Boladunia

Sombong, Vietnam Pede Lolos Mudah Andai Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Timnas Vietnam diakui lebih unggul.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Aksi Witan Sulaeman saat Indonesia menghadapi Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)
Aksi Witan Sulaeman saat Indonesia menghadapi Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam diklaim bisa lolos mudah andai satu grup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Hal itu diungkap oleh Media Vietnam.

Skema Timnas Indonesia segrup dengan Vietnam memang bisa terjadi. Syaratnya Tawaran PSSI untuk menjadi tuan rumah di Piala Asia 2023 diterima oleh pihak AFC.

Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi calon tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI akan bersaing dengan Australia, Korea Selatan, dan Qatar.

Nah, jika Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, maka skuad Garuda otomatis akan masuk ke pot 1. Di sisi lain, Vietnam yang kini berada di urutan terakhir pot 2 bakal tergeser.

Tim yang diasuh oleh Park Hang-seo bakal tergeser ke pot 3. Vietnam bisa dirugikan karena berpotensi menghadapi negara kuat lainnya.

Kendati begitu, media Vietnam mengatakan jika mereka beruntung, maka akan bertemu timnas Indonesia. Andai bertemu anak asuh Shin Tae-yong di fase grup, Golden Star Warriors dikatakan bisa lolos dengan mudah.

Pasalnya media Vietnam tampak memandang remeh skuad Garuda. Menurut mereka, hanya lawan di pot 2 yang berpotensi menyulitkan anak asuh Park Hang-seo.

"Jika pembagian tidak mengikat regional, Vietnam bisa diuntungkan. Jika beruntung, kami berada di grup yang sama dengan Indonesia," tulis laporan bongda.com.

"Dengan perwakilan yang lebih lemah di pot 4, peluang Golden Star Warriors untuk maju ke babak penyisihan cukup cerah. Kami sering menang melawan tim Garuda dan para pesaing lain dari Asia Tenggara," imbuhnya.

Adapun AFC sendiri bakal mengumumkan negara mana yang akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober 2022 mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini