Boladunia

6 Pesepak Bola Top Dunia yang Diageni Mino Raiola, Erling Haaland hingga Pogba

Mino Raiola, agen penguasa pemain-pemain top Eropa

Irwan Febri Rialdi

Erling Haaland borong dua gol saat Borussia Dortmund kalahkan Greuther Fuerth 3-0. (INA FASSBENDER / AFP)
Erling Haaland borong dua gol saat Borussia Dortmund kalahkan Greuther Fuerth 3-0. (INA FASSBENDER / AFP)

Bolatimes.com - Sebagai salah satu agen pemain yang memiliki pengaruh besar di dunia sepak bola, Mino Raiola sukses mengamankan beberapa nama pesepak bola top dunia.

Oleh karena itu, kabar meninggalnya Mino Raiola yang sempat membanjiri media sosial pada Kamis (28/4/2022) lalu turut menggegerkan publik.

Tak lama berselang, Mino Raiola muncul ke dunia sosial untuk mengabarkan bahwa dirinya masih hidup. Hal itu dia sampaikan lewat akun Twitter-nya.

“Untuk yang bertanya tentang status kesehatan saya: sungguh kesal penyakit itu nyaris membunuh saya dua kali dalam empat bulan belakangan ini. Namun, situasi ini juga cukup menyadarkan saya,” kata Raiola lewat akun Twitter-nya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar pesepak bola top dunia yang diageni oleh Mino Raiola.

1. Zlatan Ibrahimovic

Striker top Eropa, Zlatan Ibrahimovic, juga berstatus sebagai klien Mino Raiola. Pertama kali bergabung dengan Raiola yakni saat masih membela Juventus.

Berkat Mino Raiola, Zlatan Ibrahimovic bisa melanglang buana bersama sejumlah klub top Eropa seperti Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, hingga Manchester United.

2. Marco Verratti

Gelandang timnas Italia, Marco Verratti, juga tercatat sudah bekerja sama dengan Mino Raiola sejak tahun 2017.

Kini, Verratti menjadi salah satu gelandang yang tampil impresif bersama Paris Saint-Germain (PSG).

3. Gianluigi Donnarumma

Salah satu pemain bintang yang saat ini masih bernaung di bawah agensi Mino Raiola ialah kiper Paris Saint-Germain, Gianluigi Donnarumma.

Raiola dulu melakukan pergerakan cepat karena langsung menjadi agen Donnarumma setelah promosi ke tim utama. Dia juga dibenci fans AC Milan karena mendorong kiper timnas Italia itu untuk tak melanjutkan kontrak dan pindah ke PSG.

4. Matthijs De Ligt

Selanjutnya, pemain asal Belanda, Matthijs De Light, juga menggunakan jasa Mino Raiola. Pertama kali Raiola mengendus bakat De Ligt saat masih bermain di muda Ajax Amsterdam.

De Ligt pun berkembang cepat dan menjadi pemain top di Ajax. Pada 2019 silam, Raiola sukses menjadikan De Ligt jadi salah satu bek termahal yang ditebus Juventus dengan harga lebih dari 80 juta euro.

5. Paul Pogba

Pemain top yang pernah menjadi klien Raiola ialah Paul Pogba Sejak masih muda, ia yang meyakinkan Pogba untuk meninggalkan MU dan gabung ke Juventus pada tahun 2012.

Karena transfer ini, Sir Alex Ferguson sempat marah dengan Raiola. Raiola pula jadi sosok yang memaksa MU membayar 100 juta euro ke Juventus untuk membawa pulang Pogba pada 2016 silam.

6. Erling Haaland

Nama pesepak bola bintang Eropa terbaru yang kini berada di bawah naungan agensi milik Mino Raiola ialah Erling Haaland.

Striker Borussia Dortmund itu sudah diageni Raiola sejak tahun 2020. Saat itu, Raiola membantu Haaland bergabung ke Dortmund.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini