Boladunia

5 Negara EAFF dengan Ranking di Bawah Timnas Indonesia

Berikut 5 negara anggota EAFF yang ranking FIFA-nya di bawah Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama

Potret pemain Timnas Taiwan. (Dok. ctfa.com.tw)
Potret pemain Timnas Taiwan. (Dok. ctfa.com.tw)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia didorong untuk keluar dari AFF atau Induk Sepak Bola se-Asia Tenggara. Hal ini diawali dari kontroversi di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 gagal menembus babak semifinal, kendati bermain apik sepanjang turnamen. Banyak pihak yang menganggap Indonesia 'dipermainkan' regulasi AFF.

Skuad Garuda Nusantara mampu mengoleksi 11 poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand, serta mampu unggul selisih gol atas kedua negara tersebut di klasemen grup A.

Kendati unggul gol dan punya poin yang sama, Timnas Indonesia U-19 tak mampu lolos karena kalah Head to Head dari Vietnam dan Thailand.

Hal tersebut membuat pendukung Timnas Indonesia pun murka akibat regulasi usang itu dan meminta PSSI untuk keluar dari AFF. Desakan ini muncul dari banyaknya komentar di unggahan PSSI usai Timnas Indonesia ‘terkesan’ dicurangi oleh regulasi AFF.

Bahkan adanya desakan ini dibarengi oleh anjuran agar PSSI mau bergabung dengan EAFF atau Federasi Sepak Bola Asia Timur.

EAFF dianggap sebagai federasi yang tepat bagi perkembangan Timnas Indonesia karena dihuni tim-tim sekelas Jepang, Korea Selatan, China dan Korea Utara yang merupakan langganan Piala Dunia.

Andai bergabung dengan EAFF, Timnas Indonesia pun akan mengikuti EAFF Football Championship yang merupakan ajang tahunan di federasi tersebut.

Menyoal peringkat, banyak negara-negara di Asia Timur yang diakui kualitasnya. Jepang kini menempati peringkat 24 dunia, Korea Selatan (28), China (78), Korea Utara (112) dan Hong Kong (145).

Namun, nyatanya ada beberapa negara yang peringkatnya berada di bawah Indonesia. Siapa saja? Berikut ulasannya!

1. Guam

Guam tercatat kini menempati peringkat ke-205 di FIFA. Tapi, tidak disangka kalau Guam pernah berada di peringkat 146 dunia pada 2015 silam.

Namun, setelah meraih hasil apik di periode itu, Guam kembali kesulitan meraih hasil maksimal hingga tercecer keluar 100 besar FIFA.

2. Mongolia

Negara yang perbatasannya dekat dengan Rusia ini menempati peringkat 184 dunia. Posisi mereka membaik usai mengalahkan Yaman di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Posisi terbaik Mongolia sejauh ini adalah menempati peringkat 160 dunia pada 2011 silam.

3. Makau

Makau kini menempati posisi 182 dunia. Makau tercatat terakhir kali melawan Indonesia pada 2012 silam, saat itu skuad Garuda menang 2-1.

Adapun, posisi terbaik Makau di ranking FIFA adalah peringkat 156 dunia pada September 1997 silam.

4. Taiwan

Taiwan menjadi negara yang belakangan ini tidak asing buat publik sepak bola Indonesia. Ya, pada tahun lalu Indonesia berhasil menyingkirkan Taiwan pada playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kini Taiwan menempati peringkat 157 dunia, sedangkan Indonesia berada di peringkat 155.

5. Kepulauan Mariana Utara

Saat ini Kepulauan Mariana Utara belum memiliki ranking FIFA karena belum tergabung sebagai anggota Federasi Sepak Bola Dunia tersebut.

Sejauh ini Kepulauan Mariana Utara baru terdaftar sebagai anggota EAFF pada 2008 dan menjadi anggota AFC pada 2009.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini