Boladunia

Profil Daniel Sturridge, Mantan Bintang Timnas Inggris yang Kerap Diputus Kontrak Klubnya

Terbaru, Sturridge diputus kontrak klub Australia, Perth Glory.

Rauhanda Riyantama

Mantan striker Liverpool, Daniel Sturridge. (PAUL ELLIS / AFP)
Mantan striker Liverpool, Daniel Sturridge. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Karier mantan bintang timnas Inggris, Danniel Sturridge, semakin hari semakin memperlihatkan tanda-tanda yang mengkhawatirkan.

Yang terbaru, Daniel Sturridge telah resmi dilepas oleh klub kasta teratas Liga Australia, Perth Glory, lantaran sudah menghabiskan satu musim tanpa mencetak gol.

Sebelumnya, Daniel Sturridge berlabuh ke Perth Glory setelah sempat memperkuat klub Liga Turki, Trabzonspor, pada Oktober 2021.

Transfer Sturridge menuju Perth Glory sebetulnya sempat digadang-gadang sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah kompetisi sepak bola di Negeri Kanguru.

Akan tetapi, mantan pemain Liverpool ini justru tak bisa membuktikan tajinya karena lebih banyak mengalami masalah kebugaran. Akhirnya, tempo delapan bulan tak menghasilkan satu gol pun.

Sturridge tercatat hanya mampu tampil sekali di A-League 2021-2022. Sejauh ini, dia mencatatkan 139 menit dari total enam pertandingan.

Ini menjadi titik paling terendah dalam karier Sturridge yang notabene pernah menjadi salah satu striker yang disegani di Liga Inggris pada masanya.

Daniel Sturridge saat berseragam Perth Glory. (Instagram/danielsturridge)
Daniel Sturridge saat berseragam Perth Glory. (Instagram/danielsturridge)

Profil Daniel Sturridge

Pemain yang memiliki nama lengkap Daniel Andre Sturridge ini merupakan sosok pemain kelahiran Birmingham, Inggris, pada 1 September 1989.

Awal mulanya, Sturridge mengawali perjalanannya berlatih sepak bola di usia enam tahun bersama klub lokal di kota kelahirannya, Cadbury Athletic.

Saat usianya menginjak tujuh tahun, bakatnya terpantau oleh akademi Aston Villa. Di sana, ia berlatih selama empat tahun sebelum gabung ke Coventry City.

Sturridge juga pernah gabung ke akademi Manchester City pada tahun 2003. Saat itu, usianya masih menginjak 13 tahun.

Selama berada di tim muda Man City, Sturridge telah dua kali lolos ke final Piala Youth FA hingga akhirnya mencatatkan debut bersama tim utama pada musim 2007/2008.

Pada saat yang sama, Sturridge sukses menjadi satu-satunya pemain yang sukses mencetak di ajang FA Youth Cup, Piala FA, dan Liga Primer Inggris.

Setelah meninggalkan Man City pada 2009, dia gabung ke Chelsea, tapi sempat dipinjamkan terlebih dahulu selama setengah musim ke Bolton Wanderers.

Di Bolton, ia cukup sukses karena berhasil menjaringkan delapan gol dari 12 laga. Pada 2021/2022, ia kembali ke Chelsea.

Selama memperkuat The Blues, Sturridge secara keseluruhan telah meraih gelar Liga Primer Inggris 2009/2010, FA Cup 2009/2010 dan 2011/2012, serta Liga Champions 2011/2012.

Kemudian dia memilih hengkang ke Liverpool pada 2013 untuk membentuk duet bersama Luis Suarez yang dijuluki sebagai ‘SAS’

Pada musim 2013/2014, Liverpool mencetak lebih dari 100 gol di liga, di mana Sturridge menyumbang 21 gol, dan Suarez menggelontorkan 31 gol.

Sayangnya, dua musim berikutnya, Sturridge banyak berkutat dengan cedera dan membuatnya minim mendapat kesempatan bermain.

Sejak saat itu, kariernya meredup dan ia sempat pindah ke West Brom (2018), Trabzonspor (2019-2020).

Sturridge juga sebetulnya sempat berstatus sebagai bintang timnas Inggris. Ia sempat memperkuat The Three Lions pada Piala Dunia 2013 dan Euro 2016.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Berita Terkait

Berita Terkini