Boladunia

6 Rekor Piala Dunia yang Hingga Kini Belum Terpecahkan

Berikut 6 rekor di Piala Dunia yang belum terpecahka hingga saat ini.

Rauhanda Riyantama

Skuat Timnas Brasil
Skuat Timnas Brasil

Bolatimes.com - Hanya dalam hitungan bulan lagi, Piala Dunia 2022 Qatar segera digelar dengan membuka sejumlah rekor sepanjang sejarah turnamen dimulai hingga saat ini belum bisa terpecahkan sampai saat ini.

Meski digelar sepanjang empat tahun sekali, Piala Dunia menjadi salah satu ajang yang paling ditunggu-tunggu penggemar sepak bola dan para pemainnya.

Siapa yang tak ingin mencetak rekor penting di ajang ini? rekor baru bisa saja tercipta dengan mudah, namun banyak juga rekor masa lalu yang belum terpecahkan sampai saat ini.

Lantas apa saja rekor Piala Dunia yang masih belum terpecahkan itu? berikut ini daftar dari beberapa rekor yang masih terjaga kesuciannya.

1. Pelatih Termuda

Pelatih Timnas Argentina, Juan Jose Tramutola (paling kanan) saat tampil di Piala Dunia 1930. (Twitter)
Pelatih Timnas Argentina, Juan Jose Tramutola (paling kanan) saat tampil di Piala Dunia 1930. (Twitter)

Rekor pertama Piala Dunia yang masih terjaga sampai saat ini adalah munculnya pelatih termuda, atas nama Juan Jose Tramutola.

Pelatih timnas Argentina yang saat itu berlaga di Piala Dunia 1930, Tranmutola menjadi perbincangan banyak orang.

Bukan tanpa alasan mengapa, Tranmutola yang sudah menukangi Argentina saat itu masih berusia 27 tahun 267 hari.

2. Juara Brasil

Torehan gelar juara yang dimiliki Brasil di Piala Dunia hingga saat ini belum ada yang mampu mengalahkan, atau bahkan menyamainya saja.

Brasil mengoleksi lima trofi Piala Dunia, mulai dari edisi 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002, hanya Jerman dan Italia yang mampu mendekati.

Meski belum bisa menyamai, Jerman dan Italia berhasil mengoleksi empat trofi Piala Dunia hingga saat ini.

3. Kemenangan Brasil

Striker Brasil, Ronaldo merayakan gol ke gawang Belgia di babak 16 besar Piala Dunia 2002. (AFP/Odd Andersen)
Striker Brasil, Ronaldo merayakan gol ke gawang Belgia di babak 16 besar Piala Dunia 2002. (AFP/Odd Andersen)

Rekor Brasil tak hanya pada raihan gelar juara, tetapi juga catatan kemenangan yang mereka raih sepanjang digelarnya Piala Dunia.

Brasil pernah menorehkan 11 kemenangan beruntun di Piala Dunia 2002 hingga 2006, rekor mereka terhenti di tangan Prancis.

Di mana saat itu, Prancis sukses membuat Brasil menelan kekalahan pertama sejak 2002 di babak perempat final Piala Dunia 2006.

4. Rekor Gol

Rekor gol Piala Dunia saat ini masih dalam genggaman Oleg Salenko, bersama timnas Rusia yang mampu mencetak 5 gol dalam satu laga di Piala Dunia 1994 melawan Kamerun.

Sementara itu, gol tercepat dicetak oleh Hakan Sukur asal Turki yang melesakkan gol saat laga baru berjalan 10,8 detik di Piala Dunia 2002 melawan Korea Selatan.

Just Fontaine muncul dengan rekornya bersama timnas Prancis, kala itu di Piala Dunia 1958 sang pemain sukses mencetak 13 gol sepanjang turnamen.

5. Top Skorer

Pemain asal Jerman Miroslav Klose [AFP]
Pemain asal Jerman Miroslav Klose [AFP]

Miroslav Klose menjadi pemain dengan catatan gol terbanyak di ajang ini, mantan pemain timnas Jerman itu mengoleksi 16 gol di empat edisi Piala Dunia berbeda.

Mulai dari 2002, 2006, 2010 dan 2014, Thomas Mueller kini menjadi pemain yang paling mendekati angka itu, dengan raihan 10 golnya.

6. Jumlah Penonton

Piala Dunia 2014 Brasil menjadi panggung tersendiri tuan rumah memecahkan rekor luar biasa, tepatnya di pertandingan melawan Uruguay.

Kemenangan tipis Brasil dengan skor 2-1 disaksikan lebih dari 173.830 manusia yang memenuhi Stadion Maracana saat itu.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini