Boladunia

5 Pemain Muda Potensial asal Polandia, Bisa Jadi Penerus Robert Lewandowski

5 pemain muda ini diklaim bisa jadi penerus kesuksesan Lewandowski.

Rauhanda Riyantama

Pemain Lech Poznan, Jakub Kaminski (kiri). (AFP)
Pemain Lech Poznan, Jakub Kaminski (kiri). (AFP)

Bolatimes.com - Meski bukan negara yang kerap memproduksi pesepak bola sensasional, Polandia tak absen dalam melahirkan beberapa pemain top Eropa, kini bibit-bibit baru pengganti Robert Lewandowski mulai bermunculan.

Robert Lewandowski dan Wojciech Szczesny merupakan dua di antara para pemain hebat yang dihasilkan Polandia, usia kedua pemain ini sudah berumur.

Meski begitu, era pergantian tetap berlanjut dengan sederet pemain muda potensial yang bermunculan sebagai pengganti kedua pemain tersebut.

Lantas siapa saja mereka? berikut ini deretan pemain muda potensial milik Polandia yang siap menggebrak Eropa lebih dari apa yang bisa dibuat Lewandowski.

1. Jakub Kaminski

Jakub Kaminski merupakan produk akademi Lech Poznan dan saat ini bermain untuk VfL Wolsfburg mulai kompetisi 2022-2023 Bundesliga.

Klub Bundesliga itu harus memboyong pemain muda potensial Polandia dengan mahar 10 juta euro atau sekitar Rp156 miliar di usianya yang masih 20 tahun.

Di usianya itu, Kaminsky sudah menorehkan tiga laga internasional bersama timnas Polandia sejak debut pada Desember 2021 lalu.

2. Nicola Zalewski

Namanya mungkin masih terdengar asing bagi penggemar sepak bola Eropa, apalagi dunia mengingat ia baru saja memulai karier bersama AS Roma di musim 2021-2022.

Zalewski juga salah satu pemain muda berbakat AS Roma yang diorbitkan Jose Mourinho, usianya 20 tahun tapi sudah dipercaya bermain sebanyak 24 pertandingan.

Bahkan ia sukses mencatat dua assist di Liga Konferensi Eropa, sebelum membawa AS Roma meraih gelar juara di kompetisi tersebut.

Bersama timnas Polandia, Zalewski sudah mencatatkan lima pertandingan di level internasional setelah debut pada September 2021.

3. Jakub Moder

Menjadi andalan Brighton & Hove Albion sejak musim 2020-2021, Jakub sudah bermain sebanyak 32 pertandingan di musim lalu dengan catatan dua gol dan 4 assist.

Moder juga menjadi andalan timnas Polandia sejak usianya masih 23 tahun, pertama kali debut pada 2020 dan sudah menorehkan 20 caps dengan dua gol.

Ia juga bagian dari timnas Polandia saat berlaga di Euro 2020, sebelum mengalami cedera ACL pada April 2022 dan diperkirakan absen di Piala Dunia 2022 Qatar.

4. Kacper Kozlowski

Menjadi rekan setim Jakub Moder, pemain muda berbakat asal Polandia yang memulai kariernya pada musim 2022-2023 di Liga Inggris.

Ia sebenarnya sudah direkrut sejak Januari 2022, tapi kemudian dipinjamkan ke Royakle Union SG hingga akhir musim 2021-2022.

Berusia 18 tahun tapi sudah bermain untuk timnas Polandia senior sejak Maret 2021 dan kini sudah mengoleksi enam caps.

Ia mencetak sejarah untuknya sendiri di Euro 2020 saat bermain melawan Spanyol sebagai pemaun termuda di ajang tersebut dengan umurnya 17 tahun 246 hari.

5. Sebastian Szymanski

Bermain untuk Dinamo Moskow di Liga Rusia, Sebastian Szymanski sudah mencatat sebanyak 32 pertandingan dan mengemas enam gol serta 9 assist.

Szymanski juga sudah bermain untuk timnas Polandia sejak September 2019 dan mengoleksi 15 caps dengan 1 gol sejauh ini.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini