Boladunia

9 Pembelian Termahal Manchester City, Terbaru Erling Haaland

Erling Haaland baru saja didatangkan Manchester City dari Borussia Dortmund.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi Erling Haaland berseragam Manchester City. [Twitter/@FabrizioRomano]
Ilustrasi Erling Haaland berseragam Manchester City. [Twitter/@FabrizioRomano]

Bolatimes.com - Kesuksesan Manchester City mendapatkan jasa Erling Haaland membuat catatan tersendiri bagi klub, pemain asal Norwegia itu masuk dalam jajaran sosok termahal klub.

Performa impresif Erling Haaland menjadi satu-satunya alasan mengapa Manchester City berani membayar mahal untuk bisa mendatangkan sang pemain.

Bersama Borussia Dortmund, Erling Haaland berhasil mencetak 85 gol dan membuat 23 assist dari 88 laga di semua kompetisi, Manchester City pun tersengat.

Karena itulah Man City mengeluarkan dana sebanyak 51,1 juta pounds atau sekitar Rp915 miliar guna mendatangkan Haaland dari Dortmund.

Haaland tentu masuk dalam jajaran pemain termahal klub, lantas siapa saja pemain Man City lainnya yang berlabel pemain termahal klub, berikut di antaranya.

1. Benjamin Mendy

Bek Manchester City, Benjamin Mendy. (CATHERINE IVILL / POOL / AFP)
Bek Manchester City, Benjamin Mendy. (CATHERINE IVILL / POOL / AFP)

Didatangkan pada bursa transfer musim panas 2017, Benjamin Mendy dibanderol dengan mahar 57,5 juta euro dari AS Monaco.

Meskipun pada akhirnya Mendy lebih banyak menghabiskan waktu dengan cedera dan saat ini sang pemain tengah menjalani pemeriksaan atas kasus pemerkosaan.

2. Erling Haaland

Manchester City mengaktifkan klausul 60 juta euro untuk bisa membuat Borussia Dortmund melepaskan sang pemain di bursa transfer musim panas 2022.

Bukan hal mengejutkan lagi jika Manchester City berani menggelontorkan dana besar untuk pemain yang dinilai hebat, termasuk salah satunya Halland.

3. Rodri Hernandez

Pemain anyar Manchester City, Rodri Hernandez. [LINDSEY PARNABY / AFP]
Pemain anyar Manchester City, Rodri Hernandez. [LINDSEY PARNABY / AFP]

Pemain berposisi gelandang ini didatangkan Man City dari Atletico Madrid pada 2019 dengan mahar 62 juta euro.

Gelandang berusia 25 tahun ini sudah menjadi andalan Man City, ia sudah mencatatkan 148 penampilan dengan meraih Piala Liga dan Premier League.

4. Raheem Sterling

Didatangkan dari Liverpool dengan mahar 63,7 juta euro pada musim panas 2015, Sterling menjelma sebagai pemain nadalan Man City hingga saat ini.

Pemain yang saat ini berusia 27 tahun itu telah menorehkan 337 penampilan di berbagai kompetisi bersama Man City dan sukses mencatat 130 gol serta 93 assist.

5. Aymeric Laporte

Aymeric Laporte (Paul Ellis/AFP)
Aymeric Laporte (Paul Ellis/AFP)

Diatangkan dari Athletic Bilbao pada 2016, Man City rela mengeluarkan dana hingga mencapai 65 juta euro untuk mendapatkan jasa sang pemain.

Laporte sudah menjadi bagian tak tergantikan bagi klub, ia memainkan 152 laga dan berhasil mencetak 12 gol serta 3 assist.

6. Joao Cancelo

Joao Cancelo pindah ke Manchester City pada 2019, pemain asal Portugal itu direkrut dengan mahar 65 juta euro.

Sempat mengalami kesulitan di awal, namun arahan Pep Guardiola membuat Cancelo koni jadi andalan tim dan sudah memainkan 125 pertandingan.

7. Riyad Mahrez

Dana segar 67,8 juta euro dibayarkan Man City kepada Leicesiter City di tahun 2016 untuk mendapatkan jasa Riyad Mahrez.

Mahrez yang saat itu baru saja menuai kesuksesan bersama The Foxes, hingga ini pemain berusia 31 tahun itu masih tetap jadi andalan utama Pep Guardiola.

8. Ruben Dias

April Ivy dan Ruben Dias. (Instagram/aprilivymusic)
April Ivy dan Ruben Dias. (Instagram/aprilivymusic)

Man City memiliki palang pintu andalan asal Portugal, Ruben Dias yang didatangkan dari Benfica dengan mahar 68 juta euro.

Harga yang mahal itu dibayar lunas dengan penampilan mengesankan Ruben Dias hingga membawa Man City meraih gelar Premier League musim ini.

9. Kevin de Bruyne

Ditebus dengan mahar 76 juta euro, Kevin De Bryune menjadi pemain andalan Man City sejak 2016 hingga saat ini.

Ia menampilkan 304 laga bersama The Citizens dan sukses menoleksi 82 gol serta 120 assist, Kevin juga sudah menorehkan tiga gelar Premier League untuk Man City.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini