, secara keseluruhan, ini menjadi kali ke-13 Belgia lolos ke babak final Piala Dunia. Prestasi terbaik mereka adalah menjadi peringkat ketiga di Piala Dunia 2018.

Pelatih dan Pemain Kunci

Untuk Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Belgia masih akan dilatih oleh Roberto Martinez. Pelatih asal Spanyol itu sudah menukangi Belgia sejak 2016.

Selama menukangi Belgia, Martinez sebetulnya punya rapor yang bagus. Dari 74 laga, Belgia menang 54 kali, imbang 12 kali, dan cuma kalah 8 kali.

Sayang, catatan impresif itu belum bisa berbuah trofi juara untuk Timnas Belgia. Roberto Martinez dipastikan bakal berupaya keras agar Belgia bisa menjadi kampiun di Piala Dunia kali ini.

Selain ramuan taktik dari Martinez, Belgia juga bakal bergantung pada pemain-pemain kunci. Di antaranya ada Kevin De Bruyne yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

De Bruyne diharapkan bisa menjadi jenderal lapangan tengah Belgia yang cemerlang. Di lini depan, Belgia masih akan bergantung pada Romelu Lukaku.

Pemain yang kini dipinjamkan ke Inter Milan itu merupakan top skor Belgia sepanjang masa dengan 68 gol. Di lini belakang, Belgia juga punya salah satu kiper terbaik dunia, Thibaut Courtois.

Daftar Pemain Belgia:

Kiper

Thibaut Courtois

Matz Sels

Simon Mignolet

Koen Casteels

Bek

Toby Alderweireld

Arthur Theate

Brandon Mechele

Jan Vertonghen

Thomas Foket

Timothy Castagne

Wout Faes

Gelandang

Axel Witsel

Dennis Praet

Youri Tielemans

Eden Hazard

Thorgan Hazard

Leandro Trossard

Adnan Januzaj

Leander Dendoncker

Hans Vanaken

Alexis Saelmaekers

Striker

Loïs Openda

Charles De Ketelaere

Dries Mertens

Michy Batshuayi

Romelu Lukaku

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini