Boladunia

Mengenal Carson Picket, Pemain Timnas Putri Amerika Serikat dengan Satu Lengan

Carson Picket jadi pemain disabilitas pertama di skuat Timnas Putri Amerika Serikat.

Rauhanda Riyantama

Carson Picket, pemain Timnas Putri Amerika Serikat dengan satu lengan. (Twitter/@FootballYarnz)
Carson Picket, pemain Timnas Putri Amerika Serikat dengan satu lengan. (Twitter/@FootballYarnz)

Bolatimes.com - Sepak bola Amerika Serikat baru-baru ini mencatat sejarah tersendiri setelah memasukkan satu pemain disabilitas di skuat timnas putri, dialah Carson Picket.

Carson Picket merupakan pemain klub North Carolina Courage dan muncul sebagai atlet disabilitas pertama yang tampil di ajang Liga Sepak Bola Wanita Profesional Amerika Serikat (WNSL).

Perempuan kelahiran 15 September 1993 ini sudah tidak memiliki tangan kiri sejak kecil, namun Carson Picket sudah memainkan banyak olahraga.

Salah satunya adalah sepak bola, dan menariknya Carson selalu menolak bermain di kategori paralimpik yang merupakan kategori bagi penyandang disabilitas.

Karier senior sepak bola Carson dimulai bersama Seattle Reign, sebelum pindah ke Australia dan bergabung dengan Brisbane Roar Womens dengan torehan 6 gol dari 37 penampilan.

Kesuksesannya di Australia yang kemudian membawanya pulang ke kampung halaman, Picket kemudian bergabung dengan Orlandi Pride dan sempat menghabiskan masa peminjaman di Apollon Ladies.

Kariernya bersama North Carolina Courage dimulai sejak Februari 2021, hingga saat ini ia sudah tampil sebanyak 25 kali di WNSL.

Dan penampilan moncernya membuat Carson Picket dipanggil memperkuat timnas wanita Amerika Serikat, berposisi sebagai bek kiri dengan usia 28 tahun.

Debutnya terjadi saat timnas wanita AS melakoni laga uji coba melawan Kolombia dan sukses memetik kemenangan dengan skor 2-0.

Menariknya dalam debutnya itu Picket bermain selama 90 menit, laga uji coba itu juga sekaligus pertandingan persiapan timnas Wanita AS berlaga di Kualifikasi Piala Dunia Wanita 2023.

Vlatko Andonovski selaku pelatih timnas wanita AS menilai kehadiran Picket sangat berpengaruh pada performa tim, ia menilai sang pemain bisa menjadi andalan tim.

"Carson melakukannya dengan sangat baik dalam pelatihan untuk kami minggu lalu," ucap Vlatko seperti dikutip dari ESPN.

"Dan, dengan pengelolaan menit bermain untuk Emily Fox yang kami miliki, kami merasa Carson akan menjadi pengganti yang baik. Saya senang dia tampil baik selama 90 menit." imbuhnya.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini