Profil Kim Min-jae, Bek Anyar Napoli Asal Korsel yang Pernah Main di Indonesia

Kim Min-jae tercatat pernah main di Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 30 Juli 2022 | 21:00 WIB
Bek baru Napoli, Kim Min-jae. (Twitter)

Bek baru Napoli, Kim Min-jae. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Kim Min-jae, rekrutan anyar Napoli asal Korea Selatan yang ternyata pernah bermain di Indonesia.

Klub asal Italia, Napoli, belum lama ini mendatangkan bek anyar pada diri Kim Min-jae. Bek asal Korea Selatan itu didatangkan dari klub Turki, Fenerbahce.

Demi memboyong bek berusia 25 tahun itu, Napoli rela menggelontorkan dana cukup besar, yakni 19,5 juta euro atau setara Rp295 miliar.

Baca Juga: Daftar Juara Terbanyak Comunity Shield, Mampukah Liverpool Akhiri Puasa Gelar Kali Ini?

Kim Min-jae sendiri didatangkan Napoli sebagai jawaban atas perginya bek andalannya, Kalidou Koulibaly di musim panas ini.

Koulibaly memutuskan angkat kaki dari Naples dan bergabung Chelsea dengan mahar mencapai 40 juta euro atau setara Rp606 miliar.

Kedatangan Kim Min-jae untuk menggantikan perginya Koulibaly pun membuat pendukung Napoli mengernyitkan dahi.

Baca Juga: Link Live Streaming Persib Bandung vs Madura United di Liga 1 2022, Kick Off 16.00 WIB

Apalagi kiprahnya Kim Min-jae tak begitu mentereng, di mana ia hanya memiliki pengalaman bermain di Fenerbahce dan Korea Selatan saja, alias tak punya pengalaman di liga top Eropa.

Meski begitu Napoli yakin dengan kemampuannya. Apalagi Kim Min-jae juga pernah dilirik Juventus dan juga Inter Milan.

Lantas, siapakah sosok asli Kim Min-jae tersebut? Dan bagaimana kiprahnya, sehingga dirinya direkrut oleh Napoli?

Baca Juga: Bantah Hengkang, Ronaldo Konfirmasi Tampil saat Laga Manchester United vs Rayo Vallecano

Pernah Main di Indonesia

Kim Min-jae merupakan bek tengah kelahiran Tongyeong, Korea Selatan, pada 15 November 1996 atau 25 tahun silam.

Sebagai bek tengah, Kim Min-jae diberkahi dengan postur tubuh mumpuni, yakni 190 cm. Selain itu, ia dikenal sebagai bek yang cepat dan juga lugas.

Baca Juga: Shayne Pattynama Starter, Bawa Viking FK Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Liga Konferensi

Kiprah Kim Min-jae di sepak bola bermula di level sekolah kampung halamannya. Bahkan demi menggeluti sepak bola, ia sempat memutuskan berhenti menempuh pendidikan di level universitas.

Usai memilih sepak bola, Kim Min-jae bergabung klub semi-profesional bernama Gyeongju KHNP di tahun 2016. Dalam waktu singkat, dirinya menarik atensi tim papan atas sekelas Jeonbuk Hyundai Motors.

Di akhir tahun 2016, dirinya pun direkrut Jeonbuk Hyundai. Siapa sangka, di awal kariernya di klub itu, Kim Min-jae langsung jadi andalan.

Performa apiknya lantas membuat tim China, Beijing Guoan, mendaratkannya di awal tahun 2019. Dari tim inilah, bakat Kim Min-jae menarik atensi klub-klub Eropa.

Usai 1,5 tahun berkarier di China, raksasa Turki, Fenerbahce, menjemput Kim Min-jae. Lagi-lagi dirinya langsung menjadi andalan di lini pertahanan klub barunya itu.

Di musim perdananya di Turki yakni musim 2021/2022, Kim Min-jae menancapkan diri sebagai salah satu bek terbaik. Dirinya bahkan masuk dalam Starting XI terbaik Super Lig atau kasta teratas sepak bola Turki.

Penampilan di Turki inilah yang membuat Napoli kesengsem dan kemudian rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memboyong Kim Min-jae di musim panas 2022.

Sedangkan di level internasional, Kim Min-jae telah masuk Timnas Korea Selatan pada 2017 silam, saat dirinya dipanggil untuk mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Usai melakoni debut pada 31 Agustus 2017, Kim Min-jae mampu membawa Korea Selatan lolos ke Piala Dunia 2018. Nahasnya, ia tak bisa tampil di event terakbar itu akibat cedera.

Gagal tampil di Piala Dunia 2018, Kim Min-jae tak begitu saja bersedih. Sebab, dirinya dibawa oleh Timnas Korea Selatan ke Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia.

Di Asian Games 2018, Kim Min-jae bersama Son Heung-min mampu membawa negaranya meraih medali emas di cabor sepak bola putra.

Keberhasilan ini pun membuat Kim Min-jae mendapat keringanan dalam menjalani wajib militer, yakni hanya beberapa minggu saja.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak