Boladunia

Mengenal Fabio Vieira, Gelandang Anyar Arsenal Sang Raja Assist dari Portugal

Fabio Vieira jadi amunisi baru Arsenal.

Husna Rahmayunita

Gelandang anyar Arsenal, Fabio Vieira. (Instagram/@arsenal)
Gelandang anyar Arsenal, Fabio Vieira. (Instagram/@arsenal)

Bolatimes.com - Arsenal kembali membuat gebrakan di bursa transfer musim panas ini dengan mendatangkan gelandang muda asal Portugal, Fabio Vieira.

Dikutip dari Sky Sports, Selasa, Arsenal diyakini mengeluarkan dana sebesar 34 juta poundsterling atau sekitar Rp 619 miliar untuk menebus pemain berusia 22 tahun itu dari klub Liga Portugal FC Porto dengan durasi kontrak panjang.

Fabio Vieira akan menggunakan nomor punggung 21 dan akan segera bergabung dengan rekan-rekan barunya di Arsenal untuk menjalani latihan pra-musim ketika menyelesaikan beberapa regulasi.

Kedatangan Fabio Vieira diyakini bisa menambah kreativitas di lini tengah Arsenal. Dia menjadi pencetak assist terbanyak di Liga Portugal dengan catatan 14 assist.

Lantas, siapa sebetulnya Fabio Vieira? Berikut ulasan profilnya!

Profil Fabio Vieira

Sosok dengan nama lengkap Fábio Daniel Ferreira Vieira ini lahir di Santa Maria da Feira, Portugal, pada 30 Mei 2000. Dia merupakan produk asli binaan Porto.

Dia bergabung pada 2008 saat usianya 8 tahun. Sejak itu ia bermain untuk tim akademi hingga usianya 13 tahun dan mendapatkan promosi U-15 pada tahun 2013.

Fabio Vieira sempat dipinjamkan ke Padroense U-17 pada musim 2016/17. Lalu pada musim 2019/20, Vieira dipercaya membela tim utama Porto.

Di musim itu Fabio Vieira memang cuma bermain 8 pertandingan, namun potensinya sudah terlihat dengan mencetak dua gol dan satu assist.

Dia semakin banyak mendapat kesempatan di musim 2020/21 dengan total bermain dalam 29 pertandingan semua ajang. Meski begitu, kontribusinya belum terlalu terlihat.

Baru di musim 2021/22, Fabio Vieira menunjukkan potensi sesungguhnya sebagai salah satu gelandang muda terbaik di Eropa dan dunia.

Tujuh gol dan 16 assist ditorehkan Fabio Vieira dari 39 pertandingan untuk teh Dragons, torehan itu jika dirata-ratakan justru lebih baik dari Kevin De Bruyne.

Untuk torehan prestasi di level klub, Fabio Vieira mampu menyumbang UEFA Youth League 2018/19, dan dua gelar Liga Portugal, serta satu trofi Taca de Portugal.

Di level tim nasional, Fabio Vieira tergabung dengan beberapa timnas kelompok umur Portugal, mulai dari U-18, U-19, U-20, dan U-21. Sejauh ini Fabio Vieira belum mendapat kesempatan bermain untuk timnas senior Portugal.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini