Boladunia

Profil Timnas Qatar di Piala Dunia 2022, Jadi Satu-satunya Tim Debutan

Mengenal lebih jauh Timnas Qatar yang jadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)
Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Timnas Qatar jelang bergulirnya gelaran Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung dalam hitungan bulan saja.

Timnas Qatar merupakan salah satu dari 32 tim yang akan berpartisipasi di ajang Piala Dunia 2022 mendatang.

Berbeda dengan 31 tim lainnya, Timnas Qatar mampu mencapai putaran final karena berstatus tuan rumah penyelenggaraan.

Negara yang ada di kawasan Timur Tengah ini terpilih menjadi tuan rumah usai mendapat suara terbanyak dalam pemungutan suara yang dilakukan Anggota Eksekutif FIFA pada Piala Dunia 2010.

Terpilihnya Qatar menjadi tuan rumah pun merupakan sebuah sejarah, mengingat untuk pertama kalinya negara Timur Tengah akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Di sisi lain, Qatar menjadi negara Asia ketiga yang berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia, setelah Jepang dan Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 lalu silam.

Uai terpilih menjadi tuan rumah, Qatar pun untuk pertama kalinya akan tampil di Piala Dunia. Sebelumnya, tim berjuluk The Maroons ini tak pernah tampil di ajang empat tahunan itu.

Sekalipun pernah berpartisipasi di Piala Dunia, Qatar saat itu belumlah sebuah negara merdeka, melainkan bagian dari Kerajaan Inggris.

Lantas seperti apa kiprah Qatar jelang bergulirnya Piala Dunia 2022? Bagaimana dengan pemain, pelatih serta bintang-bintangnya pada ajang tersebut? Berikut rangkumannya.

Kiprah Qatar di Piala Dunia

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, Qatar baru akan menjalani kiprahnya di Piala Dunia pertama kali pada edisi 2022 ini.

Keberhasilan Qatar tampil di Piala Dunia 2022 tak lepas dari statusnya sebagai tuan rumah penyelenggaraan, sejak terpilih lewat voting pada Piala Dunia 2010 silam.

Terhitung sejak lepas dari Kerajaan Inggris, Qatar selalu kesulitan menembus panggung Piala Dunia. Langkah The Maroons sendiri lebih banyak terhenti di babak kualifikasi.

Dari total 108 penampilan di babak Kualifikasi Piala Dunia, Qatar gagal lolos ke putaran final kendati memiliki catatan 50 kemenangan, 22 hasil imbang, dan 36 kekalahan dengan catatan memasukkan 178 gol dan kebobolan 110 gol.

3 Pemain Kunci

Dalam partisipasi perdananya di Piala Dunia, Qatar akan memanggil para pemain terbaiknya saat ini, terutama yang berkiprah di Qatar Stars League.

Dari sederet pemain yang ada, Qatar memiliki 3 pemain kunci yang akan menjadi andalan di Piala Dunia 2022 kelak. Tiga pemain tersebut adalah Almoez Ali, Hassan Al-Haydos, Karim Boudiaf.

Almoez Ali merupakan bintang utama Timnas Qatar. Ia merupakan pemain yang pernah mendapat predikat terbaik di ajang Piala Asia 2019 silam.

Selain itu, ia berstatus top skor ketiga sepanjang masa Qatar dengan torehan 39 gol hanya dari 74 penampilan. Rasio golnya lebih rendah dari dua nama di atasnya seperti Mansour Muftah dan Mubarak Mustafa.

Selain Almoez Ali, ada pula nama Hassan Al-Haydous yang menjabat sebagai kapten dan telah mengoleksi 163 penampilan dan ditambah dengan Karim Boudiaf yang berposisi gelandang dan telah mengoleksi 104 penampilan.

Pelatih: Felix Sanchez

Untuk Piala Dunia 2022 nanti, Qatar akan dipimpin oleh pelatih asal Spanyol, Felix Sanchez. Ia sendiri merupakan mantan pelatih tim muda Barcelona.

Felix Sanchez menjabat sebagai pelatih Qatar pada terhitung sejak 2013 silam, kala dirinya menukangi tim U-19, hingga kini berlanjut ke tim senior.

Di tangannya, Qatar mampu meraih gelar bergengsi, yakni gelar juara Piala Asia U-19 pada 2014 dan gelar juara Piala Asia pada 2019.

Daftar Pemain (per 6 Desember 2021 pasca FIFA Arab Cup)

Kiper:

Saad Al Sheeb
Yousef Hassan
Meshaal Barsham

Bek:

Ro-Ro
Abdelkarim Hassan
Tarek Salman
Musab Kheder
Homam Ahmed
Bassam Al-Rawi
Boualem Khoukhi

Gelandang:

Abdulaziz Hatem
Mohammed Waad
Ali Assadalla
Karim Boudiaf
Abdullah Al-Ahrak
Assim Madibo

Penyerang:

Akram Afif
Ahmed Alaaeldin
Mohammed Muntari
Hassan Al-Haydos
Ismaeel Mohammad
Khalid Muneer
Almoez Ali

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini