Boladunia

Daftar Pelatih yang Paling Sering Tampil di Final Liga Champions

Berikut pelatih yang paling sering tampil di Liga Champions.

Rauhanda Riyantama

Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. (Dok. BBC).
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. (Dok. BBC).

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih yang sering tampil di final Liga Champions menyusul keberhasilan Jurgen Klopp dan Carlo Ancelotti memastikan tempat di final ajang tersebut musim ini.

Jurgen Klopp dan Carlo Ancelotti masuk dalam daftar jajaran pelatih yang sering tampil di final Liga Champions usai membawa Liverpool dan Real Madrid ke partai puncak musim ini.

Klopp berhasil membawa Liverpool mengamankan partai puncak dengan menyingkirkan kuda hitam, Villarreal di babak semifinal.

Liverpool berhasil menyingkirkan Villarreal dengan agregat 5-2 usai menang 2-0 di leg pertama di Anfield dan menang 3-2 di leg kedua yang diselenggarakan di Estadio de la Ceramica.

Keberhasilan Liverpool melangkah ke final Liga Champions ini membuat Klopp tercatat empat kali tampil di partai puncak ajang ini.

Sebelumnya, Klopp pernah membawa Borussia Dortmund ke final Liga Champions pada 2013 dan membawa Liverpool tiga kali ke final pada 2018, 2019 dan 2022 ini.

Tak mau kalah dari Klopp, Carlo Ancelotti juga mencetak catatan mentereng usai membawa Real Madrid lolos ke final Liga Champions 2021-2022.

Real Madrid lolos ke final usai menang agregat 4-2 atas Manchester City, usai seri 1-1 di leg pertama dan menang 3-1 di leg kedua.

Berkat melajunya Real Madrid ke final Liga Champions musim ini, pelatih berjuluk Don Carlo itu pun tercatat lima kali menembus final ajang terpopuler di Eropa itu.

Ancelotti masing-masing tampil di final Liga Champions 2003, 2005 dan 2007 bersama AC Milan serta 2014 dan 2022 ini bersama Real Madrid.

Sebelum Jurgen Klopp dan Carlo Ancelotti, ternyata ada sederet pelatih lainnya yang juga sering tampil di final Liga Champions minimal sebanyak empat kali.

Siapa sajakah pelatih tersebut? Berikut daftarnya.

1. Miguel Munoz

Miguel Munoz merupakan pelatih legendaris Real Madrid. Pria yang meninggal pada tahun 1990 silam itu mampu menjadi salah satu otak di balik kesuksesan Los Blancos di Eropa pada dekade 60 an.

Tercatat sepanjang tahun 1960, Munoz mampu membawa Real Madrid ke empat partai final Liga Champions, masing-masing pada tahun 1960, 1962, 1964, dan 1966.

Meski membawa Real Madrid empat kali ke final Liga Champions (atau Piala Champions saat itu), Munoz hanya mampu menggondol dua gelar saja ke Santiago Bernabeu.

2. Marcello Lippi

Bagi pendukung Timnas Italia, nama Marcello Lippi begitu abadi. Sebab, ia mampu membawa Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006.

Selain moncer di level tim nasional, Lippi juga moncer di level klub, di mana dirinya mampu membawa Juventus empat kali ke final Liga Champions masing-masing pada tahun 1996, 1997, 1998, dan 2003.

Sayangnya dalam empat kesempatan itu, Lippi hanya mampu membawa Juventus menjadi juara sekali saja, yakni pada tahun 1996.

3. Sir Alex Ferguson

Pelatih legendaris lainnya yang paling sering tampil di final Liga Champions adalah Sir Alex Ferguson. Sama seperti Munoz dan Lippi, Fergie tampil di final sebanyak empat kali bersama satu klub saja, yakni Manchester United.

Fergie mampu membawa Man United tampil di final Liga Champions masing-masing pada tahun 1999, 2008, 2009 dan 2011.

Namun dalam empat kesempatan itu, dirinya hanya mampu membawa Man United dua kali menjadi juara, yakni pada 1999 dan 2008.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini