Boladunia

Aksi Pahlawan Gelandang Laos Selamatkan Nyawa Pemain Kamboja di SEA Games 2021

Ia rela tangannya digigit demi nyawa lawannya

Irwan Febri Rialdi

Aksi salah satu pemain Laos U-23, Damoth Thongkhamsavath, yang memberi pertolongan pertama pada pemain Kamboja U-23, Path Sokha. (Instagram/@theaseanfootball)
Aksi salah satu pemain Laos U-23, Damoth Thongkhamsavath, yang memberi pertolongan pertama pada pemain Kamboja U-23, Path Sokha. (Instagram/@theaseanfootball)

Bolatimes.com - Aksi heroik terjadi di laga antara Laos U-23 vs Kamboja U-23 pada lanjutan pertandingan SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Adalah aksi salah satu pemain Laos U-23, Damoth Thongkhamsavath, yang memberi pertolongan pertama pada pemain Kamboja U-23, Path Sokha.

Pada pertandingan penyisihan Grup B di Thien Truong Stadium, Senin (9/5), itu terjadi momen mengerikan saat ada pemain yang tak sadarkan diri usai berbenturan.

Di tengah laga, terjadi tabrakan yang membuat Path Sokha seperti tidak sadarkan diri. Dilansir dari @theaseanfootball, kondisi Path Sokha cukup memprihatinkan saat itu.

Kondisinya disebut berbahaya karena berpotensi mengalami lidah tertelan. Kondisi ini jelas sangat berbahaya bagi seorang pemain.

Kondisi lidah tertelan bisa membuat pernafasan seorang pemain usai berbenturan bisa terhambat dan berpotensi menyebabkan kematian.

Untungnya, Damoth Thongkhamsavath langsung bertindak sigap dengan memberi pertolongan pertama kepada Path Sokha.

Meski tangannya harus tergigit lantaran menolong lidah Path Sokha agar tidak tertelan, Damoth Thongkhamsavath tetap berusaha memberi bantuan hingga akhirnya berhasil.

Nyawa Path Sokha pun berhasil diselamatkan, salah satunya berkat pertolongan pertama yang diberikan oleh Damoth Thongkhamsavath.

Aksi Damoth lantas menuai banyak pujian dari netizen. Dia dianggap sebagai sosok penyelamat meski kondisi timnya sedang dalam tertinggal.

Ya, Laos pada akhirnya memang harus menyerah dari Kamboja di akhir pertandingan dengan skor telak 1-4.

Empat gol Kamboja masing-masing dicetak oleh Chanthea (4'), Anantaza (14'), Rina (63'), dan Somoun (71'). Satu-satunya gol balasan Laos dicetak oleh Phouvieng di menit 67.

Atas kekalahan ini, Laos masih tertahan di peringkat keempat klasemen Grup B SEA Games 2021 dengan 1 poin. Sedangkan Kamboja menghuni peringkat kedua.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini