Boladunia

Profil Pipob Onmo, Pelatih Thailand U-16 yang Jago Bahasa Indonesia

Pelatih Thailand U-16, Pipob Onmo diketahui jago bahasa Indonesia gara-gara ini.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Thailand U-16, Pipob Onmo. (Instagram/fathailandofficial)
Pelatih Timnas Thailand U-16, Pipob Onmo. (Instagram/fathailandofficial)

Bolatimes.com - Mengenal Pipob Onmo, pelatih Thailand U-16 di Piala AFF U-16 2022 ini yang ternyata fasih dalam menggunakan Bahasa Indonesia.

Gelaran Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung di Indonesia ini menghadirkan beragam sisi unik yang hadir di dalamnya.

Sebagai contoh adalah kehadiran nama-nama beken di jagat sepak bola pada sosok pemain-pemain yang berkiprah di dalamnya.

Di Piala AFF U-16 2022 ini, terdapat nama-nama legenda sepak bola seperti Arkhan Kaka yang merujuk pada Ricardo Kaka, Figo Denis yang merujuk pada Luis Figo, dan Femas Crespo yang merujuk pada Hernan Crespo.

Selain nama-nama legenda sepak bola yang ada di ajang ini, Piala AFF U-16 2022 juga memiliki sisi unik dari kalangan pelatih.

Salah satunya adalah Pipob Onmo yang diketahui merupakan juru taktik Thailand U-16 untuk ajang antar pemain muda se Asia Tenggara tersebut.

Sekilas tidak ada yang unik darinya. Namun keunikan lahir saat dirinya menghadiri sesi wawancara bersama pewarta nasional.

Pipob Onmo yang ditanyai dengan bahasa Inggris, malah memberikan jawaban ke para pewarta menggunakan Bahasa Indonesia.

Lantas, siapakah sosok Pipob Onmo ini? Mengapa dirinya yang notabene orang Thailand asli, justru bisa menggunakan Bahasa Indonesia?

Kiprah Pipob Onmo

Pipob Onmo merupakan pelatih Thailand U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022. Ia merupakan mantan penggawa Gajah Perang yang lahir pada 28 April 1979.

Sebelum menjadi pelatih, Pipob Onmo merupakan mantan pesepak bola profesional. Kariernya di kancah sepak bola bermula di awal 2000 an.

Ia yang berposisi penyerang, memulai kariernya di BEC Tero Sasana, sebelum akhirnya bermain bagi Chonburi dan menghabiskan kariernya di sana.

Dalam karier sepak bolanya, diketahui Pipob Onmo pernah berkarier di Indonesia, di mana ia pernah membela Persisam Putra Samarinda di awal tahun 2000 an.

Hal ini diketahui dari pengakuannya sendiri saat memimpin Thailand U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022 di Indonesia.

Maka tak mengherankan jika Pipob Onmo bisa menggunakan Bahasa Indonesia saat menjawab pertanyaan para pewarta.

Karier sepak bola Pipob Onmo sendiri bertahan hingga 2018, sebelum akhirnya dirinya memutuskan gantung sepatu.

Tercatat dalam kariernya, Pipob Onmo pernah membela Timnas Thailand baik di kelompok umur, maupun di tim senior.

Sedangkan untuk karier kepelatihannya, Pipob Onmo mengawali karier kepelatihan dengan menjabat sebagai asisten pelatih Chonburi FC pada 2019 hingga 2021.

Setelahnya, ia ditunjuk FA Thailand untuk memimpin Thailand U-16 di Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung di Indonesia.

Namun kiprahnya bersama Thailand U-16 di Piala AFF U-16 2022 tak cukup apik. Sebab, Thailand tengah terseok-seok di grup B.

Tergabung bersama Timor Leste, Laos dan Brunei, Thailand U-16 baru mengoleksi 4 poin dari dua pertandingan.

Koleksi poin itu sama dengan Timor Leste. Hanya saja, selisih gol yang berbeda jauh membuat Thailand U-16 duduk di peringkat kedua.

Alhasil, Pipob Onmo harus membawa Thailand U-16 menang di laga terakhir kontra Timor Leste untuk bisa mengunci satu tiket ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini