Boladunia

Profil Alfred Schreuder, Pelatih Baru Ajax Pengganti Erik ten Hag

Mengenal sosok Alfred Schreuder, pelatih baru Ajax.

Rauhanda Riyantama

Alfred Schreuder, calon pelatih baru Ajax Amsterdam. (AFP)
Alfred Schreuder, calon pelatih baru Ajax Amsterdam. (AFP)

Bolatimes.com - Ajax Amsterdam resmi menunjuk Alfred Schreuder sebagai pengganti Erik ten Hag sebagai pengisi pelatih baru, pria berusia 49 tahun datang dengan status jawara Liga Belgia.

Bukan tanpa alasan Ajax Amsterdam memilih Alfred Schreuder sebagai pelatih baru mereka, hubungan yang erat yang sebelumnya sudah terjalin sejak lama.

Alfred Schreuder merupakan asisten Erik ten Hag selama 18 bulan di Ajax Amsterdam di musim lalu, ia juga membantu Ronald Koeman selama menukangi Barcelona.

"Menjadi pelatih kepala Ajax adalah sebuah kehormatan dan kesempatan besar bagi saya, yang saya sambut dengan kedua tangan," ucap Alfred Schreuder.

"Saya ingin mempersembahkan hadiah di Amsterdam bersama tim yang memainkan sepakbola atraktif ini. Dengan keseimbangan yang baik antara pemain top berpengalaman dan talent hebat lainnya.

"Namun pertama sekali saya ingin menyelesaikan musim dengan sukses bersama Club Brugge. Saya akan melakukan semua yang saya bisa guna mewujudkannya." imbuhnya.

Schreuder merupakan mantan pesepak bola yang tak terkenal, namun ia menyerap ilmu kepelatihan di Bundesliga bersama Julian Nagelsman di Hoffenheim.

Ia diboyong Huub Stevens pada akhir 2015 dan menemani Nagelsman di musim 2016-2017 dan sukses membuat Hoffenheim yang lolos ke babak play-off Liga Champions.

"Sungguh kehormatan bekerja dengan Nagelsmann," ucap Schreuder soal bekerja sama dengan Julian Nagelsmann di Hoffenheim.

"Julian terpilih sebagai pelatih terbaik Jerman pada akhir 2016, itu bukan tanpa alasan. Saya sangat bahagia bisa menjadi bagian dari sukses Hoffenheim." imbuhnya.

Kepala Eksekutif Ajax Amsterdam, Edwin van der Sar menyebut pemilihan Alfred sebagai manajer anyar tim karena beberapa keunggulan yang dimiliki mantan pelatih Club Brugge.

Mantan kiper Manchester United ini meyakini Schreuder merupakan sosok yang mampu menjaga kestabilan performa dan prestasi Ajax setelah perginya Erin ten Hag.

"Kami mengenal Alfred sebagai pelatih yang kuat secara taktis dengan materi latihan yang bagus dan serbaguna," ucap Edwin van der Sar.

"Tahun-tahun terakhir ini dia telah mendapatkan pengalaman sebagai kepala pelatih dan sebagai asisten pelatih di klub-klub papan atas berbagai negara dan kompetisi." imbuhnya.

Berikut profil singkat Alfred Schreuder, pelatih anyar Ajax Amsterdam pengganti Erik ten Hag yang pergi ke Manchester United.

Nama Lengkap : Albertus Schreuder

Tempat dan Tanggal Lahir : Barneveld, Belanda, 1 November 1972

Umur: 49 tahun

Kewarganegaraan: Belanda

Lisensi Kepelatihan: Lisensi Pro UEFA

Formasi Favorit: 3-5-2

Karier Kepelatihan

Vitesse: 2008-2009 - Asisten Manajer
FC Twente: 2009-2014 - Asisten Manajer
TSG Hoffenheim: 2015 dan 2019 - Asisten Manajer
Ajax Amsterdam: 2017-2018 - Asisten Manajer
Barcelona: 2020-2021 - Asisten Manajer
Club Brugge: 2021-2022 - Manajer
Ajax Amsterdam: 2022 - Manajer

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini