Boladunia

Profil Bader Al-Mutawa, Kapten Timnas Kuwait Juga Anggota Militer yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia

Bader Al-Mutawa jadi pemain senior Timnas Kuwait yang patut diwaspadai Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama

Kapten Timnas Kuwait, Bader Al-Mutawa. (AFP)
Kapten Timnas Kuwait, Bader Al-Mutawa. (AFP)

Bolatimes.com - Bader Al-Mutawa merupakan anggota militer berpangkat Koloner yang juga menjabat kapten timnas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023, sosok yang patut diwaspadai para pemain timnas Indonesia.

Di gelaran Kualifikasi Piala Asia 2023, Bader Al-Mutawa bakal memimpin pasukan menghadapi tim-tim yang tergabung di Grup A, termasuk Indonesia salah satunya.

Sosok yang patut diwaspadai para pemain timnas Indonesia ini ternyata memiliki latar belakang cukup menarik, Bader Al-Mutawa adalah seorang anggota militer.

Bukan anggota militer ecek-ecek, Bader Al-Mutawa memiliki jabatan yang cukup tinggi berupa Kolonel, satu tangga di bawah Brigradir Jenderal, tentu bukan orang sembarangan.

Karier sepak bola pemain bernama lengkap Bader Ahmed Al-Mutawa ini bersama klub lokal, Al-Qadsia di tahun 2002 dan sejak saat itu sampai sekarang ia tak pernah berganti klub.

Dalam artian, pemain kelahiran Kuwait City, 10 Januari 1985 itu hanya membela satu tim di sepanjang karier sepak bola profesionalnya di Kuwait selama 20 tahun terakhir.

Hal menarik lain dari Bader adalah jiwa nasionalisme yang tinggi, dibuktikan lewat rasa sukarelanya menjadi anggota tentara untuk negara kelahirannya, karier militer dan sepak bola dijalani secara beriringan.

Menyandang pangkat kolonel, membuat Bader setidaknya mampu memimpin sebuah brigade, resimen hingga korem jika disamakan seperti di Indonesia.

Hingga saat ini, Bader sudah memainkan sebanyak 423 pertandingan bersama klubnya di Liga Kuwait dan sudah menorehkan 324 gol sebuah catatan yang membuatnya melaju ke level internasional.

Kapten Timnas Kuwait, Bader Al-Mutawa. (AFP)
Kapten Timnas Kuwait, Bader Al-Mutawa. (AFP)

Pada tahun 2012, Bader Al-Mutawa mendapat kesempatan untuk melakukan trial bersama salah satu klub Liga Inggris pemilik dua gelar Liga Champions, Nottingham Forest.

Relasi menjadi salah satu faktor Bader mendapat kesempatan tersebut, saat itu Nottingam Forest dimiliki keluarga Al-Hassawi dari Kuwait dan penampilan sang pemain tak mengecewakan.

Sean O'Driscoll yang saat itu melatih Nottingham Forest kepincut dengan aksi Bader dan berniat menyodorkan kontrak, tapi digagalkan regulasi karena Kuwait bukan negara berperingkat 70 FIFA.

Selain itu Pemerintah Kuwait juga tak memberi izin Bader Al-Mutawa untuk bekerja di Inggris, karena statusnya sebagai anggota militer aktif.

Tak kecewa dengan hal itu, Bader melanjutkan kariernya d Liga Premier Kuwait dan bermain untuk tim nasional negaranya hingga menorehkan 56 gol sejak debut di Piala Teluk 2003.

Ia juga sukses membawakan gelar Piala Asia Barat 2010 dan Piala Teluk 2020 untuk Kuwait, Bader Al-Mutawa juga merupakan pengoleksi caps terbanyak timnas dengan 193 laga internasional.

Catatan itu bahkan mengalahkan pemain-pemain berlabel dunia, seperti Cristiano Ronald (187), Sergio Ramos dan Ahmed Mubarak Al-Mahajiri (180) serta Gianluigi Buffon (176).

Tentu catatan tersebut membuat para pemain belakang timnas Indonesia harus waspada penuh dengan pergerakan sang pemain yang bukan sosok sembarangan ini.

Berikut Profil Bader Al-Mutawa, kapten timnas Kuwait yang juga penyandang status Kolonel sebagai anggota militer negara tersebut.

Nama Lengkap : Bader Ahmed Al-Mutawa

Tempat dan Tanggal Lahit : Kuwait, 10 Januari 1985

Umur : 37 tahun

Posisi : Gelandang Serang - Penyerang

Kaki Terkuat : Kanan

Klub Saat Ini : Al Qadsia SC

Riwayat Transfer

1 Juli 2002 - Qadsia SC U-19 - Qadsia SC

1 Januari 2011 - Qadsia SC - Al Nassr SC (Pinjaman)

30 Juni 2011 - Al Nassr SC - Qadsia SC

Karier Timnas

4 September 2003 - Timnas Kuwait (192 caps dan 56 gol)

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini