Boladunia

Tuan Rumah SEA Games 2021, Vietnam Sediakan Makanan Halal hingga Musala untuk Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dimanjakan dengan fasilitas yang diberikan Vietnam,

Husna Rahmayunita

Sejumlah pemain Timnas Indonesia melakukan pemanasan saat latihan jelang laga melawan Timnas Timor Leste di Stadion Distrik Tam Nong, Phu Tho, Vietnam, Jumat (9/5/2022). Jelang laga kedua grup A SEA Games 2021 yang akan berlangsung pada Selasa (10/5) itu. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras).
Sejumlah pemain Timnas Indonesia melakukan pemanasan saat latihan jelang laga melawan Timnas Timor Leste di Stadion Distrik Tam Nong, Phu Tho, Vietnam, Jumat (9/5/2022). Jelang laga kedua grup A SEA Games 2021 yang akan berlangsung pada Selasa (10/5) itu. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras).

Bolatimes.com - Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 diyakini bakal berjalan baik, seiring komitmen Vietnam yang menyediakan makanan halal hingga tempat ibadah.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga terakbar se Asia Tenggara, SEA Games, Vietnam mencoba menunjukkan komitmennya.

Komitmen yang ditunjukkan pun tak hanya berupa fasilitas memadai untuk berlatih dan bertanding, melainkan juga fasilitas pendukung.

Baru-baru ini, Vietnam menunjukkan komitmennya sebagai tuan rumah dengan menyediakan fasilitas pendukung seperti makanan halal dan tempat ibadah.

Seperti yang dikutip dari media Vietnam, Thanh Nien, pihak penyelenggara berkaca pada ajang-ajang sebelumnya yang selalu mempersulit kontestan dalam hal fasilitas pendukung.

Sebagai contoh pada Piala AFF 2020 lalu, di mana para kontestan mendapatkan makanan dengan asupan minim dalam sebuah kotak.

Belajar dari pengalaman tersebut, Vietnam selaku tuan rumah SEA Games 2021 menunjukkan komitmennya dengan memberikan makanan yang lebih baik.

Tak hanya lebih baik secara gizi dan cara penyediaan, melainkan juga bahan makanan yang dipakai, yakni bahan-bahan yang halal. Hal ini tak lepas dari banyaknya kontingen dari negara muslim, termasuk Indonesia.

“Kami mengatur agar setiap tim (sepakbola) makan prasmanan sepanjang hari. Kami memastikan kuantitas makanan, pasokan makanan yang melimpah, keamanan dan kebersihan makanan,” tulis media Vietnam, Thanh Nien.

“Kami akan melakukan segala upaya untuk menghindari keracunan makanan. Tim makan bersama di ruang makan hotel yang besar, tetapi dibagi menjadi beberapa area," lanjut artikel tersebut.

Dalam artikel lainnya, duta besar Indonesia untuk Vietnam, Denny Abdi menambahkan bahwa pihaknya akan membantu Vietnam untuk menyediakan makanan bagi atlet muslim dan makanan dari Indonesia untuk para atlet dari dalam negeri.

Tak hanya soal makanan halal, Vietnam juga menyediakan tempat ibadah berupa Musala agar kontingen dari negara muslim seperti Indonesia bisa beribadah.

“Selain itu, kami juga menyiapkan musala bagi tim yang ingin shalat setiap hari,” lanjut artikel media Vietnam tersebut.

Komitmen Vietnam sebagai tuan rumah ini tak ayal menjadi semacam bantuan bagi Timnas Indonesia U-23 untuk berlaga di cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021.

Dengan kata lain, adanya komitmen ini bisa membuat Timnas Indonesia U-23 fokus menghadapi pertandingan dan tampil baik di setiap pertandingannya.

Adapun dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Timor Leste. Kemenangan menjadi harga mati bagi skuat Garuda Muda demi bisa melangkah ke semifinal.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini