Bolaindonesia

Vietnam dapat Peringatan dari AFC Jelang Lawan Indonesia, Ada Apa?

Vietnam akan melawan Indonesia di laga perdana SEA Games 2021.

Rauhanda Riyantama

Timnas Vietnam U-23. (dok.VFF)
Timnas Vietnam U-23. (dok.VFF)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Asia (AFC) melalui laman resmi memberi peringatan terhadap timnas Vietnam U-23 jelang melakoni laga perdana di fase grup SEA Games 2021 melawan Indonesia.

Jelang duel melawan Indonesia pada Jumat (6/5/2022) Vietnam diperingatkan AFC mengenai kekuatan skuat Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong.

AFC tak memandang remeh kekuatan Vietnam dan bahkan menganggap lebih kuat ketimbang Indonesia, namun tuan rumah dinilai bakal menghadapi tantangan terberat.

Malaysia dinilai AFC bisa menjadi batu sandungan Vietnam untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, karena itu mereka harus bisa memetik kemenangan saat lawan Indonesia.

"Kekalahan bagi Indonesia berarti membuat laga melawan Malaysia, yang tidak bermain pada matchday keempat, menjadi laga penentu pada hari Minggu," bunyi laporan AFC.

"Indonesia ingin menghindari itu, mengingat keunggulan Malaysia dalam pertemuan terakhir mereka, dan Vietnam akan menghadapi tantangan terberat mereka." lanjut laporan tersebut.

Seolah tak terima dengan peringatan tersebut, Vietnam melalui salah satu media setempat justru memiliki pandangan berbeda.

Baonghean.vn menilai Indonesia belum tentu bisa lolos fase grup meskipun nantinya mampu memberi kekalahan saat jumpa dengan Vietnam.

Indonesia dinilai masih harus menyingkirkan beberapa tim lain seperti Malaysia dan Kamboja yang dianggap mampu merepotkan skuat asuhan Shin Tae-yong.

"Meski menang atas Vietnam, Indonesia belum bisa memastikan tiket untuk lolos," bunyi laporan Baonghean.vn.

"Mereka masih harus menunggu hasil akhir melawan Malaysia, serta laga Vietnam melawan Kamboja." lanjut laporan tersebut.

Di sisi lain, timnas Indonesia dinilai tengah dalam kondisi mental yang tidak baik meskipun sudah melakukan persiapan matang.

Shin Tae-yong jelas menyoroti mental Evan Dimas dkk sebagai dampak dari aturan ketat penyelanggara akibat pandemi Covid-19.

Meskipun Shin Tae-yong mengaku Indonesia siap memberi kejutan dan meraih hasil maksimal di SEA Games 2021.

"Secara mental tidak begitu baik, karena dalam bubble, bukan hanya kami, tapi semua tim pastinya begitu," ucap Shin Tae-yong.

"Namun saya lihat para pemain makin lama makin baik, pastinya fans melihat seperti itu juga. Saya percaya dengan para pemain dan pastinya bisa lebih enjoy untuk laga besok.

"Para pemain muda kami mempersiapkan dengan baik dan menunjukkan yang terbaik di lapangan. Pastinya Vietnam sangat baik meski kalah 6 kali di kualifikasi Piala Dunia.

"Mereka tetap tim terkuat di Piala AFF 2020." imbuhnya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini