Boladunia

Tiru Timnas Indonesia, Thailand Dikabarkan Ingin Gunakan Pelatih Asal Korsel

Thailand sedang hangat diperbincangkan bakal gunakan pelatih asal Korea Selatan.

Rauhanda Riyantama

Potret skuat Timnas Thailand di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Potret skuat Timnas Thailand di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Pelatih asal Korea Selatan tak lama lagi sepertinya akan menghiasi Timnas Thailand, menyusul laporan skuat Gajah Perang menginginkan pelatih asal Negeri Gingseng.

Negara-negara ASEAN kini memang banyak menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan, menyusul kesuksesan Vietnam bersama Park Hang-seo.

Disusul Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia yang baru-baru ini sukses memastikan tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

Park Hang-seo dengan catatan lebih mentereng, mampu membawa Vietnam melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

Kemudian disusul Malaysia yang juga merekrut sosok penting dunia sepak bola Korsel, Kim Pan-gon sebagai pelatih kepala tim mereka.

Pelatih asal Korea Selatan layaknya solusi praktik bagi negara-negara ASEAN mengatasi permasalahan sepak bola.

Terbukti dari kesuksesan mereka dalam membawa tim-tim Asia Tenggara meraih prestasi yang mentereng, kondisi ini ternyata membawa Thailand kepincut.

Dilansir dari TheThao247, Thailand disebut akan mengikuti jejak tiga negara ASEAN yang sudah menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan.

Menariknya, pelatih asal Korea Selatan yang diincar Thailand ini akan digunakan sebagai pengganti Alexandre Polking selaku pelatih kepala timnas Thailand.

Polking tengah dalam evaluasi setelah dinilai gagal meningkatkan peringkat FIFA Thailand secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Karena itu Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) mempertimbangkan untuk menunjuk Yoon Deok Yeo sebagai pelatih asal Korsel yang bakal mengisi sempat Polking.

Yoon adalah mantan pelatih tim putri Korea Selatan, prestasi tertinggi yang pernah diraih adalah membawa timnya itu ke Piala Dunia Wanita 2015 dan 2019.

Tak hanya itu, Yoon juga merupakan pelatih langganan tim-tim kontestan Liga Korea seperti Pohang Steelers, Gyeongnam dan Chunnam Dragon.

Du sisi lain, Yoon Dok Yeo juga dikatakan sangat tertarik mengisi jabatan sebagai pelatih Thailand, meskipun harus mendapatkan kepercayaan FAT lebih dulu.

Jika berhasil, akan ada empat pelatih top asal Korea Selatan yang bakal berhadapan di Piala AFF musim depan dari empat tim langganan juara. 

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini