Boladunia

Kisah Pertandingan Sepak Bola Terjauh di Dunia, Butuh Waktu 7 Hari Naik Kereta

Di Liga Rusia ada pertandingan yang butuh waktu 7 hari.

Rauhanda Riyantama

Wasit lupa bawa koin, pemain di Liga Rusia suit untuk pilih gawang. (Instagram)
Wasit lupa bawa koin, pemain di Liga Rusia suit untuk pilih gawang. (Instagram)

Bolatimes.com - Di Indonesia laga terjauh yang dijalani satu klub bisa terjadi dalam duel Persiraja Banda Aceh melawan Persipura Jayapura dengan jarak perjalanan 6.872 km sekali jalan.

Akan tetapi jarak tersebut belum seberapa dengan salah satu klub Divisi II Liga Rusia yang harus menempuh jarak 10.261 km sekali jalan untuk bertanding.

Rusia memang dapat dikatakan sama seperti Indonesia, negara besar dan bahkan lebih besar dari Nusantara dengan status terbesar di dunia.

Dengan luasan wilayah yang terbentang dari Eropa ke Asia, luasan yang lebih dari 17.125.191 km persegi, seperdelapan luas daratan di bumi.

Saking luasnya, Rusia memiliki 11 zona waktu dan memiliki batas dengan 16 negara berdaulat pada dua benua besar, tentu tak mudah untuk mengurusnya.

Begitu pula dengan Asosiasi Sepak Bola Rusia (RFU), bukan perkara mudah dalam membuat kompetisi sepak bola profesional dan berkualitas.

Masalah transportasi juga menjadi kendala, hal itu juga yang membuat RFU pusing dan membagi kompetisi menjadi beberapa divisi.

Sejak musim 2013-2014 hingga 2019-2020 memiliki hal unik di Divisi II dan tidak dimiliki Liga Primer Rusia, dua tim dengan wilayah terjauh yakni Baltika Kaliningrad dan Luch Vladivostok.

Dua klub ini jika akan saling berhadapan membutuhkan lebih dari 20 ribu km perjalanan pergi-pulang, sekaligus menjadi perjalanan dalam kompetisi sepak bola terpanjang di dunia.

Di Liga Inggris jarak terpanjang pernah ditempuh Swansea City sejauh 1.132 km untuk bisa mencapai markas Newcastle United dan di Eropa ada FC Porto ke markas Shaktar Donetsk dengan 9.300 km.

Kini Luch tak perlu pergi jauh ke Kaliningrad usai turun ke Divisi II, sementara Baltika masih harus menempu perjalanan jauh ke Khabarovsk untuk berhadapan dengan SKA-Khabarovsk.

Khabarovsk berada di perbatasan provinsi dengan Vladivostok, dengan jarak sekitar 800 km, sementara Khabarovsk ke Kaliningrad butuh 123 jam perjalanan memakai mobil.

Dengan jarak 9.510 km, tempat itu bisa ditempuh dengan waktu 7 hari 4 jam menggunakan kereta api.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini