Boladunia

Profil Javier Fernandez Cabrera, Pelatih Timnas Bangladesh Alumni Akademi Barcelona

Javier Fernandez Cabrera pernah menjadi pelatih di Akademi Barcelona

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Bangladesh, Javier Fernandez Cabrera. (Instagram/@BFF_Fottball)
Pelatih Timnas Bangladesh, Javier Fernandez Cabrera. (Instagram/@BFF_Fottball)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dipastikan bakal menghadapi Bangladesh pada laga persahabatan dalam rangkaian FIFA Matchday.

Duel kedua tim direncanakan bergulir pada Rabu (1/6/2022) pukul 20.00 WIB di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, Indonesia sebetulnya unggul jauh dari Bangladesh. Indonesia ada di peringkat ke-159, sedangkan lawannya ada di posisi ke-188.

Meski begitu, Timnas Indonesia tetap harus mewaspadai lawannya ini karena beberapa faktor. Di antaranya adalah kehadiran sosok pelatih baru dalam diri, Javier Fernandez Cabrera.

Cabrera menjadi pengganti dari pelatih Bangladesh sebelumnya yang diisi oleh Mario Lemos. Lantas, seperti apa sepak terjang dari Javier Fernandez Cabrera ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Javier Fernandez Cabrera, Pelatih Timnas Bangladesh

Javier Fernandez Cabrera adalah sosok pelatih kelahiran Madrid pada 4 Oktober 1984. Dia terbilang sosok pelatih yang belum terlalu lama menimba karier.

Meski begitu, Cabrera memegang lisensi kepelatihan UEFA Pro. Dia berpengalaman menangani klub profesional hingga usia dini.

Selain sebagai pelatih, kemampuan Cabrera juga diakui sebagai seorang analis sepak bola. Dia punya pengalaman bekerja sebagai expert analyst di Opta Sport.

Selain itu, dia juga memegang gelar sarjana di bidang sepak bola sekaligus merupakan sarjana di bidang periklanan dan pemasaran.

Kariernya di klub profesional dimulai sebagai Direktur Teknik klub asal India, Sporting Clube de Goa. Dia mengabdi selama dua tahun dari 2013 hingga 2015.

Pada 2016 Cabrera ditunjuk sebagai pelatih dari klub divisi bawah Spanyol, CF Rayo Majadahonda. Dia lalu meninggalkan pekerjaannya dan sempat rehat.

Lalu dia sempat menjadi pelatih dari akademi Barcelona di Virginia, Amerika Serikat, selama 4 bulan. Dia lalu ditunjuk sebagai pelatih akademi dari klub Spanyol lainnya, Deportivo Alaves.

Setelah menghabiskan empat tahun di sana, javier Cabrera memutuskan menerima tawaran menjadi pelatih Timnas Bangladesh pada Januari 2022.

Selama kurang lebih lima bulan menjadi pelatih Bangladesh, Javier Cabrera sudah mendampingi dalam 2 pertandingan dengan hasil satu kali kalah dan satu kali imbang.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini