Boladunia

Deretan Pemain yang Putuskan Pensiun di Usia Muda, Terbaru Jack Wilshere

Jack Wilshere putuskan pensiun di usia 30 tahun.

Rauhanda Riyantama

Jack Wilshere. (sumber: Arsenal.com).
Jack Wilshere. (sumber: Arsenal.com).

Bolatimes.com - Jack Wilshere pernah menjadi pemain kebanggaan Arsenal, meskipun setelah itu kariernya semakin anjlok dan memilih pensiun sebagai pesepak bola profesional di usia 30 tahun.

Keputusan mengejutkan diambil Jack Wilshere setelah kariernya sebagai pesepak bola terkatung-katung, pensiun dipilih meskipun usianya masih terbilang produktif.

Pengumumpan pensiun diumumkan Jack Wilshere pada Jumat (8/7/2022), gagal bertahan di level teratas menjadi alasan utama eks Arsenal ini pensiun.

Karier profesional Wilshere mencatatkan 287 penampilan di level senior dengan raihan 37 gol dan 48 assist, kali terakhir bermain untuk klub Denmark, Arhus GF.

Pensiun dini dipilih setelah kontraknya tak diperpanjang klub tersebut, kondisi yang sebenarnya tak mengejutkan karena sebelum Wilshere sudah banyak pemain pensiun dini.

Berbagai alasan dikemukakan, beberapa di antaranya terpaksa karena keadaan namun ada juga yang sudah kehilangan gairah bermain sepak bola.

Lantas siapa saja para pemain yang pensiun di usia yang masih produktif? berikut beberapa pemain yang memutuskan gantung sepatu di usia muda.

1. Davy Propper

Mantan pemain Brighton kelahiran 2 September 1991 ini memutuskan pensiun sesaat setelah sempat kembali gabung PSV Eindhoven di Liga Belanda.

Kariernya yang gemilang membuat Davy Propper mendapat panggilan memperkuat timnas Belanda, namun hal itu tak berlangsung lama setelah sang pemain memutuskan pensiun.

Davi Propper merasa sudah tidak memiliki hasrat bermain sepak bola dan memutuskan hanya fokus kepada keluarganya di masa depan.

2. Sergio Aguero

Momen Sergio Aguero memutuskan pensiun dari sepak bola profesional. (PAU BARRENA / AFP)
Momen Sergio Aguero memutuskan pensiun dari sepak bola profesional. (PAU BARRENA / AFP)

Pemain kelahiran 2 Juni 1988 ini akhirnya memutuskan gantung sepatu setelah mengalami masalah jantung saat bermain untuk Barcelona.

Tepatnya di tahun 2021, sesaat setelah meninggalkan Manchester City dan berlabuh di Camp Nou meski berakhir tragis.

Di saat bermain melawan Deportivo Alaves, Aguero mengalami sesak napas dan kondisinya itu membuatya disarankan untuk segera pensiun dini.

3. Andre Schurrle

Sosoknya sempat digadang-gadang sebagai bintang baru timnas Jerman, namun pemain kelahiran 6 November 1990 itu memilih untuk pensiun dini.

Dugaan kuat sang Schurrle mengalami tekanan berat, merasa tidak berkembang sebagai pemain sepak bola meskipun sempat membela beberapa klub besar.

Termasuk Chelsea, sebelum kembali bermain untuk Borussia Dortmund dan akhirnya memilih untuk pensiun dini sebagai pesepak bola profesional.

4. David Bentley

Namanya sempat melambung saat bermain untuk Tottenham Hotspur, tapi kemudian memilih pensiun dini pada tahun 2013.

Keluarga menjadi alasan Bentley memilih pensiun, meskipun beberapa kali sempat dipanggil memperkuat tim nasional Inggris.

Punya bayi kembar diduga menjadi alasan kuat Bentley memutuskan pensiun dari bermain sepak bola dan fokus untuk keluarganya.

5. Eric Cantona

Pemain legendaris MU Eric Cantona [AFP]
Pemain legendaris MU Eric Cantona [AFP]

Terkenal sebagai salah satu legenda Manchester United, Eric Cantona pensiun di tahun 1997 saat usianya masih 30 tahun.

Bersama Man United, Cantona mencatat 168 pertandingan dan 75 gol hingga pada akhirnya pemain asal Prancis ini mengaku sudah tak berhasrat bermain sepak bola.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini