Bolaindonesia

Fasilitas Lengkap, UPI Bandung Jadi Tempat Pusat Latihan Timnas Indonesia

Kemenpora sudah mencapai kesepakatan dengan UPI Bandung untuk menjadi tempat pusat latihan Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyiapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung sebagai tempat pusat latihan bagi Timnas Indonesia.

"Pemerintah ingin membantu PSSI. Ini sebagai solusi jangka pendek. Kenapa kami memilih di sana? Karena lingkungannya sangat cocok," kata Zainudin di sela Kongres Biasa PSSI 2022 di  Bandung, Senin.

Zainudin menyebutkan sebagai perguruan tinggi pendidikan yang memiliki spesialisasi keolahragaan, UPI mempunyai infrastruktur yang lengkap untuk skuad Garuda dengan memiliki lapangan sepak bola, pusat kesehatan olahraga dan sains olahraga. Selain itu situasi lingkungan kampus nyaman untuk berlatih.

Para pemain timnas pun nantinya bisa tinggal di hotel yang berada di sekitar UPI.

"Ini penting untuk sepak bola Indonesia. Timnas bisa berlatih 24 jam, tidak perlu menyesuaikan waktu tertentu seperti kalau menumpang tempat lain," tutur Zainudin.

Dia memastikan PSSI bisa menggunakan fasilitas UPI kapan saja sampai federasi merasa cukup.

Zainudin secara pribadi menjamin hal tersebut dan mengatakan Rektor UPI Solehudin sudah menyepakati hal itu.

"Pak rektor sudah oke. Kami menyiapkan semuanya sampai PSSI merasa tidak perlu lagi karena sudah mendapatkan tempat lain yang bagus. Selama PSSI mau menggunakan UPI, saya menjamin bisa dipakai," kata pria asal Gorontalo itu.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berterima kasih atas perhatian pemerintah kepada tim nasional dan memastikan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan para pelatih timnas terkait penunjukan UPI sebagai tempat pusat latihan skuad Garuda.

"Kami akan berkomunikasi dengan pelatih. Kami menunggu beberapa perbaikan di sana," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Kongres Biasa PSSI 2022 dimulai pukul 14.00 WIB di Bandung dan dibuka oleh Menpora Zainudin Amali dan  dihadiri pula wakil-wakil KONI, KOI, FIFA, AFC dan AFF.

PSSI dan 87 pemilik suara (voters) membicarakan beberapa hal seperti laporan kegiatan dan keuangan tahun sebelumnya serta rencana kegiatan dan anggaran tahun 2022.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini