Boladunia

Mengenal Darwin Nunez, Bintang Baru Buruan Klub-klub Top Eropa

Darwin Nunez mendadak jadi perhatian setelah tampil mengesankan di Liga Champions.

Rauhanda Riyantama

Penyerang Benfica, Darwin Nunez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga perempatfinal Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (14/4/2022) pagi WIB. [Paul ELLIS / AFP]
Penyerang Benfica, Darwin Nunez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga perempatfinal Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (14/4/2022) pagi WIB. [Paul ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Penampilan impresif Darwin Nunez di ajang Liga Champions bersama Benfica sukses menggebrak sepak bola Eropa, sederet klub ternama kepincut memiliki jasanya.

Dimulai saat babak penyisihan Grup E Liga Champions 2021-2022, Darwin Nunez berhasil mencetak brace dalam kemenangan besar Benfica atas Barcelona dengan skor 3-0.

Terbaru saat Benfica gagal membalas kekalahan cukup telak di Portugal dari Liverpool, penampilan Darwin Nunez kembali membuat decak kagum meski hanya bisa bermain imbang.

Berdasarkan data Squawka, Darwin menjadi bintang baru Liga Champions dan Eropa dengan torehan gol fantastis, enam gol dari 10 laga.

Musim ini Darwin Nunez setidaknya sudah mengemas 32 gol dari 37 penampilan di lintas ajang, torehan yang menggiurkan bagi klub besar yang mengharapkan jasanya.

Penampilan mentereng Darwin bahkan membuatnya mendapat pujian dari manajer Liverpool, Juergen Klopp yang menyebut sang pemain memiliki karier cemerlang jika konsisten.

Menurut laporan BBC, Darwin sebenarnya masuk dalam incaran Barcelona sudah lama dan diprediksi menjadi pemain yang bisa mengulangi sukses kompatriotnya, Luis Suarez.

Naun sebelum itu, Nunez juga merupakan incaran klub-klub besar Premier League, termasuk Arsenal, Liverpool dan bahkan Manchester United.

Striker Benfica, Darwin Nunez. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]
Striker Benfica, Darwin Nunez. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Profil Darwin Nunez

Bernama lengkap Darwin Gabriel Nunez Ribeiro, lahir di Artigas pada 24 Juni 1999 dan berposisi sebagai striker.

Karier sepak bola Nunez cukup panjang, memulainya dari akademi La Luz kemudian San Miguel de Artigas hingga membawanya ke Penarol.

Nunez mendapatkan karie profesional bersama tim utama Penarol mulai 2017 hingga 2019, sebelum bakatnya dilirik tim Segunda Division, Almeria.

Penampilannya tetap stabil dan impresif dengan mengoleksi 16 gol dan membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di kasta kedua sepak bola Spanyol itu.

Catatan itulah yang membuat Benfica memboyongnya di tahun 2020 dan bahkan Nunez membuat klub Portugal itu memecahkan rekor transfer klub dengan biaya sebesar 24 juta euro.

Nominal ini juga menjadi salah satu tertinggi dalam sepak bola Portugal, Benfica mengontrak Nunez hingga lima tahun ke depan.

Sementara itu di level tim nasional, Nunez merupakan pemain langganan sejak masuk kelompok U-20 dan tampil membela Uruguay pada Piala Amerika Selatan U-20 dan Piala Dnia U-20 2019.

Debut untuk tim senior Uruguay dilakukan pada Oktober 2019, saat itu Nunez bermain untuk tim nasional menghadapi Peru dalam laga uji coba.

Biodata Darwin Nunez

Nama Lengkap: Darwin Gabriel Núñez Ribeiro

Tempat lahir: Artigas, Uruguay

Tanggal lahir: 24 Juni 1999

Kewarganegaraan: Uruguay

Posisi: Penyerang tengah

Kaki terkuat: Kanan

Karier:

2018-2019 Penarol (Uruguay)

2019-2020 Almeria (Spanyol)

2020-saat ini Benfica (Portugal)

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini