Boladunia

Cerita Kevin De Bruyne Dapatkan Lisensi Pelatih UEFA A, Bisa Susul Pep Guardiola

Kevin De Bruyne diketahui kini mempunyai sertifikat kepelatihan UEFA

Husna Rahmayunita

Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne. [OLI SCARFF / AFP]
Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne. [OLI SCARFF / AFP]

Bolatimes.com - Kevin De Bruyne kini dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Tapi tak banyak yang mengetahui bahwa pemain Manchester City itu mengantongi lisensi pelatih.

Tidak main-main, Kevin De Bruyne diketahui kini mempunyai sertifikat kepelatihan UEFA. Lisensinya kini adalah UEFA A, itu adalah grade atau tingkat 2 di bawah UEFA Pro sebagai grade 1.

Di usianya yang masih sangat produktif sebagai pesepak bola dan sedang menjalani musim-musim gemilang bersama The Citizens, cukup mengejutkan Kevin De Bruyne sudah bisa mendapatkan lisensi ini.

Dengan mengantongi lisensi kepelatihan UEFA A ini, Kevin De Bruyne artinya bisa menjadi pelatih di kasta kedua Inggris (Championship) atau asisten pelatih di klub Liga Inggris.

Tak cuma itu, lisensi yang dimiliki oleh Kevin De Bruyne juga membuatnya boleh untuk melatih tim junior di liga atau kompetisi antar negara seperti Piala Dunia U-20 atau U-17.

Lantas, kapan sebetulnya Kevin De Bruyne mendapatkan lisensi pelatihnya ini?

Ternyata Kevin De Bruyne mengikuti sesi pelatihan dan kursus dengan kelompok usia yang berbeda di Akademi Manchester City. Pengalaman kepelatihan dengan tim-tim muda ini yang membuat Kevin De Bruyne lolos lisensi pelatih UEFA A.

Mantan gelandang Chelsea tersebut menjelaskan bahwa prosesnya mendapatkan lisensi pelatih ini tidak mudah. Lebih lanjut, dia menyebut bahwa dirinya mengikuti filosofi Pep Guardiola, pelatihnya di Manchester City, dalam hal gaya kepelatihan.

Proses Kevin De Bruyne memang tidak mudah. Diketahui bahwa waktu kursus yang diambil olehnya mencapai 2 tahun bersama Federasi Sepak Bola Belgia.

Nyatanya Kevin De Bruyne pun bukan satu-satunya pemain Belgia yang mengambil lisensi kepelatihan ini. Pelatih Belgia, Roberto Martinez, menyarankan para pemainnya untuk mengambil langkah serupa.

Dikabarkan ada 19 pemain yang mendaftar dalam kursus mengambil lisensi pelatih UEFA A ini. Di antaranya ada Youri Tielemans, Jan Vertonghen, Axel Witsel, Leandro Trossard, Dedryck Boyata, Dennis Praet, Dries Mertens, Simon Mignolet, serta Matz Sels.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini