Boladunia

5 Negara yang Menerapkan Libur Khusus untuk Memeringati Sepak Bola

Berikut negara yang menerapkan libur khusus demi sepak bola.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Timnas Chile merayakan kemenangan usai kalahkan Kolombia lewat adu penalti di babak perempat final Copa America 2019, Sabtu (29/6/2019). [Nelson ALMEIDA / AFP]
Para pemain Timnas Chile merayakan kemenangan usai kalahkan Kolombia lewat adu penalti di babak perempat final Copa America 2019, Sabtu (29/6/2019). [Nelson ALMEIDA / AFP]

Bolatimes.com - Hari libur muncul karena sepak bola, mungkin terbilang aneh tetapi memang diterapkan di beberapa negara yang ternyata memiliki kegilaan pada sepak bola sangat tinggi.

Memang sedikit aneh jika suatu negara menerapkan hari libur karena sepak bola, namun kenyataan ini terjadi di beberapa negara dan seolah sudah menjadi tradisi.

Beberapa negara ini menilai sepak bola termasuk dalam peristiwa penting karena itulah diterapkan hari libur untuk alasan ini.

Berikut beberapa negara yang menetapkan hari libur bagi masyarakat mereka guna memeringati sepak bola.

1. Trinidad dan Tobago

Setiap tanggal 17 November masyarakat di Trinidad dan Tobago menikmati rasanya hari libur nasional yang diperingati sejak 2006.

Hal ini dikarenakan pada 17 November 2005, negara tersebut memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2006 sekaligus mencatatkan sejarah tersendiri.

Trinidad dan Tobago lolos ke Piala Dunia 2006 setelah mengalahkan Bahrain di babak play-off.

2. San Marino

Pemerintah San Marino menerapkan kebijakan yang cukup aneh, munculnya hari libur nasional jika timnas San Marino mampu mencetak gol dalam sebuah turnamen.

Bukan karena San Marino selalu gagal dalam mencetak gol setiap berlaga, tetapi pemerintah negara ini ingin meliburkan warganya sebagai bentuk perayaan.

3. Togo

Penetapan hari libur nasional di Togo karena sepak bola diperingati setiap tanggal 10 Oktober, alasannya sama seperti Trinidad dan Tobago.

Negara ini lolos ke Piala Dunia 2006 dan sukses mencatatkan sejarah tersendiri bagi mereka saat itu.

4. Chile

Masyarakat Chile akan menyambut suka cita tanggal 26 Juni, ya benar tanggal di mana mereka menjuarai Copa Amerika sebanyak dua kali beruntun merupakan hari libur nasional.

Pencapaian luar biasa Chile membuat pemerintah setempat menetapkan tanggap tersebut sebagai hari libur nasional di kalender mereka tiap tahunnya.

5. Panama

Panama memberi hari libur nasional untuk seluruh masyarakatnya di setiap tanggal 10 Oktober dengan alasan yang sama seperti Trinidan dan Tobago dan Togo.

Hari libur setiap 10 Oktober mulai ditetapkan di tahun 2017, hingga kini sudah empat kali masyarakat Panama menikmati hari libur tiap pertengahan Oktober.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini