Boladunia

4 Fakta Menarik Mino Raiola, Super Agen Pesepak Bola yang Meninggal

Mino Raiola meninggal di usai 54 tahun.

Rauhanda Riyantama

Agen Matthijs De Ligt, Mino Raiola. (JOSEP LAGO / AFP)
Agen Matthijs De Ligt, Mino Raiola. (JOSEP LAGO / AFP)

Bolatimes.com - Mino Raiola, agen super sepak bola, asal Italia itu meninggal dunia. Dia meninggal dikarenakan sakit pada Kamis (28/4/2022).

Awalnya kabar ini sempat dianggap palsu, namun kini kematian Mino Raiola sudah dikonfirmasi melalui pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak keluarganya.

"Dalam kesedihan yang tak terhingga, kami berbagi kepergian agen sepak bola paling peduli dan luar biasa yang pernah ada," bunyi pernyataan yang dipublikasikan di akun Twitter resmi Raiola.

“Mino berjuang sampai akhir dengan kekuatan yang sama yang dia berikan di meja negosiasi untuk membela pemain kami. Seperti biasa, Mino membuat kami bangga dan dia tidak pernah menyadarinya."

Selama masa hidupnya, Raiola dianggap sebagai salah satu agen pemain paling sukses karena klien-klien mentereng yang dia miliki.

Beberapa pemain kelas dunia yang menjadi klien Mino Raiola di antaranya ada Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, hingga Romelu Lukaku.

Lantas, fakta menarik apa saja yang dimiliki oleh Mino Raiola? Berikut ulasannya.

1. Tak Akur dengan Pep Guardiola

Dengan beberapa kontroversi yang menyelimuti Mino Raiola sebagai agen pemain, beberapa pelatih tidak menyukanya termasuk Pep Guardiola.

Raiola sendiri memang tidak menyukai Guardiola karena Ibrahimovic yang saat itu bermain untuk Barcelona besutan Pep, tidak banyak mendapat kesempatan bermain.

2. Penyebab Paul Pogba Pergi ke Juventus

Tak cuma Guardiola, Mino Raiola juga punya hubungan tidak baik dengan pelatih legendaris macam Sir Alex Ferguson. Penyebabnya adalah perginya Pogba ke Juventus yang dianggap sebagai salah satu pemain muda potensial saat itu.

Man United pada akhirnya memang bisa memulangkan lagi Pogba ke Old Trafford. Tapi, The Red Devils kudu merogoh kocek sangat dalam.

3. Banderol Pemain dengan Harga Tinggi

Penyebab para pelatih top Eropa tidak terlalu menyukai Mino Raiola adalah karena keputusannya yang selalu menawarkan pemainnya dengan harga fantastis.

4. Sempat Bandingkan Balotelli dengan Messi

Mario Balotelli merupakan salah satu klien Mino Raiola yang sempat disebut-sebut merupakan pemain muda potensial pada masanya.

Raiola pun menyebut jika Balotelli punya pola pikir lebih dewasa seperti Ibrahimovic, dia akan bisa menyaingi Lionel Messi.

Namun, pada kenyataannya Balotelli gagal bertumbuh menjadi pemain yang konsisten. Perangainya yang kontroversial di dalam dan luar lapangan membuat Balotelli tidak lagi dilirik oleh klub-klub besar Eropa.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini