Boladunia

Daftar Pelatih Top yang Tak Pernah Rasakan Sakit Hati Gara-gara Dipecat

Ini daftar pelatih yang tak pernah dipecat.

Rauhanda Riyantama

Girangnya Jurgen Klopp bawa Liverpool lumat Bournemouth 3-0. (ADRIAN DENNIS / AFP)
Girangnya Jurgen Klopp bawa Liverpool lumat Bournemouth 3-0. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih top yang tak pernah merasakan sakitnya pemecatan dalam karier kepelatihannya selama ini.

Dalam dunia sepak bola, pekerjaan terberat dimiliki oleh seorang pelatih. Pasalnya, perkembangan atau permainan tim itu tergantung kinerja pelatih.

Maka tak mengherankan, saat satu tim menampilkan permainan dan mendapat hasil yang buruk, pelatih yang menukangi tim itu menjadi sorotan.

Pelatih sekaliber Jose Mourinho yang bergelimang gelar pun, kerap merasakan pemecatan dalam kariernya kepelatihannya.

Tercatat, ia beberapa kali mengalami pemecatan, di mana pemecatan terbanyak ia dapatkan selama menukangi tim-tim Inggris.

Saat menukangi tim-tim Inggris, Mourinho pernah dipecat oleh Chelsea sebanyak dua kali, yakni pada tahun 2007 dan tahun 2015.

Setelah menukangi Chelsea, Mourinho mencoba peruntungan di Manchester United, di mana ia juga dipecat pada tahun 2018.

Lalu Mourinho mencoba peruntungan di Tottenham Hotspur, di mana pelatih berjuluk The Special One ini juga menerima pemecatan.

Pemecatan yang dirasakan Mourinho ini membuatnya sebagai salah satu pelatih top yang pernah merasakan pemecatan berkali-kali.

Meski jabatan pelatih identik dengan pemecatan, ada beberapa pelatih top yang ternyata belum pernah merasakan pemecatan sama sekali.

Kira-kira, siapa saja pelatih tersebut? Berikut daftarnya.

1.  Pep Guardiola

Pep Guardiola saat memimpin Manchester City melawan Dinamo Zagreb dalam laga Grup C Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)
Pep Guardiola saat memimpin Manchester City melawan Dinamo Zagreb dalam laga Grup C Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)

Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih yang sarat akan prestasi. Dirinya mampu membawa tim yang dilatihnya meraih gelar di kancah domestik dan kontinental.

Dalam karier kepelatihannya sejak 2008, Guardiola belum pernah merasakan sekalipun pemecatan, kendati dirinya pernah meninggalkan Barcelona dan Bayern Munchen.

2. Jurgen Klopp

Pelatih Liverpool saat ini, Jurgen Klopp juga belum pernah merasakan pemecatan dalam kariernya, kendati dirinya pernah membawa Mainz 05 degradasi.

Selama karier kepelatihannya, Klopp tak pernah dipecat dan lebih banyak mengundurkan diri dari klub-klub yang ia latih. Terakhir, ia mengundurkan diri dari Borussia Dortmund, sebelum bergabung Liverpool.

3. Zinedine Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)

Pelatih yang pernah menjuarai Liga Champions secara Hattrick, Zinedine Zidane juga tak pernah merasakan pemecatan, meski dirinya telah dua kali meninggalkan Real Madrid.

Kala meninggalkan Real Madrid pada 2018, Zidane memilih mengundurkan diri. Pun saat dirinya meninggalkan Los Blancos pada 2022 karena memilih mengundurkan diri.

4. Didier Deschamps

Kompatriot Zidane, Didier Deschamps, juga tak pernah merasakan pemecatan meski dirinya telah menukangi empat tim berbeda dalam kariernya.

Karier kepelatihannya bermula di AS Monaco, di mana ia membawa tim tersebut ke final Liga Champions. Setelahnya ia menukangi Juventus, Marseille, dan kini Timnas Prancis.

5. Luis Enrique

Luis Enrique (Sumber: EuroSport)
Luis Enrique (Sumber: EuroSport)

Rekan setim Guardiola semasa bermain, Luis Enrique, juga tak pernah merasakan pemecatan meski melatih banyak tim sejak melatih pada 2008 silam.

Selama kariernya, Enrique telah menukangi AS Roma, Barcelona, Celta Vigo dan Timnas Spanyol, di mana ia tak pernah mendapat surat pemecatan dalam kariernya.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini