Boladunia

Kesampingkan SEA Games 2021, Malaysia Gelar 2 Laga Uji Coba untuk Persiapan Kualifikasi Piala Asia 2023

Malaysia fokus untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Timnas Malaysia kalahkan Filipina 2-0 di laga uji coba. (Twitter/FAM)
Timnas Malaysia kalahkan Filipina 2-0 di laga uji coba. (Twitter/FAM)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia memang lebih mementingkan Kualifikasi Piala Asia 2023 ketimbang SEA Games 2021. Nyatanya tim Harimau Malaya sudah melakukan persiapan sejak dini.

Negara di Asia Tenggara, termasku Indonesia kini sedang fokus mempersiapkan tim U-23 untuk berkompetisi di SEA Games 2021. Bahkan Thailand kabarnya bakal berusaha untuk memanggil pemain terbaiknya, Chanathip Songkrasin.

Kendati begitu, Malaysia tampaknya tidak fokus ke SEA Games. Mereka akan menyuplai pemain terbaik untuk tim senior demi persiapan Kualifikasi Piala Dunia.

Artinya tim U-23 yang bakal diasuh oleh Brad Maloney diprediksi tidak akan diisi oleh pemain-pemain utama, karena lebih diprioritaskan untuk tim senior.

Pasalnya Kim Pan-gon akan melakukan pemusatan latihan 19 Mei mendatang, setelah Liga Malaysia istirahat. Tujuannya agar bisa bersaing di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Menariknya Malaysia juga sudah menyiapkan dua lawan uji coba yang punya ranking FIFA lebih tinggi. Dinukil dari laporan New Straits Times pada Rabu (13/4/2022), dua lawan Harimau Malaya itu adalah Myanmar (27 Mei) dan Hong Kong (1 Juni).

Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)
Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Dua pertandingan tersebut akan menjadi persiapan terakhir skuad asuhan Kim Pan-gon yang menjadi tuan rumah di Grup E Kualifikasi Piala Asia 2023.

Malaysia bakal jadi tuan rumah dan menjamu Turkmenistan, Bahrain, serta Bangladesh untuk memperebutkan tiket ke putaran final Piala Asia 2023 mendatang.

Kim Pan-gon optimis dalam grup tersebut Malaysia bisa lolos. Juru taktik asal Korea itu menargetkan dua kemenangan dan sekali imbang sehingga bisa meraih tujuh poin.

"Pan-gon yakin akan cukup untuk lolos ke Piala Asia 2023 di China dengan tujuh poin dari kualifkasi," tulis laporan tersebut.

Di sisi lain, untuk SEA Games 2021 ini, Malaysia bakal lebih banyak menggunakan pemain lebih muda atau yang tak dibutuhkan di tim senior. Harimau Malaya akan segrup dengan Thailand, Singapura, Kamboja, serta Laos.

Berita Terkait

Berita Terkini