Raih Banyak Gelar, Berikut 3 Pelatih Muslim Tersukses di Eropa

Ini sosok 3 pelatih Muslim tersukses di Eropa.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 06 April 2022 | 17:00 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi instruksi pada anak asuhnya saat pertandingan melawan Real Valladolid. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi instruksi pada anak asuhnya saat pertandingan melawan Real Valladolid. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bolatimes.com - Berikut ini tiga pelatih top yang merupakan seorang muslim taat dan mampu merengkuh kesuksesan di kancah Eropa dan dunia.

Pelatih dan pesepak bola muslim di kancah sepak bola Eropa termasuk dalam golongan minoritas. Meski demikian, para pelatih dan pesepak bola muslim ini mampu meraih prestasi apik.

Tentu para penikmat sepak bola tak asing dengan nama-nama pemain muslim yang mampu meraih titel bergengsi. Sebagai contoh adalah N' Kante.

Baca Juga: Segrup Lagi dengan Timnas Indonesia U-23, Media Vietnam Sombongkan Hasil SEA Games Edisi Lalu

Pria berkebangsaan Prancis tersebut saat ini tercatat sebagai pemain muslim tersukses di sepak bola Eropa. Hal ini tak lepas dari raihannya di level klub dan tim nasional.

Di level klub bersama Chelsea, Kante mampu meraih seluruh titel yang bisa direngkuhnya dari Premier League hingga Liga Champions, minus Piala Liga Inggris saja.

N' Kante (Ben Stansall/AFP)
N' Kante (Ben Stansall/AFP)

Sedangkan di level tim nasional, Kante mampu membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018, bersama rekan setimnya yang muslim lainnya seperti Paul Pogba.

Baca Juga: Profil Muhammad Osamanmusa, Pivot Muslim Timnas Thailand di Piala AFF Futsal 2022

Kante sendiri menjadi salah satu contoh bahwa seorang muslim sepertinya yang minoritas di level klub dan tim nasional, bisa tampil menonjol dan berprestasi di kancah sepak bola Eropa dan dunia.

Tak hanya pemain, beberapa pelatih muslim lainnya pun juga tak mau kalah dan mampu meraih kesuksesan di kancah Eropa dan juga dunia.

Kira-kira, siapa saja pelatih muslim yang sukses di kancah Eropa dan Dunia itu?

Baca Juga: Lolos ke 16 Besar Korea Open 2022, Shesar Hiren Rhustavito Ditunggu Wakil India

3. Fatih Terim

Pelatih Galatasaray, Fatih Terim. (OZAN KOSE / AFP)
Pelatih Galatasaray, Fatih Terim. (OZAN KOSE / AFP)

Nama Fatih Terim bukanlah nama yang asing di telinga pecinta sepak bola. Pasalnya, ia merupakan salah satu pelatih terbaik yang berasal dari Turki.

Sepak terjang Fatih Terim sendiri terdengar saat dirinya mampu membawa Turki menembus semifinal Euro 2008. Sebelumnya, ia mampu membuat Galatasaray keluar sebagai juara Piala UEFA 1999-2000.

Hanya saja perlahan namanya memudar, terutama saat dirinya berpetualang ke Italia, di mana dirinya gagal saat menukangi Fiorentina dan AC Milan.

2. Senol Gunes

Senon Gunes. (VALENTYN OGIRENKO / POOL / AFP)
Senon Gunes. (VALENTYN OGIRENKO / POOL / AFP)

Masih dari Turki, ada nama Senol Gunes yang mampu menorehkan tinta emas di kancah sepak bola, terutama di pentas dunia.

Senol Gunes mampu membawa Turki mencetak sejarah di Piala Dunia 2002, di mana ia membawa timnya meraih tempat ketiga di ajang paling bergengsi antar negara tersebut.

Tak hanya di level tim nasional, Senol Gunes juga berprestasi di level klub bersama Besiktas. Sayangnya, prestasi terbaiknya bersama tim tersebut adalah menjuarai Liga Turki.

1. Zinedine Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)

Untuk pelatih muslim terbaik baik di Eropa dan dunia sepak bola saat ini jatuh ke tangan mantan pemain legendaris dan eks pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Di tangannya, Real Madrid mampu mencetak rekor di ajang Liga Champions, dengan mencetak Hattrick gelar sejak 2016 hingga 2018.

Tak hanya menorehkan tinta emas sebagai pelatih. Zidane juga tercatat pernah merengkuh trofi Piala Dunia yang ia dapatkan saat masih bermain.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak