Boladunia

Mengenal Samuel Silalahi, Pesepak Bola Berdarah Batak yang Kini Main di Liga Norwegia

Samuel Silalahi bahkan sempat main di klub juara Liga Norwegia.

Rauhanda Riyantama

Samuel Silalahi, pesepak bola berdarah Batak yang kini main di Liga Norwegia. (Instagram/fkmandalskameratene)
Samuel Silalahi, pesepak bola berdarah Batak yang kini main di Liga Norwegia. (Instagram/fkmandalskameratene)

Bolatimes.com - Sosok pemain keturunan Indonesia yang tampil di Eropa bertambah lagi. Adalah pesepak bola berdarah Batak bernama Samuel Agung Marcello Silalahi yang kini main di Liga Norwegia.

Mengutip dari data Transfermarkt, Sabtu (4/6/2022), Samuel Silalahi saat ini tercatat membela salah satu klub tertua di Liga Norwegia, FK Mandalskamerat. Klub yang berdiri pada 1 Juli 1912 itu saat ini bermain di kasta ketiga.

Tahun lalu, Samuel SIlalahi sempat bermain di tim utama FK Mandalskamerat saat melawan Arendal Fotball di ajang Piala Liga Norwegia. Sayang bermain selama 56 menit, pemain 17 tahun itu gagal selamatkan FK Mandalskamerat dari kekalahan 1-2.

Sebelum bergabung ke FK Mandalskamerat, Samuel tercatat pernah membela klub jawara Liga Norwegia, Strømsgodset Toppfotball. Klub ini juara Liga Norwegia pada musim 1970 dan 2013.

Data dari fotball.no menyebutkan bahwa karier Samuel sempat bermain tim U-19 Strømsgodset dan melakoni 5 pertandingan dan jaringkan 2 gol.

Setelah itu ia membela tim kedua Strømsgodset dan bermain sebanyak 6 kali dan torehkan 1 gol. Catatan gol terbanyak yang dijaringan Samuel selama satu musim, ia ciptakan pada 2019 saat membela FK Mandalskamerat U-14 dengan torehan 3 gol.

Bermain di Liga Norwegia, Samuel sejak usia dini harus melewati banyak rintangan dan tantangan. Pada 2018 misalnya ia ikut ambil bagian di NF Academy, salah satu akademi sepak bola di Norwegia, yang diisi banyak pemain dari luar negeri.

Saat itu, Samuel bersama tim NF Akademi berpartisipasi di ajang Iber Cup Estoril, yang merupakan ajang berbakat untuk pemain dari negara-negara Nordik. Pada 2019 lalu, tim pelajar U-15 dari Kemenpora sempat ikut ambil bagian dari kejuaraan ini.

(Galih Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini