Boladunia

Mengenal Zidane Iqbal, Pemain yang Dikira Keturunan Indonesia Sukses Tampil Impresif di Tur Pramusim Manchester United

Zidane Iqbal tercatat tampil di dua laga saat Manchester United kalahkan Liverpool dan Melbourne Victory.

Rauhanda Riyantama

Zidane Iqbal saat tampil bersama Manchester United di laga pramusim. (AFP)
Zidane Iqbal saat tampil bersama Manchester United di laga pramusim. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal Zidane Iqbal, pemain muda keturunan Irak yang mampu mencuri perhatian di tur pramusim Manchester United sejauh ini.

Momen pramusim biasanya digunakan oleh klub-klub Eropa sebagai ajang untuk mencoba para pemain muda. Hal ini pun dilakukan Manchester United bersama arsitek barunya, Erik ten Hag.

Dalam dua laga pramusim yang telah dilakoni Man United, Ten Hag selaku pelatih terbilang kerap menurunkan para pemain muda.

Para pemain muda ini diberikan kesempatan oleh eks pelatih Ajax Amsterdam itu saat menghadapi Liverpool di Thailand dan Melbourne Victory di Australia.

Dari sekian banyak pemain muda yang diturunkan, ada satu nama yang menonjol dan mencuri perhatian. Sosok itu adalah Zidane Iqbal.

Zidane Iqbal kerap diturunkan Ten Hag di ajang pramusim Man United ini yakni kala melawan Liverpool dan Melbourne Victory.

Di laga duel Melbourne Victory, Zidane Iqbal bahkan mampu mencuri perhatian dengan aksi individu menawan yang membuat pendukung Man United berdecak kagum.

Karenanya, Zidane Iqbal pun digadang-gadang akan masuk skuat utama Man United di musim depan dan juga akan menjadi tulang punggung The Red Devils di masa depan.

Lantas, siapakah sosok Zidane Iqbal tersebut?

Pernah Dikira Pemain Keturunan Indonesia

Zidane Iqbal merupakan pemain keturunan Irak yang lahir di Manchester, Inggris. Ia lahir pada 27 April 2003 atau baru berusia 19 tahun.

Ia lahir dari keluarga multi-ras yakni ayah asal Pakistan dan ibu asal Irak. Jadi, ia bisa membela dua negara tersebut dan juga membela Timnas Inggris di kemudian hari.

Namun pada akhirnya, Zidane Iqbal memilih membela negara asal sang ibu, Irak, dan telah melakukan debutnya pada Januari 2022 lalu.

Nama Zidane Iqbal sendiri sempat melejit pada 2019 lalu, terutama di kalangan penikmat sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, ia disangka sebagai pemain keturunan Indonesia karena nama yang dimilikinya itu berdasarkan sebuah laporan di situs database pemain sepak bola.

Namun rumor ini kemudian langsung dibantah oleh Zidane Iqbal sendiri yang mengaku bahwa dirinya tak punya darah Indonesia sama sekali.

Terlepas dari hal tersebut, Zidane Iqbal sejatinya sudah dikenal oleh pendukung Man United sejak lama, jauh sebelum pramusim di tahun 2022 ini.

Hal ini lantaran dirinya merupakan produk akademi Man United, di mana ia bergabung klub yang bermarkas di Old Trafford itu pada usia 9 tahun.

Sejak saat itu, dirinya berhasil naik kelas dan berhasil meraih kontrak profesionalnya bersama Man United pada tahun 2021 lalu.

Usai mendapat kontrak profesional, Zidane Iqbal pun diganjar debut profesional bersama Man United, yakni kala masuk sebagai pemain pengganti di ajang Liga Champions 2021/2022 melawan Young Boys.

Kiprahnya ini membuatnya kemudian digadang-gadang akan menjadi penerus Paul Pogba, mengingat posisi yang dimainkannya sama dengan pemain berkebangsaan Prancis itu, yakni sebagai gelandang Box to Box atau pemain bernomor 10.

Kiprahnya bersama Man United itu lantas membawa Zidane Iqbal dipanggil ke tim nasional Irak, di mana pemanggilan pertama didapatkannya pada Juni 2021.

Zidane Iqbal dipanggil Irak untuk membela tim U-20 yang berlaga di Piala Arab U-20. Namun, Man United secara tegas menolaknya.

Beberapa bulan kemudian, Zidane Iqbal dipanggil kembali oleh Irak untuk membela tim U-23, di mana ia berhasil melakoni debut pada 4 September 2021.

Tak butuh waktu lama, Zidane Iqbal kemudian dipanggil ke tim senior Irak pada Januari 2022 di Kualifikasi Piala Dunia 2022, di mana ia membuat debut profesional bagi negara sang ibu saat melawan Iran.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini