Boladunia

Masih Ada Peluang, Ini Syarat Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal Turnamen Toulon 2022

Timnas Indonesia akan menghadapai Meksiko di laga pamungkas Grup B Turnamen Toulon 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi skuad Timnas Indonesia U-19 usai membobol gawang Gimcheon Sangmu FC dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Auxiliary Mini Stadium, Daegu, Korea Selatan, Selasa (5/4/2022). (dok. PSSI)
Selebrasi skuad Timnas Indonesia U-19 usai membobol gawang Gimcheon Sangmu FC dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Auxiliary Mini Stadium, Daegu, Korea Selatan, Selasa (5/4/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Ghana U-20 di laga kedua Turnamen Toulon 2022 menghidupkan asa untuk lolos ke babak selanjutnya.

Timnas Indonesia U-19 yang dilatih oleh Dzenan Radoncic dan Bima Sakti ini menghadapi Ghana U-20 pada laga Grup B di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, Prancis, Kamis (2/6).

Indonesia berhasil mengalahkan wakil asal Afrika tersebut dengan skor 1-0 melalui gol tunggal Raka Cahyana pada menit ke-58.

Ini merupakan kemenangan perdana Timnas Indonesia U-19 di Turnamen Toulon 2022 sekaligus menghidupkan asa untuk bisa lolos ke fase berikutnya.

Semakin istimewa catatan buat Timnas Indonesia U-19 karena ini merupakan kemenangan perdana yang diraih Indonesia sepanjang keikutsertaan di Turnamen Toulon.

Setelah meraih kemenangan tersebut, Timnas Indonesia U-19 menduduki posisi ketiga klasemen Grup B Turnamen Toulon 2022 dengan koleksi 3 angka.

Raihan poin skuad 'Garuda Nusantara' untuk sementara sama dengan Timnas Meksiko U-23 yang duduk di peringkat kedua klasemen.

Sementara itu, Timnas Venezuela duduk di puncak klasemen dengan koleksi 6 angka. Nah, Timnas Indonesia U-19 dijadawalkan melawan Meksiko pada laga terakhir.

Duel Indonesia vs Meksiko di Turnamen Toulon 2022 rencananya berlangsung pada Minggu (5/6/2022) pukul 22.30 WIB.

Karena hanya juara grup dan satu runner-up terbaik yang diizinkan lolos ke semifinal Turnamen Toulon 2022, kemenangan atas Meksiko belum pasti meloloskan Timnas Indonesia U-19 ke babak empat besar. Timnas Indonesia U-19 masih harus menunggu hasil pertandingan lain. 

Lalu apa saja syarat Timnas Indonesia U-19 bisa lolos ke babak semifinal Turnamen Toulon 2022? Berikut ulasannya.

Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka. (Dok. PSSI)
Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka. (Dok. PSSI)

1. Menang Lawan Meksiko

Hanya juara grup yang akan otomatis lolos ke babak semifinal Turnamen Toulon tahun ini, sedangkan satu slot lagi akan diperebutkan oleh runner-up terbaik.

Maka para runner-up harus saling bersaing dari Grup A dan C juga. Jika ingin menjadi juara grup, Timnas Indonesia U-19 wajib menang atas Meksiko di waktu normal 90 menit, plus berharap di laga lain Venezuela tumbang dari Ghana.

Kemenangan atas Meksiko akan semakin memperbesar peluang Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke semifinal. 

Jika Timnas Indonesia U-19 menang 1-0 atas Meksiko, Raka Nurcahya wajib berharap di laga lain Venezuela kalah selisih dua gol dari Ghana. Hal ini akan membuat Indonesia memuncaki klasemen Grup B.

2. Menang Lawan Meksiko, Berharap Tim di Grup Lain Tergelincir

Jika Venezuela mampu mengalahkan Ghana, maka peluang Timnas Indonesia U-19 hanya tinggal merebut status runner-up terbaik.

Selain meraih kemenangan atas Meksiko, Indonesia juga harus berharap penghuni tiga besar Grup C ada yang tergelincir, di antara Jepang, Kolombia, dan Comoro dengan sama-sama mengoleksi 4 poin.

Di laga pamungkas, Jepang menghadapi Kolombia, sedangkan Comoro bersua Aljazair. Indonesia wajib berharap tidak ada di antara tiga tim itu yang akan memiliki 6 poin atau lebih.

Jika Jepang, Comoro, dan Kolombia sama-sama tergelincir dan tidak mencapai 6 poin, maka Timnas Indonesia U-19 dipastikan bakal menjadi runner-up terbaik.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini