Boladunia

Profil Pujan Uperkoti, Kapten Timnas Nepal yang Pukul Kepala Saddil Ramdani

Kapten Nepal, Pujan Uparkoti tengah jadi sorotan karena memukul kepala Saddil Ramdani saat Kualifikasi Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Kepala Saddil Ramdani dikeplak pemain Nepal. (Tangkap layar vidio.com)
Kepala Saddil Ramdani dikeplak pemain Nepal. (Tangkap layar vidio.com)

Bolatimes.com - Mengenal Pujan Uparkoti, pemain yang memukul kepala Saddil Ramdani saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Nepal di laga pamungkas grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, belum lama ini Timnas Indonesia bertemu dengan Nepal di laga penentuan untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia yang membutuhkan kemenangan atas Nepal pun tampil ganas saat kedua tim bertemu. Tak tanggung-tanggung, skuat Garuda mencukur tim berjuluk The Gorkhalis itu dengan skor 7-0.

Pesta gol Timnas Indonesia telah dimulai di menit ke-6 lewat tandukan Dimas Drajad, yang kemudian disusul Witan Sulaeman di menit ke-43, pasca pemain Nepal mendapat kartu merah.

Di paruh kedua, Timnas Indonesia berhasil menggelontorkan lima gol tambahan masing-masing lewat Fachrudin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan.

Di balik pesta gol ini, terdapat sebuah aksi kotor yang dilakukan oleh kapten Nepal, Pujan Uperkoti, terhadap salah satu penggawa Timnas Indonesia, Saddil Ramdani.

Uperkoti terekam nampak memukul kepala Saddil saat pemain dari kedua kesebelasan bersitegang karena pelanggaran yang dilakukan pemain Nepal terhadap Asnawi Mangkualam.

Insiden yang didapat Saddil pun membuat rekan-rekannya seperti Fachrudin Aryanto dan Rizky Ridho menegur Uperkoti, hingga berujung adu mulut.

Agar tak berkepanjangan, wasit pun memanggil Uparkoti dan Saddil serta memberikan kedua pemain kartu kuning dalam insiden yang terekam di menit ke-71 itu.

Lantas, siapakah sosok Pujan Uperkoti tersebut?

Profil Pujan Uperkoti

Pujan Uperkoti merupakan penggawa Timnas Nepal yang lahir pada 9 Mei 1996, atau saat ini dirinya berusia 26 tahun. Dilansir dari berbagai sumber, dirinya merupakan pemain andalan Nepal yang menempati posisi gelandang bertahan.

Diketahui, Uperkoti saat ini bermain bagi Dhangadhi FC, sebuah klub yang bermain di kasta tertinggi sepak bola Nepal.

Ia baru bergabung ke Dhangadhi FC secara resmi musim ini. Dilansir dari Transfermarkt, dirinya sebelumnya bermain untuk Manang Marsyang.

Sedangkan kariernya di tim nasional Nepal bermula sejak 2020 silam. Dinukil dari laman 11v11, Uperkoti baru mencatatkan 16 penampilan bagi The Gorkhalis.

Jumlah penampilan itu menjadi salah satu jumlah penampilan terbanyak bagi Nepal, yang saat ini masih dipegang oleh Kiran Chemjong dengan total 36 caps.

Nama Uperkoti sendiri menjadi perbincangan karena dirinya kedapatan memukul kepala Saddil Ramdani, yang dianggap sebagai perbuatan kotor dan provokasi.

Karena aksinya, Uperkoti pun menjadi sasaran dari netizen Indonesia. Bahkan, dirinya pun telah memberikan permintaan maaf secara tersirat lewat unggahan Instagram Story-nya.

Dalam unggahannya, Uperkoti mengunggah foto cinderamata dengan bendera Indonesia dan logo PSSI menggunakan Hashtags #Respect disertai pujian bahwa pendukung Timnas Indonesia totalitas mendukung para pemainnya.

Bahkan Uperkoti juga memuji budaya Indonesia, yang dipahami netizen sebagai bentuk permintaan maafnya karena aksi kotornya ke Saddil Ramdani.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini