Kisah Chelsea, Klub Inggris Pertama yang Gunakan Pesawat untuk Lakoni Laga Tandang

Chelsea sangat revolusioner karena jadi klub pertama yang pakai pesawat demi memangkas waktu perjalanan.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 21 April 2022 | 10:00 WIB
Chelsea juara Piala Dunia Antarklub 2021 usai mengalahkan Palmeiras 2-1. (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Chelsea juara Piala Dunia Antarklub 2021 usai mengalahkan Palmeiras 2-1. (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Bolatimes.com - Mengenang kisah Chelsea yang menjadi pionir dalam kebiasan klub-klub Inggris melakoni laga tandang di kancah domestik dengan menggunakan pesawat.

Sepak bola selalu mengalami perubahan di setiap zamannya, terutama dalam hal transportasi saat sebuah kesebelasan akan bertanding.

Sebagai contoh, di awal-awal hadirnya kompetisi sepak bola antar negara yakni Piala Dunia, tak banyak negara yang mau berpartisipasi karena alasan transportasi.

Baca Juga: Chelsea Kalah Beruntun, Thomas Tuchel Kecewa Berat

Saat itu, negara yang ingin tampil di Piala Dunia harus rela melakukan perjalanan menggunakan kapal yang bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Tak hanya kesebelasan suatu negara, suatu tim atau klub sepak bola pun kadang berpikir-pikir untuk melakoni pertandingan di beda pulau atau bahkan benua seperti saat ini.

Seiring majunya teknologi, kini suatu kesebelasan bisa bertanding di lokasi yang jauh dengan mudah tanpa perlu berlama-lama di perjalanan.

Baca Juga: PSS Sleman Lepas Sembilan Pemain, Jefri Kurniawan hingga Rifaldi Bawuo

Setiap kesebelasan, kini biasanya melakoni laga tandang dengan menggunakan pesawat terbang guna memangkas waktu dan jarak yang ditempuh.

Di Inggris, hampir seluruh klub pesertanya pun tak segan-segan melakoni laga tandang dengan menggunakan pesawat, kendati luas wilayah negara itu tak begitu besar.

Lantas, siapakah sosok yang pertama kali menjadi pionir penggunaan pesawat pertama kali di laga tandang pada kancah domestik?

Baca Juga: Jadwal Final Coppa Italia 2021/2022: Juventus vs Inter Milan

Potret Ted Drake bersama pemain Chelsea. (Twitter/@susanmgahey)
Potret Ted Drake bersama pemain Chelsea. (Twitter/@susanmgahey)

Ted Drake, Pelatih Chelsea yang Revolusioner

Kebiasaan para klub sepak bola menggunakan pesawat di laga domestik, terutama di Inggris, lahir berkat ide revolusioner dari seorang Ted Drake.

Ted Drake merupakan pelatih Chelsea yang ditunjuk pada tahun 1952. Kehadirannya ternyata tak hanya membawa perubahan di lapangan, tapi juga di luar lapangan.

Baca Juga: 3 Klub yang Paling Sering Lakukan Comeback, Ada Manchester United

Di luar lapangan, Ted Drake merupakan sosok visioner. Ia pun melakukan beberapa perubahan ke arah modern di awal kariernya melatih Chelsea.

Di lapangan, Ted Drake menerapkan latihan dengan melibatkan bola, bukan fisik saja seperti pada umumnya dan berjabat tangan sebelum laga.

Selain itu, Ted Drake melakukan inovasi dengan mengubah logo tim menjadi singa di lambang Chelsea dan juga mengubah julukan menjadi The Blues.

Dari sekian inovasi itu, inovasi paling brilian dari Ted Drake yang akhirnya menjadi kebiasaan bagi klub Inggris lainnya adalah penggunaan pesawat di laga tandang.

Hal ini terjadi pada 19 April 1957, di mana di tanggal itu Ted Drake membawa Chelsea melakoni laga tandang domestik dengan pesawat.

Penggunaan pesawat bagi klub sepak bola pada era itu merupakan hal yang biasa. Namun, pesawat digunakan hanya untuk pertandingan mancanegara seperti Piala Champions (Liga Champions).

Sedangkan untuk pertandingan domestik, biasanya para klub akan menggunakan bus saja karena jaraknya yang tak jauh.

Akan tetapi, pada 19 April 1957 Ted Drake memilih anak asuhnya di Chelsea menggunakan pesawat dalam laga tandang ke markas Newcastle United.

Karena jarak mencapai 400 km lebih, Ted Drake menyatakan bahwa menggunakan pesawat adalah sebuah keharusan, karena akan memangkas waktu perjalanan.

Jika menggunakan bus, maka para pemain Chelsea harus menempuh perjalanan selama lima jam, atau empat jam lebih lama dari pesawat.

Selain itu, Ted Drake meminta Chelsea menggunakan pesawat ke Newcastle United karena keesokan harinya timnya akan melawan Everton di laga kandang.

Dengan alasan kebugaran pemain dan faktor waktu itu lah, akhirnya Ted Drake menjadikan Chelsea klub pertama yang menjalani laga tandang di kancah domestik dengan pesawat.

Keputusan Ted Drake itu nyatanya berbuah manis. Chelsea berhasil menang 2-1 atas Newcastle di laga tandang dan menang 5-1 atas Everton keesokan harinya.

Melihat ide revolusioner dari Ted Drake inilah, beberapa tim Inggris pun akhirnya mulai ikut-ikutan untuk menggunakan pesawat walau bermain di laga tandang di kancah domestik.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak