Ada Swansea City, Berikut 10 Klub yang Berkompetisi di Negara Lain

Swansea City yang berasal dari Wales ikut main di Liga Inggris.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 13 April 2022 | 17:00 WIB
Swansea City (Sumber foto: @swansofficial/instagram)

Swansea City (Sumber foto: @swansofficial/instagram)

Bolatimes.com - Bukan hal baru jika klub sepak bola suatu negara memilih berkompetisi di liga negara lain, salah satunya demi mencari suasana yang lebih kompetitif.

Seperti halnya Swansea City, tim sepak bola asal Wales yang bermain di Liga Utama Inggris bahkan sempat mencicipi kasta teratas, Premier League.

Swansea City hanya satu dari banyak klub yang berkompetisi di negara lain, lebih dari itu banyak klub-klub di seluruh dunia yang melakukan hal sama.

Baca Juga: Kisah Ryan Nelsen, Pemain Kriket yang Justru Meraih Kesuksesan Setelah Banting Setir Jadi Pesepak Bola

Berikut deretan klub yang mengikuti liga atau kompetisi di luar negaranya dengan berbagai macam alasannya.

1. Wellington Phoenix

Merupakan klub asal Selandia Baru, berdiri pada 19 Maret 2007 berbasis di Kota Wellington dan selama ini berkompetisi di A-League, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Australia.

Baca Juga: Villarreal Singkirkan Bayern Munchen, Unai Emery: Mari Kita Nikmati Semifinal

Wellington Phoenix turut berlaga di kompetisi tersebut menggantikan New Zealand Knights yang dicoret karena mengalami masalah finansial.

2. Albirex Niigata

Niigata menjadi satu-satunya kota besar di Laut Jepang dan dikenal memiliki basis suporter terbaik di Negeri Matahari Terbit.

Baca Juga: Kevin Diks Ikut Girang Lihat Sandy Walsh Segera Bela Timnas Indonesia, Netizen: Kamu Kapan?

Mengawali karier sebagai klub amatir bernama Niigata 11 pada 1955, tak seperti kebanyakan tim J-League, keunikan lain yang dimiliki adalah hubungan dengan klub luar negeri.

Albirax Niigata Singapore yang bermain di kompetisi negara tersebut, S-League dan mampu memenangkan Liga Singapura (S-League) 2016 dan 2017.

Pada tahun 2013, klub ini bermain di divisi empat Liga Catalunya dengan nama Albirex Niigata Barcelona.

Baca Juga: Daftar Pemain yang Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-23

3. Super Reds

Didirikan komunitas warga Korea Selatan di Singapura pada tahun 2007, pengurus awal pembentukan klub ini datang dari Asosiasi Korea-Singapura, komunitas bisnis Korea.

Dan Kedutaan Korea di Singapura, dinamakan Korea Super Reds FC sebelum akhirnya dinamai Super Reds dan berkompetisi di S-League mulai dari tahun 2007-2009.

4. Lions XII

Klub asal Singapura yang berbasis di Kallang, didirikan pada 2011 dan bermain di Liga Super Malaysia.

Dikelola oleh Asosiasi Sepak Bola Singapura, tim ini menandai kembalinya Singapura ke kancah sepak bola Malaysia setelah Piala Malaysia di tahun 1994.

5. Brunei DPMM

Singkatan dari Duli Pengiran Muda Mahkota Football Club, merupakan tim yang berbasis di Bandar Seri Begawan, Brunei dan bermain di Liga Primer Brunei di awal 2000-an.

Klub ini kemudian memutuskan bermain di Malaysia dan bergabung dengan Liga Primer Malaysia sebagai tim asing di musim 2005-2006.

Tim ini berhasil memenangi promosi ke Liga Super Malaysia di akhir musim pertaama mereka saat berkompetisi di negara tetangganya.

Namun di tahun 2009, tim ini meninggalkan Malaysia dan bergabung dengan Liga Singapura sebelum kemelut masalah dengan Asosiasi Sepak Bola Brunei Darussalam muncul.

6. Etoile FC

Memilik para pemain Eropa yang kebanyakan warga asal Prancis, klub ini didirikan pada 2010 dan tampil di Liga Singapura.

Meski hanya berumur dua tahun, klub ini menarik perhatian setelah sukses memenangi S-League di tahun 2011.

Di tahun 2012 klub ini memilih mundur dan pemilik klub fokus ke pengembangan usia muda.

7. Toronto FC

Beberapa wakil di sepak bola asal Kanada juga turut mengikuti tim-tim basket yang berkompetisi di NBA, Amerika Serikat.

Major League Soccer menjadi tujuan mereka, salah satunya Toronto FC klub yang berdiri di tahun 2005 dan sukses memenangi MLS Cup pada 2007.

8. Cardiff City

Didirikan pada tahun 1899 dengan nama Riverside AFC, dan berganti nama menjadi Cardiff City pada tahun 1908.

Dua tahun berselang yakni pada 1910 Cardiff City bergabung dengan sistem liga sepak bola Inggris yang berlaga di Football League Selatan.

Sebelum bergabung dengan Football League di tahun 1920, Cardiff City merupakan satu-satunya tim luar Inggris yang memenangi Piala FA di tahun 1927.

9. Swansea City

Seolah sudah nyaman berkompetisi di Liga Inggris, Swansea City bahkan sempat mewakili Inggris di ajang kompetisi Eropa musim 2013-2014.

Tak hanya itu, Swansea City juga pernah mewakili Wales di kompetisi Eropa pada tahun 1961 hingga 1992.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak