Boladunia

7 Pemain dengan Tendangan Paling Keras, Ada Eks Pelatih Barcelona

Inilah para pemain yang terkenal memiliki tendangan keras

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Arjen Robben kala menjebol gawang Benfica. (Christof Stache/AFP).
Selebrasi Arjen Robben kala menjebol gawang Benfica. (Christof Stache/AFP).

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain yang memiliki tendangan super keras, sehingga mampu melepaskan bola dengan kecepatan di luar nalar.

Dalam bermain sepak bola, dibutuhkan kaki yang kuat untuk bisa melepaskan tendangan keras guna mencetak gol.

Tak hanya kekuatan kaki, pesepak bola juga harus punya penempatan bola yang apik karena berkaitan dengan akurasi bola yang dilepaskan.

Berbicara soal tendangan keras, benak pecinta sepak bola pasti mengarah ke sosok Roberto Carlos. Bek asal Brasil ini dicap sebagai pemilik tendangan keras dalam sejarah sepak bola.

Hal ini tak lepas dari gol-gol berkelas yang ia lahirkan, di mana ia kecepatan bola yang ia lepaskan begitu deras sehingga terkadang membuat kiper mati kutu.

Apalagi karena gol-golnya itu, di video game saja Roberto Carlos mendapat status atau nilai sebagai pemain dengan tendangan terkeras.

Namun faktanya, Roberto Carlos bukanlah pemain yang memiliki tendangan keras. Bahkan, dalam daftar tujuh pemain dengan sepakan terkeras, eks penggawa Real Madrid tak masuk hitungan.

Lantas, siapa saja pesepak bola yang punya tendangan keras dalam sejarah sepak bola? Berikut daftarnya.

7. Tony Yeboah

Tony Yeboah merupakan mantan penggawa Leeds United. Ia sendiri dikenal sebagai salah satu penyerang legendaris yang dimiliki Afrika.

Dalam kariernya, Yeboah pernah melakukan satu hal yang di luar nalar, yakni melepaskan tendangan keras sehingga bola hasil sepakannya menyentuh kecepatan 154 km per jam.

Sepakan keras itu dilepaskannya kala membela Leeds United melawan Wimbledon. Sepakan keras itu dibuatnya saat melepaskan tendangan voli.

6.  David Trezeguet

David Trezeguet merupakan penyerang legendaris Prancis yang dikenal karena kiprahnya bersama raksasa Italia, Juventus.

Namun sebelum membela Juventus, Trezeguet pernah mencatatkan tinta emas bersama AS Monaco, di mana dirinya melepaskan tendangan dengan kecepatan bola mencapai 154,4 km per jam.

Sepakan keras ini dipertontonkannya kala AS Monaco berjumpa Manchester United. Dari luar kotak penalti, Trezeguet melepaskan sepakan keras yang menggetarkan jala Setan Merah.

5. David Hirst

Liga Inggris selalu menampilkan aksi-aksi spektakuler di setiap musimnya. Salah satunya adalah gol penggawa Sheffield Wednesday, David Hirst.

Pada musim 1995/1996, David Hirst mencetak aksi spektakuler ke gawang Arsenal dengan melepaskan sepakan keras yang membuat bola melaju dalam kecepatan 183 km per jam.

David Hirst menyambar bola dengan kekuatan dari dalam kotak penalti Arsenal. Sayangnya, sepakan keras ini hanya membentur mistar gawang.

4. Ronald Koeman

Barcelona pernah punya eksekutor bola mati andal dalam diri Ronald Koeman. Bek asal Belanda ini kerap menjadi algojo karena teknik tendangan yang ia miliki.

Salah satu tekniknya adalah melepaskan bola sekeras mungkin. Hal ini terjadi pada final Liga Champions 1992, saat Barcelona berhadapan dengan Sampdoria.

Dalam laga final itu, Ronald Koeman melepaskan tendangan bebas dengan kecepatan 188 km per jam, yang kemudian membuat Barcelona berhasil menyabet gelar Liga Champions.

3. Steven Reid

Lagi-lagi dari Liga Inggris. Kini ada nama Steven Reid yang pernah melepaskan tendangan keras dan membuat bola melaju dengan kecepatan super.

Steven Reid melakukannya pada 2006 silam, saat ia membela Blackburn Rovers dan berhadapan dengan Wigan Athletic.

Dari luar kotak penalti, Steven Reid melepaskan tendangan keras memanfaatkan bola muntah yang melaju dalam kecepatan 189 km per jam.

2. Arjen Robben

Arjen Robben dikenal sebagai pemain yang punya penempatan bola dan akurasi yang baik. Namun, bukan berarti dirinya tak punya tendangan keras dari kaki kirinya.

Winger legendaris asal Belanda ini pernah menunjukkan kemampuannya menendang bola dengan keras di sebuah laga uji coba kala Real Madrid, timnya, bertemu dengan Borussia Dortmund.

Saat itu, Robben melepaskan tendangan First Time dengan keras dan membuat bola melaju dalam kecepatan 190 km per jam.

1. Ronny Heberson

Di posisi pertama pemilik tendangan super keras adalah Ronny Heberson. Ia merupakan pemain asal Brasil yang hanya malang melintang di tim-tim kelas dua Eropa.

Meski begitu, ia mampu menciptakan momen yang menjadi rekor dalam sepak bola saat ini, yakni kala melepaskan tembakan keras dan membuat bola meluncur dengan kecepatan 211 km per jam!

Tendangan keras ini ditunjukkannya saat mengeksekusi tendangan bebas kala membela Sporting Lisbon di Liga Portugal melawan Associacao Naval de Maio.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini