Boladunia

Raih Banyak Gelar, Berikut 3 Pelatih Muslim Tersukses di Eropa

Ini sosok 3 pelatih Muslim tersukses di Eropa.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi instruksi pada anak asuhnya saat pertandingan melawan Real Valladolid. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi instruksi pada anak asuhnya saat pertandingan melawan Real Valladolid. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bolatimes.com - Berikut ini tiga pelatih top yang merupakan seorang muslim taat dan mampu merengkuh kesuksesan di kancah Eropa dan dunia.

Pelatih dan pesepak bola muslim di kancah sepak bola Eropa termasuk dalam golongan minoritas. Meski demikian, para pelatih dan pesepak bola muslim ini mampu meraih prestasi apik.

Tentu para penikmat sepak bola tak asing dengan nama-nama pemain muslim yang mampu meraih titel bergengsi. Sebagai contoh adalah N'Golo Kante.

Pria berkebangsaan Prancis tersebut saat ini tercatat sebagai pemain muslim tersukses di sepak bola Eropa. Hal ini tak lepas dari raihannya di level klub dan tim nasional.

Di level klub bersama Chelsea, Kante mampu meraih seluruh titel yang bisa direngkuhnya dari Premier League hingga Liga Champions, minus Piala Liga Inggris saja.

N'Golo Kante (Ben Stansall/AFP)
N'Golo Kante (Ben Stansall/AFP)

Sedangkan di level tim nasional, Kante mampu membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018, bersama rekan setimnya yang muslim lainnya seperti Paul Pogba.

Kante sendiri menjadi salah satu contoh bahwa seorang muslim sepertinya yang minoritas di level klub dan tim nasional, bisa tampil menonjol dan berprestasi di kancah sepak bola Eropa dan dunia.

Tak hanya pemain, beberapa pelatih muslim lainnya pun juga tak mau kalah dan mampu meraih kesuksesan di kancah Eropa dan juga dunia.

Kira-kira, siapa saja pelatih muslim yang sukses di kancah Eropa dan Dunia itu?

3. Fatih Terim

Pelatih Galatasaray, Fatih Terim. (OZAN KOSE / AFP)
Pelatih Galatasaray, Fatih Terim. (OZAN KOSE / AFP)

Nama Fatih Terim bukanlah nama yang asing di telinga pecinta sepak bola. Pasalnya, ia merupakan salah satu pelatih terbaik yang berasal dari Turki.

Sepak terjang Fatih Terim sendiri terdengar saat dirinya mampu membawa Turki menembus semifinal Euro 2008. Sebelumnya, ia mampu membuat Galatasaray keluar sebagai juara Piala UEFA 1999-2000.

Hanya saja perlahan namanya memudar, terutama saat dirinya berpetualang ke Italia, di mana dirinya gagal saat menukangi Fiorentina dan AC Milan.

2. Senol Gunes

Senon Gunes. (VALENTYN OGIRENKO / POOL / AFP)
Senon Gunes. (VALENTYN OGIRENKO / POOL / AFP)

Masih dari Turki, ada nama Senol Gunes yang mampu menorehkan tinta emas di kancah sepak bola, terutama di pentas dunia.

Senol Gunes mampu membawa Turki mencetak sejarah di Piala Dunia 2002, di mana ia membawa timnya meraih tempat ketiga di ajang paling bergengsi antar negara tersebut.

Tak hanya di level tim nasional, Senol Gunes juga berprestasi di level klub bersama Besiktas. Sayangnya, prestasi terbaiknya bersama tim tersebut adalah menjuarai Liga Turki.

1. Zinedine Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)

Untuk pelatih muslim terbaik baik di Eropa dan dunia sepak bola saat ini jatuh ke tangan mantan pemain legendaris dan eks pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Di tangannya, Real Madrid mampu mencetak rekor di ajang Liga Champions, dengan mencetak Hattrick gelar sejak 2016 hingga 2018.

Tak hanya menorehkan tinta emas sebagai pelatih. Zidane juga tercatat pernah merengkuh trofi Piala Dunia yang ia dapatkan saat masih bermain.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Terkait

Berita Terkini